Rabu, 27 Jan 2021 17:38
  • Home
  • Politik
  • Menteri PPN Hadiri Kick Off Program Rehabilitasi Terumbu Karang di Papua Barat

Menteri PPN Hadiri Kick Off Program Rehabilitasi Terumbu Karang di Papua Barat

Sorong (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 13 Nov 2020 10:53
Kementrian PPN/Bappenas
Menteri Perencanaan Pembangunana Nasional (PPN)/ Kepala Bappenas Suharso Monoarfa bertolak ke Papua Barat untuk melakukan sejumlah agenda kerja, salah satunya menghadiri Kick off Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang (COREMAP-CTI) yang diadakan di Kota Sorong, Papua Barat, pada Hari Jumat, 13 November 2020.

Agenda ini merupakan agenda lanjutan dalam aksi pelaksanaan rehabilitasi dan pengelolaan terumbu karang yang berkelanjutan, sebagai salah satu amanat dari Presiden Joko Widodo yang ingin membangun Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. 

Dalam pidato pembukaan, Menteri Suharso menyampaikan bahwa acara ini masuk ke dalam tiga kerangka besar dalam desain pembangunan nasional. Kerangka yang pertama yakni kerangka komitmen global. 

"Perhatian terhadap terumbu karang diletakkan sebagai bagian dari komitmen Indonesia dengan Visi Poros Maritim Dunia. Hal ini merupakan strategi besar Indonesia dalam menjalankan kepemimpinan diplomasi di sektor kemaritiman dan peran serta dalam menjaga perubahan iklim dan kelestarian keanekaragaman hayati (bio-diversity)," ujar Menteri.


Terobosan awal adalah Indonesia menjadi salah satu negara, bersama Malaysia, Filipina, PNG, Timor Leste dan Kepulauan Solomon, dalam memprakarsai Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries, and Food Security (CTI-CFF). Langkah Indonesia untuk perlindungan ekosistem ini, sejalan dengan komitmen global yang dituangkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs) butir 14 tentang kehidupan bawah laut. 

"Dalam SDGs 14, pelestarian wilayah pesisir, pengelolaan dan perlindungan ekosistem pesisir dan laut serta peningkatan manfaat ekonomi menjadi kelompok target yang harus dapat dicapai untuk menunjang pembangunan," ungkap Menteri.

Poin kedua adalah desain kebijakan kelautan Indonesia telah ditekankan dalam RPJMN 2020-2024. Saat ini, trend global perihal Blue Economy, tidak hanya Green Economy. Model pembangunan ekonomi ini mengintegrasikan pembangunan laut dan darat dengan memperhitungkan daya dukung sumber daya dan lingkungan. Melalui COREMAP-CTI, menjadi salah satu terobosan dalam pengembangan ekowisata berkelanjutan.

"Harapan kami agar kegiatan pelestarian terumbu karang ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil yang ada di wilayah bagian timur Indonesia. Kegiatan COREMAP-CTI ini diharapkan menjadi pemantik (trigger) dan stimulus untuk menggerakan kegiatan lain di bidang ekonomi di lokasi kegiatan," kata Menteri.


Poin terakhir atau yang ketiga ialah dengan meletakkan kegiatan Kick Off Rehabilitasi dan Manajemen Terumbu Karang sebagai bagian dari percepatan pembangunan wilayah di Timur Indonesia, khususnya di Papua Barat dan Papua Barat.

"Secara khusus, Pemerintah baru saja menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat. Kebijakan baru untuk Papua dan Papua Barat menekankan pentingnya pembangunan yang berkelanjutan, keseimbangan antara ekonomi, sosial, dan ekologi," imbuh Menteri.

Bappenas juga mendorong pilot project melalui kerangka COREMAP-CTI. Dalam hal ini, wilayah Kabupaten Raja Ampat menjadi salah satu lokasi pilot project. Diharapkan dari pilot project ini akan dihasilkan rekomendasi kebijakan yang akan dapat diadopsi oleh berbagai pihak terkait mulai dari pusat sampai di daerah. 

Dalam kesempatan ini, Menteri mengajak seluruh komunitas global, pemangku kepentingan di tingkat nasional dan daerah serta masyarakat adat untuk berkolaborasi dalam mewujudkan aksi nyata dari COREMAP-CTI.

"Marilah kita semua, meneguhkan langkah pengelolaan sumber daya pesisir yang berkelanjutan, terutama aksi nyata COREMAP-CTI yang dilakukan oleh Indonesia Climate Change Trust Fund atau kita kenal dengan ICCTF dan para mitra pelaksana. Sumber daya alam kelautan hari ini, merupakan milik anak cucu kita di masa depan. Kita tekankan kembali, Our Ocean, Our Legacy (Laut Kita, Warisan Kita)," tutup Menteri.
Editor: Herda

T#g:Papua Baratterumbu karangWisata
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Jan 2021 17:46

    Sumut Punya Banyak Potensi Wisata Alam Pedesaan

    Agrowisata Paloh Naga, Kabupaten Deliserdang, kembali menjadi perhatian Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat bersepeda ke lokasi tersebut bersama rombongan, Sabtu (16/1). Potensi pariwis

  • Senin, 11 Jan 2021 11:51

    Bersama Masyarakat, Satgas Yonif MR 413 Kostrad Bersihkan Tempat Wisata Religi Goa Bunda Maria di Distrik Arso

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Pos Kout KM 31 bersama masyarakat Kampung Sanggaria Distrik Arso Kabupaten Keerom membersihkan tempat wisata religi Goa Bunda Maria yang terletak

  • Jumat, 25 Des 2020 02:25

    Covid-19 Masih Ganas, Hindari Kerumunan Jelang Akhir Tahun

    Menjelang libur akhir tahun, pandemi Covid-19 belum mereda dan cenderung menunjukkan tren kenaikan. Masyarakat pun diimbau untuk menghindari kerumunan dan menerapkan prokes jika terpaksa harus bepergi

  • Senin, 21 Des 2020 12:21

    Pewarta Polres Binjai Wisata sekaligus penghijauan di konservasi Kukam Hijau

    Jelang akhir tahun 2020 Pewarta Polres Binjai melakukan wisata sekaligus penghijauan dengan mengunjungi kawasan konservasi Kukam Hijau di Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Tepatnya di Dusun IV

  • Minggu, 06 Des 2020 07:06

    Kasdim 0824/Jember Dampingi Plt Bupati Resmikan Prasasti Agro Wisata Cluster Durian

    Bertempat di Dusun Curah Damar Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Kabupaten Jember pada Sabtu (05/12/2020), dilaksanakan Peresmian Prasasti Agro Wisata Custer Durian, oleh Plt Bupati Jember A Muqid Arief.

  • Jumat, 04 Des 2020 10:04

    Prof Djohar Arifin Gelar Bimtek Kemitraan Strategi Promosi Pariwisata Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

    Di tengah kesibukannya sebagai Legislator, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Gerindra, Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, terus menjalankan tupoksinya serta memberikan edukasi kepada masyarakat.Seperti

  • Sabtu, 28 Nov 2020 08:08

    Koperasi Wisata Alam Kurandak Gelar Pertemuan dengan Seksi Konservasi Wil. II Stabat

    Koperasi Jasa Wisata Alam Kurandak telah melaksanakan pertemuan dengan Herbert BP. Aritonang, S. Sos, MH., Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat dan Kepala Resor SM Karang Gading Langkat Timur lau

  • Kamis, 05 Nov 2020 16:05

    Prof Djohar Arifin Husin Resmikan 'Doremi River' di Gebang, Langkat

    Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) merupakan salah satu Komisi dengan lingkup tugas di bidang Pendidikan, Olahraga, dan Sejarah.Guna menjalankan lingkup tugasnya, salah seora

  • Minggu, 01 Nov 2020 20:11

    Pjs. Bupati Sergai Pantau dan Sosialisasi Protokol Kesehatan di Objek Wisata

    Memasuki hari terakhir dari rangkaian libur nasional, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Irman, M.Si, didampingi Asisten Ekbangsos Ir. H. Kaharuddin, MM, Kadis PoraParbud

  • Jumat, 30 Okt 2020 16:00

    Wagub Harapkan Pariwisata Pulih Setelah Covid-19

    Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi pariwisata di dunia, termasuk Indonesia. Untuk itu, masyarakat harus senantiasa menjalankan protokol kesehatan sehingga pandemi Covid-19 segera berlalu dan pariwis

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak