Sabtu, 15 Mei 2021 07:52
  • Home
  • Politik
  • JTP, Anggota DPRD Sumut Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Taput

JTP, Anggota DPRD Sumut Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Taput

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Minggu, 18 Apr 2021 20:58
Istimewa
Sekretaris Komisi A anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari partai Perindo Dr Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat, S.SI., MSI beserta rombongan melakukan sosialisasi Perda (peraturan daerah) nomor 1 Tahun 2019, Minggu (18/4).

Sosok yang dikenal ditengah masyarakat Taput dengan sebutan JTP disambut baik oleh masyarakat sekitar di Dusun Banjar Ginjang Desa Simanungkalit kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Hadir di sosialisasi tersebut Kapolsek AKP Kondar Simanjuntak, Kanitlantas Bripda Sihombing. Sebagai narasumber tentang bahaya narkoba Iptu Syaiful Efendi (KBO Sat Narkoba Polres Taput) dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten Simalungun (BNNK) Ranto Franciskus Marbun, SH.

Masyarakat Simanungkalit yang hadir tetap melakukan protokol kesehatan, dari orang tua, dewasa dan remaja mengkuti sosialisasi Peraturan Daerah provinsi Sumatera Utara, nomor 1 Tahun 2019 tentang "Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya".


Sambutan dari tokoh masyarakat Simanungkalit mengatakan sepatah kata dan dua kata yang mengucapkan berterimakasih atas kehadiran rombongan Dr Jonius Taripar Hutabarat, S. SI.,M.SI. 

"Kami mengucapkan terimakasih, datangnya bapak dewan provinsi. Pertemuan ini kiranya memberi contoh yang baik kedepannya dan kiranya masyarakat lebih paham akan bahaya narkoba ini. Juga kami mengharapkan kedepannya agar daerah kita ini bersih dari narkoba," sebut tokoh Simanungkalit.

Sambutan Polres Tapanuli Utara diwakili Kapolsek Sipoholon AKP Kondar Simanjuntak berharap agar bersama-sama masyarakat mencegah adanya dugaan peredaran narkoba di daerah ini.

"Saya menghimbau kepada masyarakat, kiranya untuk meningkatkan penerus bangsa ini haruslah menjauhkan narkoba", himbaunya. 

Jonius Taripar Hutabarat, dalam paparan secara lugas mengatakan bahaya penyalahgunaan narkoba. Ia meminta untuk memerangi narkoba di tengah generasi muda harus dimulai dari orang tua. Untuk itu, mantan Kapolres Taput ini minta secara khusus agar para orang tua yang banyak hadir dalam sosialisasi, memberi perhatian penuh terhadap anak remaja.


"Memerangi Narkoba merupakan tugas kita bersama. Melalui Perda provinsi ini, saya hadir untuk mensosialisasikan bahaya narkoba. Kita para orang tua, untuk lebih memperhatikan anak remaja. Jangan sampai generasi muda (anak kita) terseret menjadi pengguna narkoba. Sayangi dirimu, sayangi keluarga dan sayangi lingkungan," pinta Taripar di akhir paparan.

Senada dengan JTP, Kepala BNN Simalungun Suhana Sinaga yang mewakili Ranto Franciskus Marbun, SH., dengan pemaparan, memberantas narkoba dimulai dari keluarga. "Orang tua memegang peranan penting agar generasi muda yang ada dalam keluarga bisa terhindar dari penyalahgunaan barang terlarang tersebut", katanya.

Ia lebih menekan keberadaan fungsi BNN sehingga peserta, generasi muda dan orang tua yang hadir lebih memahami. "BNN bukan hanya melakukan penindakan, tetapi siap melakukan pembinaan berupa rehablitasi bagi pengguna. Di rehabilitasi kita memberikan pemahaman sehingga dapat memperbaiki psikologis si pengguna. Juga, memperbaiki kesehatan fisik pengguna di tempat rehabilitasi tersebut", terang Ranto.


Jonius Taripar Hutabarat kepada wartawan menyebut, tantangan dalam mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing salah satunya adalah peredaran narkoba yang sudah masif saat ini ditengah tengah masyarakat.

"Saya mencoba mensosialisasikan dampak penyalahgunaan Narkoba, dan dibantu oleh BNN Simalungun dan Polres Taput. Harapan kita supaya meminimalisasi penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda," terang JTP.

Di akhir pertemuan, JTP bersama Personil Polres Taput dan BNNK membagi sertifikat kepada mahasiswa dan siswa sebagai peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut. Namun sangat disayangkan, di situasi acara sosialisasi ini pihak pemerintah Taput dari tingkat atas sampai bawah yaitu Desa, tidak ada yang menghadiri acara ini. Padahal didapat info dari panitia bahwa acara tersebut sudah berkoordinasi baik kepada pemerintah daerah Taput.
Editor: Robi

T#g:dprdsuJTPSosper
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Mei 2021 18:22

    Miladiyah BKPRMI Batu Bara ke-45 Tahun, Bupati Zahir Berikan Apresiasi Serta Ucapkan Selamat

    Ketua Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Batu Bara, Mukhrizal Arif, M.Pd.I bersama 12 pengurus BKPRMI tingkat kecamatan menggelar Tasyakur Miladiyah ke-45 Tah

  • Sabtu, 10 Apr 2021 22:20

    Ihwan Ritonga Sosialisasikan Perda No.6/2015 di Kelurahan Binjai

    Warga Jalan Menteng Raya Kelurahan Pasar Binjai Kecamatan Medan Denai menuangkan berbagai keluhannya saat diundang pada acara Sosialisasi Perda No.6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan, anggota

  • Rabu, 07 Apr 2021 06:07

    Komisi A DPRD Sumut Apresiasi Kinerja Mitra OPD Pemprov

    Ketua Komisi A DPRD Sumatera Utara (Sumut) Hendro Susanto menyampaikan apresiasi atas kinerja mitra Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Antara lain Dinas Komunikasi

  • Senin, 29 Mar 2021 00:29

    Ihwan Ritonga Sosialisasi Perda No 6/2009 Tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir

    Pemerintah Kota (Pemko) Medan wajib penuhi gizi ibu hamil dan menyusui, dalam rangka menciptakan generasi muda yang berkualitas.

  • Sabtu, 20 Mar 2021 16:10

    BKPRMI Kota Binjai Apresiasi Sosper yang dilaksanakan Zainuddin Purba

    Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, yang dilaksanakan langsung

  • Jumat, 19 Mar 2021 20:49

    Zainuddin Purba kembali gelar Sosper di Binjai

    Lagi lagi, anggota DPRD Sumut dari fraksi Partai Golkar, H Zainuddin Purba SH, menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara No 1 Tahun 2019, Jumat (19/3) Sore.Mengusung tema

  • Kamis, 18 Mar 2021 18:48

    Zainuddin Purba Sosialisasikan Perda Provsu No.1 Tahun 2019 di Binjai

    Guna menghempang peredaran narkoba yang kian marak, Anggota DPRD Sumut dari Fraksi Partai Golkar, H Zainuddin Purba SH, menggelar kegiatan sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara No 1 Tah

  • Rabu, 17 Mar 2021 10:47

    Edy Rahmayadi Sampaikan LKPj 2020 ke DPRD Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Medan, S

  • Kamis, 25 Feb 2021 18:05

    Tokoh Pendidik Ini Merasa Disambar Petir Saat Tahu DPRD Sumut Mau Berkunjung Ke Desa Stungkit

    Desa Stungkit, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, merupakan tujuan selanjutnya anggota DPRD Sumut dari fraksi Golkar, H Zainuddin Purba SH, dalam melaksanakan Reses ll Tahun Sidang ll 2020-2021, Kami

  • Rabu, 24 Feb 2021 21:24

    Wagub Musa Rajekshah Hadiri Reses Wakil Ketua DPRD Sumut

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri kegiatan reses Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, di Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan Kota, Mandailin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak