Senin, 19 Apr 2021 00:35
  • Home
  • Politik
  • Ini Kata Ketua DPRD Kota Binjai Atas Pernyataan Sumarno

Ini Kata Ketua DPRD Kota Binjai Atas Pernyataan Sumarno

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 03 Mar 2021 09:13
Istimewa
Ketua DPRD Binjai, H Noor Sri Alamsyah Putra ST
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, H Noor Sri Alamsyah Putra ST, ikut angkat bicara terkait pernyataan Sumarno, yang menjabat sebagai Lurah Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, karena mengaku tidak mengetahui jika ada warganya yang terpapar Covid-19. 

Sebab, ucap Pria yang akrab disapa dengan panggilan H Kires ini, Dinas Kesehatan Kota Binjai, sudah mendatangi lokasi Kampung Tanjung yang merupakan bagian dari Kelurahan Pekan Binjai pada Selasa (23/2) lalu, dan bertemu dengan Irwansyah, selaku Kepala Lingkungan l, guna mencari informasi terkait warga yang terpapar Coronavirus Disease 2019.

Hasilnya, Dinas Kesehatan Kota Binjai, menemukan 5 orang warga Kelurahan Pekan Binjai, yang positif terpapar Covid-19.


Ketidaktahuan Lurah Pekan Binjai ini dinilai warga sekitar jika Sumarno terkesan tidak memperdulikan warganya dan seolah tutup mata dengan adanya temuan tersebut. Apalagi menurut warga, Virus Corona dapat menyebabkan kematian bagi korbannya.

"Seandainya warga merasa kecewa dan dinilai tidak layak, berarti jabatan Lurah yang dipercayakan kepada Bapak Sumarno, perlu untuk dievaluasi kembali," ungkapnya dengan nada kesal.

Tidak hanya melakukan evaluasi, lanjut H Kires, atas dasar kekecewaan dari masyarakat sekitar tersebut, kita juga meminta kepada Pemerintah Kota Binjai melalui Dinas terkait, untuk dapat mengganti jabatan Sumarno selaku Lurah Pekan Binjai.

Disinggung mengapa Lurah Pekan Binjai, Sumarno, tidak mengetahui ada warganya yang terpapar Covid-19, Politisi dari Partai Golkar ini menegaskan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.


"Bisa jadi dia (Sumarno-red) tidak mau atau tidak bermasyarakat, dan bahkan bisa saja jarang masuk Kantor," tegasnya.

Disoalnya maraknya permainan ketangkasan di Kampung Tanjung yang banyak didatangi pengunjung, sehingga berdampak pada munculnya klaster baru penyebaran Covid-19, H Kires mengatakan jika hal itu adalah kewenangan Pemerintah Daerah, yaitu Pemko Binjai.

"Pemko Binjai, dalam hal ini Satpol PP sebagai penegak Perda. Kalau itu menjadi penyebab munculnya klaster baru, kami tentunya sangat mendukung kalau itu ditutup," ujar Ketua DPRD Binjai.

Diberitakan sebelumnya, Lurah Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Sumarno, dinilai tidak peduli kepada warganya. Hal itu dikarenakan ia tidak mengetahui adanya 5 warganya yang positif terpapar Covid-19 di Kelurahan Pekan Binjai, tepatnya di daerah Kampung Tanjung.


Ketidaktahuan Lurah Pekan Binjai, Sumarno, diketahui saat awak media mendatangi kantornya yang beralamat di Jalan Tuan Syekh Ukur, Pekan Binjai, saat ingin melakukan konfirmasi kepadanya terkait 5 warganya yang terpapar Covid.

"Saya tidak tau kalau ada warga saya di Kampung Tanjung yang terpapar Covid. Karena saya tidak menerima laporan," ungkapnya, Senin (1/3) Sore.

Selaku Lurah Pekan Binjai, Sumarno juga mengatakan jika Kepala Lingkungan (Kepling) l yang bernama Irwansyah, tidak melaporkan jika ada warga yang terpapar Covid-19.

"Saya belum mengetahui. Setau saya ada dulu, Sekitar setahun yang lalu, bulan Maret 2020," beber Sumarno, yang terlihat nafasnya tersengal sengal dan mengaku sesak nafas karena penyakit asma yang dideritanya sedang kambuh.


Namun, saat awak media menunjukkan foto Kepling l Kelurahan Pekan Binjai, Irwansyah, bersama Petugas Dinkes yang sedang mencari informasi di Kampung Tanjung, dimana foto tersebut dikirim oleh Kadis Kesehatan Kota Binjai, dr Sugianto Sp.Og, Selasa (23/2) lalu, Sumarno terlihat bingung dan malah balik tertanya.

"Kapan foto itu. Siapa aja yang ada. Cobalah kirim ke HP saya. Saya kok tidak tau ya," pinta Sumarno kepada awak media, sembari meminta foto tersebut untuk dikirim ke Ponsel miliknya.

Disoal apakah Pihaknya sudah memberikan himbauan kepada warganya terkait banyaknya permainan ketangkasan di Kampung Tanjung, sehingga adanya kerumunan manusia yang berpotensi munculnya klaster baru penyebaran Covid-19, Sumarno yang mengaku sudah menjabat sebagai Lurah Pekan Binjai sejak tahun 2017 ini, mengaku hanya menyuratinya.
 
"Pemberitahuannya cuma melalui surat saja. Karena setau saya permainan ketangkasan itu seperti game anak anak atau seperti Timezone," ujarnya dengan santai. 

Pun begitu, Sumarno yang mengaku akan Pensiun pada tahun 2022 ini, sudah melakukan penyemprotan Disinfektan di sekitar Kampung Tanjung sebanyak 3 Kali dalam seminggu ini. 

"Penyemprotan sudah dilakukan tiga kali, sekitar seminggu yang lalu, minggu ini dan semalam," ucap Sumarno, sembari mengatakan, penyemprotan Disinfektan yang pertama dilakukan oleh Kepling dan warga setempat, kedua oleh BPBD, dan yang ketiga yaitu Kepling dan warga sekitar lagi.

Terkait hal itu, salah seorang warga Kelurahan Pekan Binjai yang enggan disebutkan namanya, menilai jika Sumarno tidak peduli terhadap kesehatan dan keselamatan warganya.

Sang sumber juga mengaku kesal karena ia menilai tidak ada tindakan apapun yang dilakukan oleh Lurah Pekan Binjai.

"Lucu aja saya mendengarnya. Masak Lurah tidak peka terhadap hal ini. Padahal Pemerintah meanggarkan dana yang tidak sedikit untuk mencegah timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19. Artinya selaku Lurah, ia terkesan tidak memperdulikan himbauan dari Pemerintah. Beliau kan digaji dari uang rakyat juga," ungkap sang Sumber dengan nada kesal.

Tidak hanya itu, sang sumber juga mengatakan jika Sumarno terkesan mencari posisi aman dipenghujung masa pensiunnya yang tinggal setahun lagi.

"Jangan gara gara ia mencari posisi aman, kesehatan dan keselamatan warganya diabaikan. Seolah olah nyawa kami tidak berarti bagi dia," tutup sang Sumber sembari mengatakan jika dirinya mengaku kecewa dengan cara kepemimpinan Sumarno, yang dinilainya tidak mau tau terhadap keresahan warganya.
Editor: Herda

T#g:DPRD BinjaiLurah
Berita Terkait
  • Selasa, 23 Mar 2021 22:23

    Ketua DPRD Binjai Dukung Penutupan Diskotik Dan Pemberantasan Narkoba

    Provinsi Sumatera Utara menduduki peringkat pertama peredaran narkoba di Indonesia. Sedangkan Kota Binjai, menjadi peringkat kedua peredaran narkoba di Sumatera Utara.Hal itu dibenarkan oleh Ketua DPR

  • Senin, 22 Mar 2021 12:52

    Ada 'Pihak Ketiga', yang menyelenggarakan Reses 30 Anggota DPRD di Binjai

    Pada hari pertama Reses anggota DPRD Binjai yang dilaksanakan sejak tanggal 19 - 22 Maret 2021, beberapa anggota Legislatif ini mengeluhkan adanya ketidaksiapan pihak ketiga yang disebut sebut sebagai

  • Senin, 22 Mar 2021 12:22

    Anggota dan Staf DPRD Binjai Mulai Jalani Vaksinisasi Covid-19

    Sebanyak 30 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, hari ini, Senin (22/3) menjalani penyuntikan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di gedung dewan, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Bin

  • Sabtu, 20 Mar 2021 13:10

    HM Yusuf terima sejumlah aspirasi warga saat Reses di jalan Pande Dingin, Binjai

    Anggota DPRD Kota Binjai Daerah Pemilihan (Dapil) l Kecamatan Binjai Barat - Binjai Kota, HM Yusuf SH. M.Hum, menggelar Reses di Jalan Pande Dingin, Lingkungan ll, Kelurahan Binjai, Kecamatan Binjai K

  • Selasa, 16 Mar 2021 07:16

    DPRD Gelar Rapat Paripurna Pengusulan Amir Hamzah Menjadi Walikota Binjai

    Bertempat di Kantor DPRD Binjai, yang beralamat di Gedung Ovany, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Senin (15/3) Sore, DPRD Binjai menggelar sidang Paripurna pengusulan Pelaksana tugas (Plt)

  • Kamis, 11 Mar 2021 19:11

    Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra sudah disuntik vaksin Covid-19

    Berselang enam bulan setelah menjalani isolasi mandiri karena sebelumnya dikabarkan terpapar Covid-19, akhirnya Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, melaksanakan penyuntikan Vaksinas

  • Senin, 01 Mar 2021 21:01

    Masyarakat tuding Lurah Pekan Binjai tidak peka akan ancaman Covid-19

    Lurah Pekan Binjai, Kecamatan Binjai Kota, Sumarno, dinilai tidak peduli kepada warganya. Hal itu dikarenakan ia tidak mengetahui adanya 5 warganya yang positif terpapar Covid-19 di Kelurahan Pekan Bi

  • Kamis, 28 Jan 2021 19:38

    Ketua DPRD Buka Konferensi VI/2021 PWI Kota Binjai

    Ketua DPRD Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, menerima kehormatan secara resmi untuk membuka Konferensi VI/2021 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Binjai, yang dilaksanakan di Aula Lanta

  • Kamis, 14 Jan 2021 22:34

    Ketua DPRD Binjai Tolak Rencana Penutupan Jalan Kakap

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Binjai, H Noor Sri Syah Alam Putra ST, mengaku sangat kecewa dengan tindakan PT KAI yang berencana akan menutup salah satu Jalan umum di Kota Binjai, y

  • Kamis, 22 Okt 2020 17:42

    Hairil Anwar Sarankan Warga Sekitar PT Primadaya Plastisindo Mengadu Ke DPRD Binjai

    Terkait adanya aksi penolakan/ protes dari masyarakat tentang rencana dibangunnya Pabrik Plastik "PT Primadaya Plastisindo" di Kelurahan Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara, akhirnya disikapi oleh DPRD

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak