Jumat, 29 Mar 2024 12:48
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Dana APBN ke Parpol akan Naik dari Rp180 jadi Rp 1.000 per Suara

Jakarta (utamanews.com)

Oleh: Wiji

Rabu, 24 Mei 2017 07:34

Suntikan dana untuk partai politik jadi kabar gembira untuk para pengurus. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyetujui kenaikan bantuan keuangan APBN untuk parpol.


Dana bantuan untuk parpol naik menjadi Rp1.000 per suara. Selama ini bantuan keuangan dari APBN hanya Rp180 per suara yang diperoleh partai politik peserta pemilu.

Persetujuan dari Kemenkeu itu terungkap dalam Rapat Pansus RUU Pemilu di ruang Rapat KK1 di gedung DPR, Senayan, Selasa (23/5).

"Kemenkeu sudah menyiapkan kenaikan bantuan keuangan parpol dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000," ujar dikutip dari sumber JPNN.com yang ikut hadir Rapat Pansus.

Dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Polpum Kemendagri, Bahtiar yang hadir di Rapat Pansus, membenarkan adanya persetujuan kemenkeu menaikkan dana bantuan keuangan parpol. "Iya, benar," ujar Bahtiar lewat pesan singkat.

Sebelumnya, Bahtiar pernah mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan prakarsa revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2009 tentang bantuan keuangan kepada partai politik.

PP hasil perubahan ini yang akan menjadi payung hukum kenaikan bantuan keuangan parpol. Diharapkan revisi PP dimaksud segera disahkan agar kenaikan bantuan keuangan parpol sudah bisa diimplementasikan tahun depan.

Editor: Sam

T#g:APBNparpolRUU
makeup remover
Berita Terkait
  • Selasa, 27 Jun 2023 20:17

    Pembatasan Kekuasaan Ketua Umum Partai Politik

    Belum lama berselang, Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MKRI) membacakan putusan atas permohonan pengujian Undang-Undang Pemilihan Umum (UU Pemilu) terkait sistem Pemilu yang semula terbuka, dim

  • Senin, 26 Jun 2023 12:06

    Krisis Politik Nasional, Jalan Mundur Demokrasi

    Dinamika politik Indonesia saat ini mengalami kemunduran radikal. Para elit politik nasional semakin menunjukkan kualitas yang semakin buruk. Parpol kini dikuasai oleh oligarki, baik keluarga maupun p

  • Rabu, 17 Mei 2023 07:27

    Pilpres 2024 Bukan Panggung Pimpinan Parpol

    Beberapa waktu yang lalu, Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR RI/ Ketum DPP PKB mengusulkan Pilgub ditiadakan, dan jabatan gubernur dihapus. Pernyataan Cak Imin disambut oleh Bambang Soesatyo, Wakil Ke


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️