Rabu, 27 Jan 2021 16:43
  • Home
  • Politik
  • Edy Rahmayadi Sebut Lelang Dimulai Desember 2020

Edy Rahmayadi Sebut Lelang Dimulai Desember 2020

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Rabu, 25 Nov 2020 23:25
Humas Pemprovsu
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima secara simbolis dokumen Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun 2021, dari Presiden RI Joko Widodo, Rabu (25/11), di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Penyerahan DIPA dan TKDD secara virtual tersebut juga diikuti sejumlah kepala daerah lainnya di Indonesia.

Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut segera melakukan lelang pengadaan barang dan jasa, sehingga awal tahun 2021 proyek pembangunan sudah langsung bisa berjalan.

"Ini segera, Desember ini kita lakukan lelang, Januari sudah bisa berjalan. Penyerapan ini prioritas karena di tengah pandemi, rakyat itu membutuhkan dana segar, harus ada uang berputar itu," ujar Gubernur, usai menerima dokumen DIPA dan TKDD Tahun 2021.

Gubernur memaparkan, untuk tahun 2021, Pemprov Sumut mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp7,4 triliun dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp380 miliar. "Kita tau bersama, bahwa kita bicara tentang prioritas dalam kesulitan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Saya sampaikan bahwa DAU Rp7,4 triliun miliar dan DAK Rp380 miliar, dari sana kita prioritaskan dana yang bisa kita pakai pembangunan murni Rp5 triliun," ungkap Gubernur.


Karena itu, katanya, anggaran tahun 2021 akan diprioritaskan untuk pangan baik itu pertanian, peternakan dan perikanan. "Namun demikian kita tetap menganggarkan tentang penanganan Covid-19 atau kesehatan untuk tahun 2021. Ini sedang kita susun besarannya, kita atur terutama kesehatan, pertanian, perkebunan, peternakan dan infrastuktur yang mendukung tentang kegiatan tersebut," kata Edy Rahmayadi.

Mengenai Dana Desa, diharapkan Edy, dialokasikan kepada tiga bidang. Antara lain penanganan Covid-19 atau kesehatan, pembangunan desa dan program yang padat karya.

"Dana Desa juga terfokus pada tiga hal, pertama kesehatan, pembangunan desa dan program padat karya yang benar menyentuh rakyat khususnya pertanian, peternakan tergantung potensi wilayahnya masing-masing," katanya.

Sebelumnya, dalam acara penyerahan DIPA dan TKDD secara virtual, Presiden RI meminta kepala daerah dan pimpinan kementerian/lembaga agar segera melakukan lelang. Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar roda perekonomian bisa langsung tumbuh pada kuartal pertama 2021.


"Saya minta seluruh pimpinan kementerian lembaga dan kepala daerah yang memiliki anggaran besar melakukan lelang sedini mungkin, di bulan Desember ini, agar bisa menggerakkan ekonomi di kuartal I tahun 2021," ujar Presiden, dari Istana Negara Jakarta.

Presiden menyampaikan dalam APBN 2021, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp2.750 triliun atau tumbuh 0,4% dibandingkan alokasi belanja di APBN 2020. Alokasi ini terdiri atas belanja untuk kementerian/lembaga sebesar Rp1.032 triliun, serta transfer daerah dan Dana Desa sebesar Rp795,5 triliun. Fokus APBN Tahun Anggaran 2021 antara lain kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural.

Mengenai vaksin, Presiden mengatakan vaksinasi termasuk ke dalam bagian fokus APBN 2021 untuk penanganan Covid-19. Akhir tahun 2020 atau awal tahun 2021 vaksinasi bisa disalurkan. Namun hal teresebut tetap membutuhkan persiapan yang matang lantaran vaksin akan disalurkan ke 34 provinsi di Indonesia.

"Kita harapkan setelah vaksinasi, dilakukan pemulihan kesehatan dan rasa aman masyarakat akan memicu kegiatan ekonomi," kata Presiden.


Sementara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani menyampaikan koordinasi antara lembaga dan pemerintah daerah sangat penting dan menentukan. Pada triwulan ketiga 2020 konsumsi pemerintah melalui belanja APBN tumbuh positif 9,8%. "Hal ini meningkat siginifikan dari kontraksi belanja sebesar minus 6,9% triwulan kedua," ujar Sri Mulyani.

Pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi diproyeksikan berada pada tingkat 5%. Meski begitu, setiap pihak harus tetap waspada lantaran ketidakpastian kondisi pandemi.

"Meski perekonomian domestik membaik, kita waspada karena risiko ketidakpastian masih tinggi. Keberhasilan mengendalikan pandemi menjadi faktor penting dalam akselerasi pemulihan ekonomi tahun 2021," ujar Sri Mulyani.
Editor: Yaya

T#g:lelangproyek
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Des 2020 22:51

    Proyek Rehab Gedung SMP Negeri 3 Sei Bamban, Serdang Bedagai Diduga Jadi Ajang Korupsi

    Proyek Rehab Gedung SMP Negeri 3 Sei Bamban, kabupaten Serdang Bedagai diduga menjadi ajang korupsi. Demikian disampaikan oleh Tri Juliadi, masyarakat setempat, Jumat (11/12)."Proyek swakelola tersebu

  • Senin, 30 Nov 2020 05:30

    Ini harapan terhadap proyek RSUD Sekayu senilai Rp153,2 Milyar, yang sedang berlangsung

    Kabupaten Musi Banyuasin adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Sumatera Selatan dengan Ibu Kotanya Sekayu, memiliki luas wilayah lebih kurang 14.262,96 Kilometer Persegi yang terbentang pada lokasi

  • Senin, 27 Jul 2020 09:47

    GOR Palas Belum Layak Digunakan

    Berbiaya 13,3 Milyar Rupiah lebih, pembangunan gedung olahraga (GOR) Padang Lawas jadi sorotan berbagai kalangan karena bangunan tersebut dinilai belum layak untuk difungsikan.Informasi yang dihimpun,

  • Senin, 18 Mei 2020 08:48

    Motor listrik bertanda tangan Presiden Jokowi laku Rp2.5 miliar

    Motor listrik buatan anak bangsa yang bertanda tangan Presiden Jokowi akhirnya laku Rp2.5 miliar dalam lelang di konser "Berbagi Kasih Bersama Bimbo", Minggu (17/5).

  • Senin, 06 Apr 2020 21:16

    JPKP: Pembangunan rambin di Sinabongan Paluta, asal jadi

    Pembangunan rambin (jembatan gantung) di desa Sinabongan, kecamatan Dolok, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), asal jadi.

  • Sabtu, 04 Apr 2020 08:54

    Aktifis: Pangkas Proyek Konstruksi Di Padangsidimpuan, Alihkan Uangnya Untuk Penanganan Covid-19

    Imelda Siska Siregar mengusulkan pemangkasan proyek konstruksi pada Dinas PU kota Padangsidimpuan untuk penanganan wabah corona virus (covid-19) di wilayah Tabagsel.

  • Kamis, 02 Apr 2020 13:52

    Pj. Bupati Pakpak Bharat: Anggaran Proyek Fisik Digeser Untuk Penanggulangan Covid-19

    FKPD: Fokuskan Anggaran Dalam Penangan Covid- 19 di Kabupaten Pakpak Bharat.

  • Rabu, 29 Jan 2020 20:19

    Ini Nama Tiga Besar Hasil Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Paluta

    Proses lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II di Kabupaten Padang Lawas Utara sudah mencapai tahap akhir.Saat ini, Panitia Seleksi (Pansel) sudah memutuskan tiga nama di masing-masing O

  • Minggu, 28 Jul 2019 18:18

    Kualitas proyek plafon jelek, fungsi pengawasan di legislatif dinilai rendah

    Kualitas proyek pembuatan plafon di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu jelek. Pasalnya, belum sampai dua tahun masa selesai pengerjaan plafon tersebut sudah rusak.Panta

  • Sabtu, 27 Jul 2019 19:07

    Danny Damanik: Kantor PU Medan Bagaikan Rumah Hantu, Diduga Ada Kantor Bayangan Bagi Para Petinggi

    Ketua Bara Api Sumatera Utara M Danny Damnik SE angkat bicara, soal Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan yang disebut bagaikan rumah hantu. Dimana masyarakat mengeluhkan sulitnya pelayanan publik at

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak