Jumat, 18 Jun 2021 10:02
  • Home
  • Politik
  • Edy Rahmayadi Dukung Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021

Edy Rahmayadi Dukung Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 15 Apr 2021 01:15
Humas Pemprovsu
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021 yang akan dimulai 17 Agustus 2021. Melalui kegiatan ini diharapkan para generasi muda mengetahui kejayaan bahari Indonesia di masa lalu.

Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021 merupakan pelayaran mengelilingi Jalur Rempah Indonesia menggunakan KRI Dewaruci. Pelayaran dimulai dari Bandar Neira, Maluku, 17 Agustus 2021, dan akan berlabuh di 13 titik pelabuhan Indonesia termasuk Belawan, Medan, 20 September 2021. 
 
Di setiap pelabuhan yang disinggahi, akan diadakan bermacam kegiatan seperti pertunjukan musik, festival makanan minuman, festival jamu, kriya dan busana, wisata cagar budaya dan warisan budaya tidak benda, serta seminar.


"Saya senang sekali dengan acara ini, masa kejayaan bahari kita di masa lalu, harus diangkat agar generasi muda kita tahu, bahwa budaya bahari Indonesia sangat besar," kata Gubernur Edy Rahmayadi saat menerima audiensi Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Restu Gunawan di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (14/4).

Gubernur juga akan mengajak kabupaten/kota di Sumut untuk berkontribusi pada kegiatan tersebut. Sehingga 33 kabupaten/kota bisa menunjukkan potensi alam dan budaya yang beragam pada kegiatan tersebut. "Inilah uniknya Sumut, 33 kabupaten/kota punya ciri khas sendiri, nanti disitulah kami mau menunjukkan ini adalah Sumut," ujar Edy Rahmayadi.


Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Restu Gunawan mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut untuk membangkitkan ingatan kebangsaan akan jati diri sebagai bangsa bahari. "Jalur Rempah juga disiapkan sebagai Warisan Dunia untuk memperkuat diplomasi Indonesia. Sekaligus meneguhkan Indonesia sebagai poros maritim Indonesia," jelasnya.

Menurut Restu, dalam pelayaran tersebut, KRI Dewaruci juga membawa para mahasiswa dan remaja umum dari berbagai provisi di Indonesia. Nantinya ada beberapa titik pelabuhan tempat KRI Dewaruci berlabuh. Dimulai dari Banda Neira, Ternate, Makasar, Banjarmasin, Pulau Bintan, Belawan, Lhoksumawe, Padang, Banten, Jakarta, Semarang, Bali, hingga Surabaya.

"Di setiap pelabuhan, akan diadakan kegiatan seperti pertunjukan musik, festival makanan minuman, hingga seminar," ungkapnya.
Editor: Tessa

T#g:Wisata
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Jun 2021 06:15

    Viral Parkir Rp25 Ribu di Medsos, Polisi Tindaklanjuti ke Bagan Percut

    Polsek Percut Sei Tuan bergerak cepat menindaklanjuti keluhan warga terkait dugaan Pungli di Bagan Percut yang videonya sempat viral di media sosial (Medsos) beberapa hari lalu.Kapolsek Percut Sei Tua

  • Kamis, 10 Jun 2021 15:00

    LSM BARAAPI Indonesia Tuding Anggaran Di Dinas Pariwisata Kota Medan TA 2020 Sarat Mark Up

    Ada dugaan penyimpangan atau mark-up beberapa kegiatan di Dinas Pariwisata Kota Medan. Nilai kegiatan tersebut mencapai empat miliar rupiah lebih.Dugaan itu diungkap Direktur Lembaga Swadaya Masyaraka

  • Senin, 07 Jun 2021 15:27

    Tak Kenal Lelah, Prajurit Kipan B Yonif 645 Bersihkan Pantai Sinam

    Kompi Senapan (Kipan) B Yonif 645/Gardatama Yudha menggelar kerja bakti bersama warga masyarakat membersihkan Pantai Sinam di Pemangkat Kota, Kab. Sambas, Provinsi Kalbar. Kegiatan ini dalam rangka pe

  • Minggu, 30 Mei 2021 23:50

    Edy Rahmayadi Ajak Milenial Promosikan Wisata Sumut

    Para 'generasi milenial' diajak untuk terus mempromosikan pariwisata Sumatera Utara (Sumut), meski saat ini pariwisata sedang stagnan akibat pandemi Covid-19. Dengan harapan, ketika Covid-19

  • Sabtu, 29 Mei 2021 17:29

    Ingatkan Prokes, Babinsa Sebawi Sambangi Kawasan Wisata

    Kawasan wisata menjadi tempat yang favorit bagi masyarakat untuk mencari suasana yang tenang bersama keluarga setelah melakukan rutinitasnya seperti kawasan wisata Danau Sebedang yang berlokasi di Desa Sempalai Sebedang Kecamatan Sebawi Kab. Sambas.

  • Kamis, 27 Mei 2021 23:07

    Biaya tiket di pos masuk ke wisata pemandian Sidebu-debu disoal masyarakat

    Sebanyak lima orang warga yang hendak berwisata ke pemandian air hangat Sidebu-debu mempersoalkan harga tiket masuk yang diduga terlalu mahal.

  • Senin, 17 Mei 2021 08:37

    Libur Idul Fitri, Kapolresta Deli Serdang Minta Pengunjung Tempat Wisata dan Kuliner Taati Prokes

    Beberapa lokasi wisata di wilayah hukum Polresta Deli Serdang tetap eksis menjalankan protokol kesehatan sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

  • Minggu, 16 Mei 2021 11:16

    Gunakan Toa, Polda Banten Sosialisasikan Instruksi Gubernur ke Masyarakat

    Kepolisian Daerah (Polda) Banten bersama TNI dan Satgas Covid-19 sosialisasikan Instruksi Gubernur Nomor: 556/901-Dispar/2021 di tempat wisata.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 20:35

    Antisipasi Penyebaran Covid-19 Kapolsek Kualuh Hulu Operasi Yustisi di Tempat Wisata

    Kapolsek Kualuh Hulu bersama dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kab. Labura melaksanakan operasi yustitisi dalam rangka mengantisipasi penyebaran covid-19 di tempat wisata dan keramaian masyarakat, Sabtu, 15 Mei 2021.

  • Sabtu, 15 Mei 2021 20:25

    Kapoldasu dan Pangdam I BB Pastikan Prokes Ditaati Di Tempat Wisata

    Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, meninjau objek wisata pada masa liburan Perayaan Idul Fitri 1442 H di tengah pandemi Covid-19.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak