Minggu, 13 Jun 2021 04:36
  • Home
  • Politik
  • Edy Rahmayadi Kembali Perpanjang PPKM Mikro, Kriteria Zonasi Jadi Penekanan Penting

Edy Rahmayadi Kembali Perpanjang PPKM Mikro, Kriteria Zonasi Jadi Penekanan Penting

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Jumat, 26 Mar 2021 01:26
Humas Pemprovsu
Gubsu
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dari tanggal 23 Maret 2021 hingga 5 April 2021. Perpanjangan PPKM Mikro kali ini lebih detail menjelaskan tentang kriteria zonasi di enam kabupaten/kota yang menjadi sasaran.

Perpanjangan PPKM Mikro tersebut tertuang pada Instruksi Gubernur Sumut Nomor 188.54/9/INST/2021. Pada instruksi tersebut dijelaskan ada empat pembagian zonasi sesuai dengan kriterianya masing-masing untuk enam kabupaten/kota (Medan, Binjai, Pematangsiantar, Deliserdang, Simalungun dan Langkat).


Keempat zona tersebut adalah zona hijau dengan kriteria tanpa kasus di satu Rukun Tetangga (RT), kedua zona kuning dengan satu hingga lima kasus di satu RT selama tujuh hari terakhir, ketiga zona orange dengan enam sampai 10 kasus selama tujuh hari terakhir di satu RT dan terakhir zona merah dengan lebih 10 kasus di tujuh hari terakhir.

Keempat zona tersebut juga memiliki skenario pengendalian yang berbeda-beda dan khusus untuk zona merah dan oranye penanganan dilakukan secara ketat di tingkat RT. Di kedua zona ini, Satgas setempat diminta untuk menutup tempat ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya, kecuali sektor esensial. Bahkan untuk zona merah diminta untuk melarang kerumunan lebih dari tiga orang, membatasi keluar masuk RT hingga pukul 20:00 WIB dan meniadakan kegiatan sosial yang menimbulkan kerumunan.

"Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 06 Tahun 2021, Pemprov Sumut kembali memperpanjang PPKM Mikro. Gubernur Sumut menginstruksikan untuk kembali mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 hingga tingkat desa/kelurahan, RT dan RW, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 secara lebih ketat," kata Kepala Dinas Kominfo Sumut Irman Oemar, Kamis (25/3), di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan.

PPKM Mikro juga dilakukan bersamaan dengan PPKM Kabupaten/Kota seperti pembatasan tempat kerja dengan Work Form Home (WFH) dan Work From Office (WFO) 50%, kegiatan belajar mengajar daring, pembatasan jam operasional usaha dan lainnya.


Di Sumut sendiri, perkembangan kasus Covid-19 masih fluktuatif, dari 13-19 Maret tercatat rata-rata perhari pada periode tersebut 88 kasus positif. Sedangkan untuk kesembuhan rata-rata perhari 54 orang, dan kematian rata-rata dua orang per hari.

"Penyebaran di Sumut masih cukup tinggi sehingga Pemprov Sumut lebih mengintensifkan lagi PPKM Mikro dan PPKM Kabupaten/Kota. Harapannya tentu masyarakat lebih sadar akan kepentingan bersama kita menekan penyebaran Covid-19," tambah Irman, yang juga Koordinator Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.

Ke depan, menurut Irman, Pemprov Sumut akan mengevaluasi kembali pelaksanaan PPKM Mikro, untuk membuat kebijakan berikutnya. "Karena itu kita meminta kepala daerah agar melakukan monitoring ketat, berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan secara berkala untuk mengendalikan Covid-19 di daerah. Setelah itu, kita akan evaluasi kembali untuk membuat kebijakan selanjutnya," tambah Irman.
Editor: Tessa

T#g:PPKM
Berita Terkait
  • Selasa, 08 Jun 2021 04:08

    Kebijakan PPKM Sejak Idulfitri Efektif Turunkan Angka Covid-19

    Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumatera Utara (Sumut) menggelar dialog bersama dengan wartawan di Hotel Madani Medan, Senin (7/6).

  • Minggu, 06 Jun 2021 20:06

    TNI-Polri Akan Melakukan Penebalan dan Penguatan Posko PPKM Skala Mikro

    Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan melakukan penebalan dan penguatan Posko PPKM Skala Mikro. Dengan demikian, diharapkan upaya meningkatkan kesadaran disiplin protokol kesehatan dapat lebih optimal.

  • Sabtu, 05 Jun 2021 12:25

    Tim Gabungan Pemko Medan Bubarkan Pengunjung Cafe

    Petugas gabungan Pemko Medan yang tediri dari Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Satpol PP dibantu aparatur TNI dan Polri membubarkan sejumlah pengunjung cafe yang sedang asyik bersantai.

  • Kamis, 03 Jun 2021 13:13

    Langgar Jam Malam PPKM Mikro, Pelaku Usaha Ditertibkan Petugas Satgas Covid-19

    Petugas Satgas Covid-19 Kota Medan terus melakukan Patroli dan Pengawasan PPKM Mikro, Rabu (2/6/2021) malam. Dari Patroli yang dilakukan petugas menertibkan sejumlah pelaku usaha yang melanggar jam malam sesuai aturan PPKM Mikro.

  • Selasa, 01 Jun 2021 14:01

    Patroli Prokes dan PPKM Mikro Putuskan Penyebaran Covid-19

    Usaha memutuskan mata rantai penularan Covid-19 terus dilakukan. Selain melaksanakan tes, pelacakan, perawatan, dan vaksinasi, Pemko Medan berkolaborasi dengan Polri dan TNI juga melancarkan Patroli P

  • Senin, 31 Mei 2021 09:31

    Ingatkan Prokes ke Masyarakat, Babinsa Mutus Darussalam Cek Posko PPKM

    Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 Babinsa Mutus Darussalam Kopda Jamaludin melakukan pengecekan terhadap posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di RT 04 RW 02 Dusun Karya B

  • Selasa, 25 Mei 2021 19:25

    Panglima TNI Pimpin Rapat Evaluasi PPKM Skala Mikro

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. memimpin Rapat Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Skala Mikro yang dihadiri Kasad, Kasal dan Kasau serta seluruh jajaran TNI, bertemp

  • Selasa, 25 Mei 2021 11:25

    Polsek Pasar Minggu Jaring Eks Pemudik Lakukan Swab Antigen Di Posko PPKM

    Polsek Pasar Minggu gencar melakukan pendataan dan tracing terhadap warganya yang kembali dari kampung halaman usai merayakan Idul Fitri 1442 H.

  • Senin, 24 Mei 2021 11:34

    Kapolresta Deli Serdang Himbau Kades dan Pelaku Usaha Patuhi Instruksi Gubsu Soal PPKM

    Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Yemi Mandagi SIK melaksanakan asistensi kepada seluruh Kepala Desa dan para Pelaku Usaha Se Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang terkait penerapan Pembat

  • Jumat, 21 Mei 2021 09:21

    Mendadak, Dirbinmas Polda Banten Cek Posko PPKM di Perumahan Kota Bumi

    Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol Riki Yanuarfi, S.H., M.Si meninjau salah satu Posko PPKM yang berada di wilayah hukum Polresta Tangerang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak