Selasa, 28 Sep 2021 20:08
  • Home
  • Politik
  • Bobby Nasution hadiri Paripurna Pemandangan Umum Fraksi DPRD Medan atas Ranperda Tentang APBD Perubahan 2021

Bobby Nasution hadiri Paripurna Pemandangan Umum Fraksi DPRD Medan atas Ranperda Tentang APBD Perubahan 2021

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Senin, 13 Sep 2021 21:44
Istimewa
Wali Kota Medan Bobby Nasution mengikuti sidang paripurna DPRD Medan dengan agenda Pemandangan umum Fraksi DPRD Terhadap Nota Pengantar Kepala Daerah Atas Ranperda P-APBD 2021, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Medan, Senin (13/9/2021). 

Dalam Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Medan Hasyim SE ini seluruh Fraksi DPRD menyampaikan pemandangan umumnya.

Dalam kesempatan ini, Fraksi PDI-P yang disampaikan Roby Barus meminta agar perubahan APBD tahun anggaran 2021 dapat dirasakan langsung secara optimal oleh masyarakat dalam mendapat pelayanan kesehatan, Pemerintah Kota Medan harus tetap melakukan program 3T (test-tracing-treatment).

"Kami meminta Pemko Medan agar Fokus anggaran pada kesehatan dan khususnya penanganan Covid-19 dalam P-APBD Tahun Anggaran 2021 ini diharapkan bisa mengurangi kendala yang dihadapi masyarakat, Terutama dengan mengoptimalkan peran dan pelayanan puskesmas dan rumah sakit rujukan. Selain itu meningkatkan layanan ambulans bagi pasien Covid-19 dan kecepatan proses pengujian swab PCR bagi suspek Covid-19, khususnya dari keluarga kurang mampu," jelas Roby Barus.

Kemudian Roby Barus juga meminta langkah dan strategi apa yang dilakukan Pemko Medan untuk menjaga supaya laju pertumbuhan ekonomi kembali normal, tingkat inflasi dan pengangguran terbuka tidak semakin meningkat pada masa pandemi Covid-19.

"Terobosan dan langkah antisipasi apa yang akan dilakukan pada APBD perubahan tahun 2021, selain itu bagaimana progres penanganan kemiskinan selama tahun 2021 ini, apakah target penurunan angka kemiskinan di akhir 2021 akan tercapai," ungkapnya.

Roby Barus menambahkan, Fraksi PDI-P akan mendorong agar percepatan realisasi anggaran belanja langsung yang bertujuan untuk pemulihan pertumbuhan ekonomi kota medan dapat diatasi. Sebab tercatat, pada pos Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami penurunan sebesar Rp 20,2 miliar lebih atau sama dengan 0,94 persen, yang diakibatkan adanya penurunan penerimaan dari pajak dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan.

"Untuk itu kami mendorong agar percepatan realisasi anggaran belanja langsung yang bertujuan untuk pemulihan pertumbuhan ekonomi kota medan dapat diatasi," katanya.

Sementara itu, Fraksi Partai Demokrat yang disampaikan Ishaq Abrar, mengungkapkan bahwa Ranperda P APBD tahun 2021 ini Wali Kota Medan memprioritaskan pada upaya perbaikan infrastruktur, pelayanan, kesehatan bagi masyarakat Kota Medan, khususnya penanganan Covid-19, mengatasi masalah banjir, pelayanan kebersihan Kota Medan dan Pengembangan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah.

"Kami mencatat adanya kenaikan PAD di APBD Perubahan sebesar 0,24 persen atau sebesar Rp 12 Milyar lebih. Kemudian pada Belanja Daerah juga mengalami peningkatan sebesar Rp 384 Milyar lebih dan dari Pembiayaan Daerah, penerimaan pembiayaan bertambah Rp 472 Milyar lebih dan pengeluaran Bertambah Rp 100 Milyar," jelasnya.

Ishaq Abrar menambahkan dari APBD Perubahan tahun 2021 ini, Pemko Medan juga memprioritaskan pada belanja daerah dengan porsi penambahan yang cukup besar di sektor belanja modal tanah, perbaikan jalan, jaringan dan irigasi serta belanja barang dan jasa.

"Melalui Paripurna ini Fraksi Demokrat juga ingin menanyakan apa upaya pemerintah Kota Medan pada semester kedua dalam mengejar target penerimaan PAD pada APBD Perubahan yang prinsipnya tidak memberatkan masyarakat di pada saat ini terutama di masa Pandemi Covid-19," jelasnya.

Selain Fraksi PDI-P dan Fraksi Partai Demokrat, Pemandangan Umum juga disampaikan Fraksi Partai Gerindra, PKS, Golkar, Nasdem, PAN, m dan serta fraksi gabungan yang terdiri dari Hanura, PPP dan PSI.
 
Atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD Kota Medan, Wali Kota Medan yang hadir bersama Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman menyampaikan semua pertanyaan dan saran maupun masukan dari seluruh Fraksi akan diterima Pemko Medan. 

Selanjutnya dalam Paripuna berikutnya Wali Kota Medan akan menyampaikan Nota jawaban terkait dengan pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Medan.

Bobby Nasution berharap APBD Perubahan 2021 ini dapat setujui DPRD Medan agar seluruh program prioritas Pembangunan dapat terlaksana dengan baik demi Kota Medan maju, kondusif, dan berkah.
Editor: Budi

T#g:DPRD Medan
Berita Terkait
  • Senin, 20 Sep 2021 23:20

    Paripurna Nota Jawaban Walikota Medan Picu Beragam Reaksi Fraksi-fraksi di DPRD Medan

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan kembali menggelar Rapat Paripurna agenda nota jawaban Kepala Daerah/ Walikota Medan, atas pemandangan umum DPRD Medan, tentang Rancangan P APBD Tahun 2

  • Jumat, 17 Sep 2021 19:37

    DPRD Kota Medan Gelar RDP Perubahan APBD TA 2021

    Pembahasan Ranperda APBD Perubahan TA 2021 memasuki tahapan RDP (Rapat Dengar Pendapat) antara komisi-komisi di DPRD Medan dengan OPD mitra kerjanya.Untuk Komisi IV DPRD Medan sudah menjadwalkan RDP d

  • Senin, 30 Agu 2021 11:20

    Diduga Dibeking Anggota DPRD, Lurah Sidorejo Angkat Kepling di Medan Tapi Berdomisili di Deli Serdang

    Ketua Komisi I DPRD Kota Medan Rudianto Simangunsong mengatakan, di dalam menetapkan Kepala Lingkungan (Kepling), Lurah dan Camat harus mengacu pada Perda Nomor 9 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembentuk

  • Minggu, 29 Agu 2021 11:29

    Wartawan Unit DPRD Medan lakukan penyemprotan cairan Eko Enzyim dan Baksos

    Puluhan Wartawan yang tergabung pada Koordinator Wartawan Unit DPRD Kota Medan dibawah pimpinan Said Ilham Asegaf peduli pandemi Covid-19, melakukan kegiatan sosial dengan menyemprotkan cairan Disenfe

  • Kamis, 26 Agu 2021 06:26

    Koordinator Wartawan DPRD Medan Ucapkan Belasungkawa Wafatnya H Anif

    Koordinator Wartawan DPRD Medan mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya (wafat) tokoh Sumatera Utara H Anif, Rabu (25/08/2021) pagi."Kami mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya bapak H Anif. Semog

  • Senin, 09 Agu 2021 18:09

    Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan Harap Visi Misi RPJMD Dapat Direalisasikan

    Fraksi PDI Perjuangan Kota Medan DPRD Kota Medan sangat berharap apa yang menjadi Visi dan Misi Walikota Medan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (PRJMD) Kota Medan Tahun 2021-2026 segera

  • Minggu, 08 Agu 2021 22:48

    LKLH Sumut siap bersama Ikhwan Ritonga Monitoring Limbah Covid 19

    Terkait Pemberitaan yang menyatakan bahwa Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga menyoroti soal penanganan limbah medis infeksius Covid-19 yang dilakukan seluruh rumah sakit di Kota Medan, karena dikha

  • Jumat, 06 Agu 2021 08:06

    Pimpinan DPRD Medan Rekomendasikan RS Bunda Thamrin jadi Provider BPJS Kesehatan

    Pimpinan DPRD Kota Medan, merekomendasikan Rumah Sakit (RS) Bunda Thamrin yang beralamat di jalan Sei Batanghari Kota Medan, Kembali menjadi Provider Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehata

  • Senin, 12 Jul 2021 20:12

    Pemko Medan Berkomitmen Wujudkan Medan Sebagai Kota Atlet

    Pemko Medan berkomitmen untuk mewujudkan kota Medan sebagai kota atlet. Salah satunya dengan mengoptimalkan potensi, baik itu mencakup olahraga rekreasi, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.Hal

  • Sabtu, 10 Jul 2021 20:10

    Antonius Tumanggor Terima Lembar Aspirasi Dari Masyarakat Sei Agul

    Bekerja dengan dedikasi yang tinggi dan selalu membela hak masyarakat yang tertindas, membuahkan ekpetasi tinggi dari semua elemen masyarakat yang berada di Kelurahan Sei Agul.Hal ini terbukti atas ke

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak