Minggu, 26 Sep 2021 19:35
  • Home
  • Politik
  • Gubernur Akui Baru 2 Kabupaten di Sumut Salurkan BLT Dana Desa Hingga Juli 2021

Gubernur Akui Baru 2 Kabupaten di Sumut Salurkan BLT Dana Desa Hingga Juli 2021

Medan (utamanews.com)
Oleh: Salman
Minggu, 25 Jul 2021 09:05
Dinas Kominfo Provinsi Sumut/ Veri Ardian
Edy Rahmayadi mengikuti rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto terkait perkembangan daerah yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sabtu (24/7).
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mendorong percepatan realiasasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat. Sehingga dapat segera dimanfaatkan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sebab hingga kini, baru dua daerah di Sumut yang menyalurkan bantuan tersebut hingga Juli 2021. Sementara daerah lainnya penyalurannya masih sampai Mei bahkan ada yang Januari 2021.

"Kita berharap seluruh kabupaten/kota menyegerakan ini, karena masyarakat kita sangat membutuhkan bantuan dalam kondisi perekonomian sulit sekarang ini," ujar Gubernur Edy Rahmayadi usai mengikuti Rapat Koordinasi Virtual bersama Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian RI Airlangga Hartarto dan kementerian terkait, serta sejumlah gubernur, dalam hal penanganan pandemi Covid-19, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Sabtu (24/7).

Hadir Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofian, Kadis Komunikasi dan Informatika  Irman Oemar, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Ismael Sinaga, Kadis Tenaga Kerja Baharuddin Siagian, Plt Kadis Kesehatan Aris Yudhariansyah, serta tim Satgas Covid-19 Sumut.

Gubernur juga menyampaikan tentang ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit (RS) terkait penanganan pasien Covid-19. Disebutkan, kamar isolasi sebanyak 4.133 dan tempat tidur ICU Covid-19 sebanyak 375 unit, dari 125 RS yang merawat pasien Covid-19. Termasuk tambahan, targetnya sebanyak 1.000 tempat tidur dari beberapa tempat yang direncanakan seperti RS Martha Friska II, Asrama Haji Medan, Eks RS Lions Club dan Wisma Atlet Jalan Pancing Medan.

Sementara itu, terkait BLT DD, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofian menyampaikan hingga kini, Pemprov Sumut sudah dua kali menyurati pemerintah kabupaten/kota, meminta untuk mendorong percepatan penyaluran BLT DD, sebab dana dimaksud sejatinya sudah tersedia. Meskipun sebagian besar di provinsi lain, juga terjadi hal serupa.

"Yang sudah mencapai bulan Juli (penyaluran BLT DD) baru Nias Selatan, dan Pakpak Bharat yang sampai Juni 2021. Sementara yang lainnya masih sampai Mei, bahkan ada yang Januari," sebut Aspan.

Adapun kendala yang dihadapi, berdasarkan hasil koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, para Kepala Desa terlambat menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Untuk itu Pemprov Sumut berharap pendamping desa dapat membantu percepatan pengesahan APBDes tersebut.

"Demikian juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) agar dapat mendorong realisasi anggaran yang sudah kita programkan untuk bantuan kepada masyarakat," pungkasnya.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi, Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyampaikan saat ini penularan Covid-19 masih terus meningkat, meskipun tingkat kesembuhan juga naik. Karenanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih diterapkan, mulai dari level I hingga level IV, tergantung kondisi di setiap wilayah. Sehingga seluruh kepala daerah diminta memberikan sosialisasi ke masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Airlangga juga menyebutkan bahwa Presiden RI Joko Widodo meminta gubernur serta kepala daerah untuk menyiapkan tambahan tempat tidur untuk perawatan pasien dan menyiapkan tempat isolasi mandiri. Sebagaimana saran dari Kementerian Kesehatan dalam pertemuan itu, bahwa kabuapten/kota dengan tingkat penggunaan tempat tidur (pasien Covid-19) atau BOR di atas 80%, perlu mengonversinya menjadi 40%.

"Jika kebutuhan tempat tidur RS belum terpenuhi, konversi RS menjadi khusus Covid-19 dan pembangunan RS lapangan/darurat Covid-19 dapat dilakukan. Para kepala daerah juga, agar memastikan seluruh RS mengisi laporan harian (penggunaan) oksigen terlampir, dan koordinasi kebutuhan dengan Kemenkes," sebut Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono.

Selanjutnya, Menteri Keuangan Sri Muliani menyampaikan data perkembangan kebijakan perlindungan sosial, khususnya penyaluran BLT DD yang hingga kini persentasenya masih rendah. Sebanyak 161 daerah (37,10 persen dari 434 daerah), realisasinya di bawah 15 persen dari anggaran. Hanya 22 daerah (5,07 persen) yang penyalurannya sudah di atas 50 persen, berdasarakan data per 22 Juli 2021.
Editor: Herda

T#g:BLTEdy Rahmayadi
Berita Terkait
  • Kamis, 23 Sep 2021 04:23

    Gubernur Edy Rahmayadi Gelar Kunker ke Taput, Infrastruktur dan Pertanian Jadi Fokus di 2022

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa program pembangunan tahun depan (2022) di Tapanuli Utara (Taput) akan difokuskan untuk pengembangan pertanian dan perbaikan infrastruktu

  • Selasa, 21 Sep 2021 20:31

    Bertemu Walikota dan Perangkat Daerah Pematangsiantar, Edy Rahmayadi Tekankan Pentingnya Peran OPD dalam Pembangunan Daerah

    Hadir di Kota Pematangsiantar, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menggelar pertemuan bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan Kepala SMA/SMK, Selasa (21/9)

  • Selasa, 21 Sep 2021 03:21

    Edy Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Toba 2021

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 memerlukan dukungan dan upaya dari semua pihak. Karena itu, upaya apapun akan didukung, termasuk oper

  • Minggu, 19 Sep 2021 17:59

    Lepas Kontingen PON XX/2021 Papua, Edy Rahmayadi: Kami Selalu Mendukung Kalian

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas kontingen atlet Sumut untuk berangkat mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua, di halaman Gedung Wisma Atlet Jalan Willem Iskandar,

  • Rabu, 15 Sep 2021 10:35

    Gubernur Edy Rahmayadi Raih Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali meraih penghargaan Top Pembina BUMD 2021 pada Ajang TOP BUMD Awards 2021, yang digelar majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTD

  • Senin, 13 Sep 2021 22:23

    Terima 10 Konsentrator Oksigen, Edy Rahmayadi Apresiasi Dukungan Swasta Tangani Pandemi Covid-19

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima 10 unit konsentrator oksigen dari GoTo Group . Secara simbolis bantuan tersebut diterima Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Guber

  • Senin, 13 Sep 2021 23:13

    Edy Rahmayadi Ajak Aktivis Kehutanan Bantu Permasalahan Hutan di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak Kelompok Kerja Percepatan Perhutanan Sosial (POKJA PPS) dan Dewan Kehutanan Daerah (DKD) Sumut untuk membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut

  • Jumat, 10 Sep 2021 22:00

    Gubernur Edy Rahmayadi Lantik Kepala Dinas Kesehatan Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik Ismail Lubis sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, Jumat (10/9). Hal utama yang diinginkan orang nomor satu di Sumut ini, Kepala Dinas K

  • Kamis, 09 Sep 2021 23:09

    Menko Airlangga Serahkan Piala TPID Award 2021 kepada Gubsu dan Apresiasi Penurunan Kasus Covid-19

    Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menyerahkan Piala dan Sertifikat Tim Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID Award 2021 Berkinerja Terbaik Provinsi untuk Kawasan Su

  • Senin, 06 Sep 2021 08:06

    Refleksi 3 Tahun Edy-Ijeck, Aktifis Ingatkan Janji Berantas Narkoba

    Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dalam kampanyenya 3 tahun yang lalu menyebutkan akan memberantas Narkoba di Sumatera Utara jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur. Dalam disk

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak