Senin, 26 Jul 2021 11:31
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Edy Rahmayadi Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keberkahan Harta

Gubernur Edy Rahmayadi Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keberkahan Harta

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Jumat, 07 Mei 2021 08:07
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmaydi menerima audiensi Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman 30 Medan, Kamis (6/5/2021).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung program penyaluran dana bergulir zakat produktif kepada umat dalam pengembangan perekonomian. Karena itu masyarakat diminta memberikan zakat untuk keberkahan harta benda.

"Kita ingatkan agar masyarakat yang belum membayar zakat harta dari gaji mereka. Karena kalau ASN Pemprov Sumut kan sudah langsung dipotong dari gaji mereka," ujar Gubernur Edy Rahmayadi, saat audiensi bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut di Rumah Dinas Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Kamis (6/5).

Hadir di antaranya Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution, Wakil Ketua Baznas Sumut Haris Fadillah serta jajaran pengurus dan pejabat terkait.


Menurut Gubernur, kesadaran zakat oleh masyarakat akan mampu menjadi sumber solusi bagi persoalan kemiskinan di Sumut. Apalagi jika pengelolaan oleh lembaga seperti Baznas bisa optimal, misalnya pemberian bantuan usaha kepada pelaku UMKM, petani dan peternak, sehingga tidak hanya memberikan zakat yang sifatnya konsumtif.

"Kalau optimal, maka pengelolaan oleh Baznas bisa menjadikan orang miskin berkurang. Jadi memang lebih baik begitu, kita berikan rakyat ini pancing, bukan ikannya," sebutnya.

Sementara Ketua Baznas Sumut Amansyah Nasution menyebutkan, pihaknya telah menyalurkan bantuan zakat dan infak senilai Rp6,5 Miliar yang tersebar di berbagai program.  Sebagaimana pada periode 2020, lembaga ini berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp10,5 Miliar.


Selain bantuan yang sifatnya konsumtif, lanjut Amansyah, Baznas juga melaksanakan zakat produktif. Sebab beberapa titik dianggap berhasil seperti membantu petani jagung di Dairi, petani bawang, brokoli dan kentang di Karo, sekaligus memberdayakan para da'i yang ada di lokasi untuk mengawasi.

"Kalau kita lihat, banyak yang sudah berhasil dalam mengelola bantuan. Bahkan seperti kelompok tani di Batubara, setelah berhasil, bukan hanya zakat, mereka juga sudah mampu berinfak. Selain mampu mengembalikan bantuan pinjaman tanpa bunga," sebutnya.


Dengan begitu, selain zakat dan infak biasa (konsumtif), kata Amansyah, bantuan produktif akan terus dilanjutkan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah. Apalagi langkah Baznas ke kabupaten/kota juga mendapat dukungan dari kepala daerah setempat.

"Yang produktif ini yang akan banyak kita galakkan. Bahkan yang sempat ada masalah pun tetap bisa membayar kewajiban pinjaman. Jadi memang banyak yang berhasil mengelola," kata Amansyah yang juta berharap dukungan penuh Gubernur untuk mendorong berbagai pihak memenuhi kewajiban zakat dan bantuan infak.

Editor: Herda

T#g:BAZNAS
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Mei 2021 15:42

    Walikota Solo Kembalikan Uang Pungli Lurah ke Pedagang

    Uang sebesar Rp 11,5 juta hasil pungutan liar (pungli) bermodus pengumpulan uang zakat, dikembalikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Minggu (2/5). Pungli diduga melibatkan Lurah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Suparno.

  • Selasa, 27 Apr 2021 16:57

    Walikota Umar Zunaidi Serahkan Zakat ke Baznas Kota Tebing Tinggi

    Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyerahkan zakat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tebingtinggi, Selasa (27/4/2021), di Ruang Mawar Lantai 4 Balai Kota Tebingtinggi.Kegiatan Penyerahan Zaka

  • Selasa, 20 Apr 2021 18:50

    Penyaluran Zakat ASN Pemko Tebing Tinggi Melalui Baznas

    Proses penyaluran zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

  • Selasa, 21 Jul 2020 05:21

    Gubernur Dorong Baznas Sumut Tingkatkan Zakat Produktif

    Kondisi pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada perekonomian masyarakat dari segala sektor. Karena itu pemerintah terus berupaya merangsang agar pertumbuhan ekonomi bisa bangkit kembali setelah terpu

  • Rabu, 20 Mei 2020 13:40

    Akhyar Serahkan Zakat Ke Baznas Kota Medan

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (20/5/2020).

  • Kamis, 14 Mei 2020 19:44

    Bersinergi Dengan Baznas, Kodim 0824/Jember Salurkan Zakat Fitrah

    Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan, masing-masing individu diwajibkan membayar s

  • Rabu, 13 Mei 2020 16:03

    Walikota Serahkan Zakat ke Baznas Tebing Tinggi

    Walikota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan MM serahkan zakat fitrah kepada Baznas Kota Tebing Tinggi, Rabu (13/5/2020) di Lantai 3 Balai Kota.

  • Jumat, 22 Nov 2019 16:12

    Panselnas Baznas Laksanakan Seleksi Colon Pimpinan Baznas Labura

    Tim Seleksi Pimpinan  Baznas melaksanakan Ujian Seleksi Calon Pimpinan Baznas di Aula Kantor Camat Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara pada Hari Jum'at (22/11/2019), Pukul 08:00 wib.K

  • Kamis, 29 Agu 2019 17:09

    Plt Bupati Bersama Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat pada 337 Keluarga Tidak Mampu

    Plt. Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.M.T. dan juga selaku Pembina/ Penasehat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu, melaksanakan kegiatan menyalurkan zakat yang d

  • Rabu, 29 Mei 2019 05:59

    Plt Bupati Labuhanbatu Serahkan Tali Asih pada Pengasuh dan Ratusan Anak Panti Asuhan serta Keluarga Miskin dan Petugas Masjid

    Saya sampaikan kepada para pengasuh panti asuhan, jangan lagi ada anak panti yang kekurangan sandang pangan maupun kebutuhan sekolah-sekolahnya. Sudah sewajarnya kita memperhatikan anak-anak kami ini,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak