Kamis, 02 Apr 2020 06:41
  • Home
  • Politik
  • Bupati Soekirman Laporkan Perkembangan Covid-19 Di Wilayah Sergai

Ikuti Video Konferensi dengan Gubsu

Bupati Soekirman Laporkan Perkembangan Covid-19 Di Wilayah Sergai

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Derman Yatviko
Selasa, 24 Mar 2020 19:54
Istimewa
Bupati Sergai Ir H Soekirman melaporkan pada Gubernur Sumut bahwa kondisi Kabupaten Sergai masih dalam keadaan aman dan kondusif.

"Sampai hari ini tercatat 80 warga Sergai berstatus ODP (Orang dalam Pemantauan) dan 1 orang dinyatakan sebagai PDP (Pasien dalam Pengawasan). Kami meminta bantuan pinjaman mobil ambulans untuk membawa pasien menuju Rumah Sakit rujukan di Medan, dikarenakan ambulans yang tersedia di Kabupaten Sergai saat ini belum cukup memadai untuk menangani pasien Covid-19," ujar Bupati Soekirman, saat mengikuti Video Konferensi dengan Gubsu Untuk Membahas Perkembangan COVID-19 di Sumut, Selasa (24/3/2020).

Dikatakannya juga bahwa Pemkab Sergai sudah melakukan beberapa usaha preventif dalam menghadapi bencana nasional Covid-19, diantaranya melaksanakan penyemprotan disinfektan di kantor OPD kompleks kantor Bupati, menyesuaikan aktivitas kerja ASN dengan meniadakan apel dan finger print, lalu menghentikan sementara proses belajar-mengajar di sekolah untuk kemudian dialihkan ke rumah masing-masing siswa. 

"Pemkab akan melakukan tindakan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Selain itu kami juga aktif melakukan sosialisasi lewat jejaring media massa dan media sosial yang dilakukan oleh Dinas Kominfo dan meminta para Camat serta aparatur desa agar memanfaatkan fasilitas yang ada untuk melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat perihal prosedur kesehatan yang mesti dilaksanakan untuk menghadapi bencana Covid-19. Lewat aksi ini kami harapkan penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir di Kabupaten Sergai," pungkasnya.

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi, dalam arahannya mengatakan, "Sampai pada hari ini terdata 763 warga Sumut yang berstatus ODP, dan yang berstatus PDP sebanyak 50 orang. Sedangkan warga yang dinyatakan positif Covid-19 tercatat sebanyak 2 orang dan 1 orang sudah meninggal dunia. Selain itu 6 orang warga juga dinyatakan negatif dan sudah dipulangkan. "Masyarakat yang digolongkan sebagai ODP menghawatirkan, sebab orang yang dilabeli dengan status tersebut cukup pesat perkembangannya. Terhitung sejak semalam hingga saat ini sudah terdata bertambah sebanyak 2 kali lipat," ujar Gubsu.

"Dari kondisi tersebut, diketahui masih banyak masyarakat kita yang belum patuh, belum menaati imbauan dan arahan dari kita semua. Hal ini membuat semakin besar jumlah individu yang tidak dapat kita pantau, sebab tidak dapat dipastikan apakah orang-orang ini termasuk ODP atau PDP," tegasnya.

Gubsu juga meminta agar seluruh pihak dapat berperan aktif untuk menenangkan masyarakat. "Laksanakan tindakan yang paling bijaksana untuk memutus rantai Covid-19, berikan arahan kepada rakyat untuk tetap di rumah, giatkan social distancing sampai batas waktu yang belum ditentukan, tergantung situasi yang berkembang", pungkasnya seraya menyatakan bahwa sebanyak 5000 Alat Pengaman Diri (APD) sesegera mungkin akan didistribusikan ke tingkat daerah.

Editor: Donini Ari Rajagukguk

T#g:Covid-19Covid 19soekirman
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Apr 2020 23:11

    Dandim 0824/Jember Dampingi Bupati Minta Pers Beritakan Optimisme Terkait Covid-19

    Corona virus disease 2019 atau lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan jenis virus yang sangat mudah menular, untuk itu apabila ada daerah yang memiliki salah satu warganya saja positif terpapar covid

  • Rabu, 01 Apr 2020 15:41

    Akhyar Nasution Pantau Perkembangan ODP & PDP Di Posko Covid-19

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi kembali bekerja, usai menjalani masa isolasi dan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama 14 hari.

  • Rabu, 01 Apr 2020 09:51

    China temukan 1.541 kasus COVID-19 tanpa gejala sama sekali

    Komisi Kesehatan Nasional China (NHC), Selasa (31/3), mengungkap bahwa mereka menemukan 1.541 kasus COVID-19 tanpa gejala sama sekali.

  • Selasa, 31 Mar 2020 15:31

    Pria muda, PDP Covid-19 di Medan, meninggal pagi tadi

    Pria berusia 30-an tahun, seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 meninggal di Medan, Sumatera Utara, hari ini, Selasa (31/3/2020). Pasien ini sudah menjalani rapid test dengan hasil positif Corona.

  • Selasa, 31 Mar 2020 08:01

    Satu Warga PDP di Paluta, Jubir: Tetap Tenang, Jangan Panik

    Juru Bicara Tim Terpadu Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Paluta Lairar Rusdi Nasution menyampaikan bahwa satu orang warga kini menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

  • Senin, 30 Mar 2020 15:10

    Bandel, Pengusaha Warnet Di Jalan Klambir V, Tanjung Gusta, Disemprot Disinfektan Di Polsek

    Team Gabungan Muspika Medan Helvetia geruduk Warnet Makro, di Jalan Klambir V kelurahan Tanjung Gusta, yang selama ini membandel walau sudah dihimbau terkait dengan penyebaran Virus Corona (Covid-19), Senin (30/03/2020).

  • Senin, 30 Mar 2020 11:40

    Walikota Terima Bantuan APD Dari Apindo Tebingtinggi

    Walikota Tebingtinggi Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Dewan Pimpinan Kota (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tebingtinggi, Senin (30/3/20

  • Senin, 30 Mar 2020 11:00

    Hoaks Covid-19 menular lewat udara, WHO jelaskan beda airborne dan aerosol

    WHO, Badan Kesehatan Dunia, meminta semua pihak membantu menghentikan informasi yang salah dengan cara melakukan verifikasi fakta sebelum berbagi.

  • Minggu, 29 Mar 2020 08:29

    Satgas Yonif 411 Kostrad Bersama Lintas Sektoral Sota Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Perbatasan

    Terus berupaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad bersama Lintas Sektoral dan Unsur CIQS PLBN Sota, terus menggencarkan sosialisasi kep

  • Sabtu, 28 Mar 2020 18:38

    Karang Taruna Sumut dan Kota Medan Terus Melawan Penyebaran COVID-19

    Pengurus Kadang Taruna Provinsi Sumut dan Kota Medan dengan ikhlas terus melakukan upaya agar bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan sangat serius.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak