Jumat, 26 Feb 2021 23:38
  • Home
  • Politik
  • DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Batu Bara Ke-14 Tahun 2020

DPRD Gelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Batu Bara Ke-14 Tahun 2020

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Mukhlis Aci
Selasa, 08 Des 2020 18:18
Mukhlis Aci
Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP, menyampaikan kata sambutannya dalam rangka memperingati Hari Jadi Batu Bara Ke-14 Tahun di Ruang Rapat Paripurna DPRD Batu Bara, Selasa (8/12/2020).
Setiap tahun Pemerintah Batu Bara tetap memperingati Hari Jadi Batu Bara meskipun Pandemi Covid-19 belum mereda. Hal ini tentunya tidak menjadi penghalang bagi Pemerintah Batu Bara untuk memperingatinya, dengan syarat tetap menerapkan peraturan Protokoler Kesehatan (Prokes).

Berdasarkan pantauan Utamanews.com, DPRD Kabupaten Batu Bara menggelar sidang rapat paripurna istimewa dalam rangka memperingati hari jadi Batu Bara ke-14 tahun. Sidang istimewa ini digelar secara langsung di ruang paripurna, Selasa (8/12/2020) pukul 9.30 Wib di Gedung DPRD Kabupaten Batu Bara, Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh, Kecamatan Lima Puluh Kota, Batu Bara.

Sidang paripurna istimewa tersebut langsung dipimpin Ketua DPRD Batu Bara, Safi'i, SH, yang juga dihadiri Bupati Ir. H. Zahir, MAP, Wakil Bupati, Oky Iqbal, Kapolres Batu Bara, AKBP. Ikhwan Lubis, SH, MH, Kajari Batu Bara, Mulyadi Sajaen, Sekdakab Batu Bara, Sakti Alam Siregar, Ketua Kadin OK Faizal, serta para Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP dalam sambutannya mengatakan, tema peringatan hari jadi ke-14 tahun Kabupaten Batu Bara ini yaitu "Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Batu Bara Yang ke-14 tahun 2020, Kita Wujudkan Masyarakat Batubara Yang Berdaya Saing, Mandiri, Sejahtera, Berbudaya dan Religius," karena hal ini merupakan sejalan dengan Visi & Misi Bupati dan Wakil Bupati yang tertuang didalam RPJMD Kabupaten Batu Bara tahun 2018-2023.


Serangkaian pada sambutannya dalam sidang paripurna istimewa, Zahir mengungkapkan, pada tahun 2018 dan 2019 Pemkab Batu Bara mendapat opini WTP dari BPK terhadap audit atas LKPD. Atas pencapaian tersebut, Pemkab Batu Bara kembali mendapat Dana Insentif Daerah (DID) dari pusat sebesar Rp10.193.400.000 pada tahun 2020.

Selanjutnya, sambung Zahir, pada tahun ini Kabupaten Batu Bara terpilih menjadi salah satu daerah di Provinsi Sumut yang mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk mengelola anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dikatakannya, ini merupakan upaya pemerintah untuk menjaga dan memelihara kegiatan ekonomi nasional. Dengan demikian prestasi ini merupakan hasil kerja keras kita bersama dalam mewujudkan good governance di dalam pemerintahan Kabupaten Batu Bara.

Mengakhiri kata sambutannya, dalam momentum memperingati hari jadi Kabupaten Batu Bara Ke-14 tahun 2020, Zahir menuturkan, dengan semangat kerjasama dan dilandasi jiwa kegotong-royongan, sesuai semboyan "Batu Bara Bisa (Batu Bara Itu Sejahtera dan Adil)" akan dapat kita wujudkan.

"Ahooy, Ahooy, Ahooy," tutup Zahir mengakhiri sambutannya.


Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Batu Bara, Ir. Khairul Anwar menjelaskan, pada tahun anggaran 2020 Pemkab Batu Bara melalui dinas PUPR mengalokasikan anggaran dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar lebih kurang Rp78 miliar.

"Anggaran sebesar Rp78 miliar tersebut disedot untuk insfratruktur jalan sepanjang lebih kurang 50 kilometer. Insfratruktur jalan Ini terbagi 14 ruas jalan desa yang tersebar di 12 Kecamatan se-kabupaten Batu Bara", kata Khairul Anwar saat dikonfirmasi.

Sementara, Ketua Gerindra Kabupaten Batu Bara, H. Mhd Rafiq menanggapi soal Pemkab Batu Bara mendapatkan kucuran dana PEN tersebut, dia mengucapkan Salut, dan Apresiasi kepada Bupati Zahir.

"Meskipun Pemkab Batu Bara mendapatkan kucuran dana dari Pusat, baik DID maupun PEN, hendaknya jangan terlalu euforia, gunakanlah dana itu samata-mata untuk kepentingan rakyat. Dan perlu digarisbawahi, hindari praktek Kolusi, Korupsi dan Nepotisme atau KKN", tegas Rafiq saat memberikan tanggapannya di Wapress Lima Puluh Kota.
Editor: Ade

T#g:Batubarahut
Berita Terkait
  • Rabu, 24 Feb 2021 21:34

    DPD PAN Batu Bara Gelar Musda ke-4, Kedua Bakal Calon Tetap Optimis

    DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Batu Bara menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke-4 di Buffet Mangga Jl. Lintas Sumatera Utara, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Rabu (24/2/2021). Mus

  • Selasa, 23 Feb 2021 22:23

    Gubernur Edy Rahmayadi akan Upayakan Perizinan ke Kementerian LHK

    Pembukaan jalur alternatif Medan-Berastagi kembali mendapat dorongan dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Saat ini, pembukaan jalur Medan-Tuntungan-Kutalimbaru-Tandukbenua-Sembaikan-Ber

  • Selasa, 23 Feb 2021 12:43

    Korem 174 Bersama Forkopimda Merauke Ikut Pengarahan Presiden RI Secara Virtual Tentang Pengendalian Karhutla

    Kepala Staf Korem 174/ATW (Kasrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo mewakili Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko bersama Forkopimda Kabupaten Merauke mengikuti pengarahan P

  • Selasa, 23 Feb 2021 09:03

    Terdeteksi 25 Hot Spot di Sumut, Wagub Musa Rajekshah Minta Semua Pihak Waspada Karhutla

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai memasuki musim kemarau sejak Februari 2021. Karena itu, seluruh pihak yang terkait diminta agar meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan

  • Senin, 22 Feb 2021 21:12

    Dandim 0209/LB Beri Kejutan Pasi Intel dan Babinsa 08/RP Di Hari Ulang Tahun

    Bentuk Pembinaan Personel senantiasa ditunjukkan Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) kepada seluruh anggotanya. Seperti hari ini Dandim memberi kejutan kepada anggotany

  • Senin, 22 Feb 2021 20:32

    Dandim 0209/LB Hadiri Rakornas Secara Virtual Dengan Presiden RI Tentang Pengendalian Karhutla

    Rapat Koordinasi Nasional tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 digelar via Vidcon langsung dipimpin Presiden RI Ir. Joko Widodo, untuk pemerintah kabupaten Labuhanbatu melaksanaka

  • Minggu, 21 Feb 2021 21:31

    Bergerak Cepat, Polsek Kualuh Hulu Bantu Padamkan Api di Lahan Milik Masyarakat

    AIPDA Poniran selaku Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu terjun langsung ke lapangan memadamkan kebun milik Masyarakat yang terbakar di Desa Kuala Beringin.Kejadian itu terjadi pada Hari Minggu (21/02

  • Minggu, 21 Feb 2021 09:31

    Sejumlah Tambak Udang di Batu Bara Diduga Beroperasi Di Kawasan Hutan

    Sejumlah Tambak Udang milik perusahaan tampak beroperasi di Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, yang diduga berada dalam kawasan Hutan.Hal ini berdasarkan amatan Sabtu (20/02/2021), bahwa ket

  • Minggu, 21 Feb 2021 08:51

    Cegah Abrasi, Warga Kuala Sipare Harapkan Desanya Masuk Program Padat Karya Penanaman Mangrove

    Puing-puing bekas perumahan warga yang dihantam ombak terlihat di Kuala Si Pare tepatnya di Desa Medang, Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara, Sumut, Sabtu (20/02/2021).

  • Kamis, 18 Feb 2021 14:08

    Polsek Lima Puluh Lakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dan Deklarasi

    Kepolisian Daerah Sumatera Utara Resort Batu Bara Sektor Lima Puluh mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak