Jumat, 10 Jul 2020 22:43
  • Home
  • Politik
  • Jabar Sepakat Ajukan PSBB Tingkat Provinsi

Jabar Sepakat Ajukan PSBB Tingkat Provinsi

Bandung (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 30 Apr 2020 10:30
Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memimpin rapat koordinasi (rakor) via videoconference bersama bupati/wali kota 17 daerah yang belum menggelar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jabar, dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (29/4/20)

Dalam rakor tersebut, para peserta rakor sepakat untuk mengajukan PSBB Tingkat Provinsi Jabar ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI).

Kang Emil pun menyimpulkan bahwa PSBB Tingkat Provinsi merupakan kebutuhan di Jabar. Nantinya, pengajuan PSBB ke Kemenkes dilakukan melalui satu surat saja, yaitu dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar alias gubernur.

"Saya simpulkan bahwa kita menyepakati PSBB Provinsi. Menjadi kebutuhan, juga memudahkan birokrasi, sehingga cukup satu surat dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Provinsi (Jabar)," ujar Kang Emil.


"Maka seluruh kota/kabupaten yang hadir sekarang, bisa menggunakan dasar hukum dari surat Gugus Tugas (Jabar) ke Kemenkes itu untuk dijadikan dasar pelaksanaan PSBB di wilayah masing-masing," tambahnya.

Apabila pengajuan tersebut disetujui akhir pekan ini, PSBB Tingkat Provinsi Jabar pun rencananya akan mulai diterapkan pada Rabu, 6 Mei 2020.

"Jadi, proses persetujuan oleh Kementerian Kesehatan biasanya diberikan di hari Sabtu. Kemudian dari hari ini sampai Selasa (5/5/20) minggu depan, saya titip bapak/ibu (bupati/wali kota) sudah melakukan sosialisasi di media masa, di RT/RW tentang apa itu persiapan PSBB di wilayahnya masing-masing supaya dapat pengondisian di masyarakat," ujar Kang Emil.

Nantinya, ada beberapa kabupaten/kota yang akan melaksanakan PSBB secara parsial berdasarkan penyebaran COVID-19 di wilayahnya, diantaranya Kabupaten Cianjur.

"Kami setuju untuk PSBB. Tapi (wilayah) Cianjur Selatan peta (persebaran) masih hijau. Jadi, kami menyetujui (PSBB Provinsi), tapi Cianjur kemungkinan parsial hanya Cianjur Utara," kata Plt. Bupati Cianjur Herman Suherman dalam rakor tersebut.


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya pun setuju untuk penerapan PSBB skala provinsi. Namun, dia berpendapat penerapan PSBB harus diikuti dengan pengetatan aturan larangan mudik, khususnya bagi perantau yang berasal dari zona merah.

"Kami setuju dengan PSBB ini. Namun, kami berpendapat dengan tren penurunan (kasus positif COVID-19), bukan berarti PSBB itu berhasil atau tidak. Yang perlu harus kita waspadai adalah perantau yang berasal dari zona merah. Jadi, harus diperketat lagi yang pulang kampung dari zona merah," ujar Herdiat.

Sementara, Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, pihaknya setuju dengan penerapan PSBB yang akan diajukan melalui surat Gugus Tugas Percepatan Penanggulan COVID-19 Jabar apabila hal itu efektif menurunkan kasus positif COVID-19. Terlebih, banyak kasus positif COVID-19 di Majalengka merupakan imported case atau berasal dari luar Majalengka.

"Apabila bisa menurunkan kasus positif (COVID-19) kami sangat setuju dengan PSBB. Karena kasus positif di Majalengka banyak yang imported case," kata Karna.

Editor: Herda

T#g:PSBB
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 05 Jul 2020 02:05

    Tindak Tegas Pelanggar PSBB Transisi

    PSBB transisi membuat banyak orang bergembira karena boleh keluar rumah namun tentu dengan mematuhi protokol kesehatan yang diatur oleh pemerintah. Ketika ada yang melanggar aturan PSBB transisi seper

  • Jumat, 03 Jul 2020 03:03

    Masyarakat Jangan Euforia Meski Memasuki PSBB Transisi

    Masa PSBB Transisi membuat banyak orang bergembira karena boleh beraktivitas kembali di luar rumah. Namun masih ada yang salah kaprah dan lalai, mengira semua kembali normal, padahal masih transisi. S

  • Selasa, 26 Mei 2020 23:26

    Soal perpanjangan PSBB Jakarta, Anies: Penentunya adalah perilaku seluruh masyarakat

    Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan bahwa khusus untuk wilayah Jakarta, 2 pekan ini adalah 2 pekan penentuan.

  • Jumat, 22 Mei 2020 19:32

    MUI: Jakarta belum aman untuk sholat idul fitri berjamaah

    Kawasan Jakarta masih belum aman untuk pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri secara berjamaah di masjid atau lapangan.

  • Jumat, 15 Mei 2020 06:15

    Perpanjangan Kedua PSBB Bodebek, Ridwan Kamil Keluarkan Aturan Baru

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengeluarkan keputusan dan peraturan tentang perpanjangan kedua Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kawasan Bogor Depok Bekasi (Bodebek).

  • Selasa, 12 Mei 2020 20:32

    Satu Pekan PSBB, Jabar Berhasil Tekan Angka Penularan Kasus COVID-19

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melaporkan, hasil evaluasi satu pekan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tingkat Provinsi Jabar -selanjutnya ditulis PSBB Jabar- menunjukkan hasil yang positif.

  • Selasa, 05 Mei 2020 06:05

    Ridwan Kamil: PSBB Jabar Tekan Persebaran COVID-19

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, persiapan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi yang berlaku pada 6-19 Mei 2020 sudah 100 persen.

  • Senin, 04 Mei 2020 12:54

    Ini Arahan Presiden Jokowi Terkait Evaluasi PSBB di 4 Provinsi dan 22 Kabupaten/Kota

    Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Senin (4/5), melalui Konferensi Video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, menekankan beberapa hal, sebaga

  • Rabu, 29 Apr 2020 14:29

    PSBB Bodebek Diperpanjang 14 Hari Mulai 29 April

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memastikan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi (Bodebek) akan diperpanjang selama 14 hari mulai Rabu, 29 April 2020.

  • Kamis, 23 Apr 2020 10:23

    Ridwan Kamil Pantau Check Point Perbatasan Hari Pertama PSBB Bandung Raya

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar melakukan peninjauan titik-titik checkpoint di lima daerah Bandung Raya pada hari pertama pemberlak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak