Senin, 24 Feb 2020 20:41
  • Home
  • Politik
  • Jokowi: 28 Destinasi Wisata Sekitar Danau Toba Akan Ditata

Jokowi: 28 Destinasi Wisata Sekitar Danau Toba Akan Ditata

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Selasa, 30 Jul 2019 06:40
Setkab.go.id
Presiden Jokowi di Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (29/7) sore.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (29/7) sore. Di sini, Presiden menyimak Paparan Rencana Pengembangan Quickwin Daerah Sipinsur.

Presiden menjelaskan, kunjungannya kali ini dalam rangka memutuskan dalam perencanaan pengelolaan Danau Toba ini sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul berkelas. Tetapi diakuinya produk disini harus diperbaiki.

"Brandnya harus diangkat sehingga betul-betul menjadi sebuah tempat yang wajib untuk dikunjungi," kata Jokowi.

Setelah dilihat secara detail, menurut Kepala Negara, ada 28 destinasi wisata di wilayah sekitar Danau Toba, ada yang sisi sejarah, sisi budaya, sisi airnya, alamnya, macam-macam. "Dua puluh delapan kalau di cluster jadi empat," ujarnya.


Karena itu, Kepala Negara menjelaskan, membutuhkan investasi besar, membutuhkan anggaran dari APBN  juga besar. Sehingga kombinasi APBN dan investasi itulah yang akan bisa menggerakkan benar-benar secara terintegrasi Danau Toba sebagai sebuah destinasi wisata yang betul-betul memiliki kelas.

Presiden juga menjelaskan, bahwa perbaikan produk itu tidak hanya urusan mengenai tempat untuk wisatanya. Tetapi lingkungannya juga harus diurus. "Kita ini bekerja dengan sebuah rancangan, rencana besarnya seperti apa, sehingga dalam pelaksanaannya itu betul-betul nanti bisa detil dan baik," jelasnya.

Menurut Presiden, proyek pengembangan kawasan pariwisata sekitar Danau Toba itu akan dilakukan mulai tahun 2019 ini, dan diharapkan selesai bertahap mulai tahun 2020 mendatang.


Untuk sarana penunjangnya, Jokowi mengatakan, semuanya dilakukan terintegrasi. Termasuk produknya, SDM-nya, kemasannya, membangun brandnya, diferensiasinya apa dengan Bali, dengan Mandalika.

"Mesti harus seperti itu, harus ada diferensiasinya, sehingga kalau datang ke Indonesia itu ke Toba, Oh masih kurang ke Bali, Oh masih kurang ke Mandalika. Karena memang ini beda-beda. Kita akan membikin seperti itu," tegas Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan itu diantaranya Menko Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.
Editor: Mario Matthew

T#g:Danau Toba
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Feb 2020 18:46

    Dimana Lahan 150 Hektar untuk Pariwisata Danau Toba yang dijanjikan Bupati Samosir pada Jokowi?

    Kabupaten Samosir adalah kabupaten yang memiliki teritorial dikelilingi Danau Toba dengan tagline, Negeri Indah kepingan Surga.

  • Kamis, 05 Des 2019 17:35

    Pesta Danau Toba Digelar 9-12 Desember 2019 Di Pantai Bebas Parapat

    Festival Danau Toba (FDT) tahun 2019 akan digelar di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Ria Nofida Telaumbanua m

  • Rabu, 13 Nov 2019 14:33

    Raja Belanda Akan Kunjungi Sumut & Danau Toba

    Raja Belanda Willem-Alexander rencananya akan mengunjungi Indonesia, 10-12 Maret 2020. Selain akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo, juga akan mengunjungi beberapa daerah di Indonesia, termasuk

  • Selasa, 15 Okt 2019 11:35

    Pemerintah Gelontorkan Anggaran Rp.4,04 Triliun Bangun Insfratuktur & Utilitas Dasar Danau Toba

    Presiden RI Joko Widodo meminta pembangunan insfratuktur di kawasan Danau Toba untuk dapat diselesaikan sesuai target yang ditentukan. Juga berpesan agar rumah yang berdiri di kawasan Danau Toba dikem

  • Senin, 23 Sep 2019 15:33

    YPDT Sampaikan Berbagai Persoalan Danau Toba Kepada Presiden

    Berbagai persoalan di Kawasan Danau Toba (KDT) masih belum mampu diselesaikan secara tuntas oleh Pemerintah Daerah (Pemda), baik itu di tingkat kabupaten (ada 7 kabupaten di KDT) maupun di tingkat pro

  • Rabu, 04 Sep 2019 14:34

    Kerukunan Puak Batak Bersaudara Minta Wartawan "Sejukkan" Polemik Wisata Halal di Danau Toba

    Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan meminta masyarakat bersikap positif terhadap statemen Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi soal "wisata halal" di danau Toba.

  • Senin, 02 Sep 2019 20:22

    Kaldera Danau Toba, Sumatera Utara Masuk Jaringan Taman Bumi UGG

    Melalui perjuangan yang panjang, akhirnya Kaldera Danau Toba yang berada di Provinsi Sumatera Utara, diusulkan dan diterima masuk dalam jaringan Taman Bumi, UNESCO Global Geopark (UGG). Pembicara

  • Rabu, 14 Agu 2019 20:54

    AMAN: Tidak Benar TPL Melindungi Masyarakat Adat

    Merespon berita klarifikasi pihak PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk., yang disampaikan Mulia Nauli terkait aksi Masyarakat Adat Tano Batak di Kantor Kementerian LHK di Jakarta, dengan tegas Ketua AMAN Ta

  • Kamis, 08 Agu 2019 19:28

    Doni Monardo: Membuang limbah ke danau Toba adalah kesalahan besar

    Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan marah dan kecewa begitu mengetahui dugaan perusahaan seperti PT Allegrindo yang bergerak di bidang peternakan babi, membuang limbah ke Danau Toba."Pak Luhut marah

  • Selasa, 30 Jul 2019 13:50

    Total Dukungan Pembangunan Transportasi di Kawasan Danau Toba Rp644,6 miliar, Ini daftarnya

    Setelah meninjau Sipinsur Geosite, Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke Pelabuhan Muara di Kabupaten Tapanuli Utara

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak