Selasa, 28 Sep 2021 21:32
  • Home
  • Politik
  • Besok, Pemko Medan Operasikan Eks Hotel Soechi International Jadi Tempat Isolasi Terpadu

Besok, Pemko Medan Operasikan Eks Hotel Soechi International Jadi Tempat Isolasi Terpadu

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Sabtu, 31 Jul 2021 11:11
Istimewa
Minggu, 1 Agustus 2021, Pemko Medan mulai mengoperasikan eks Hotel Soechi International yang berlokasi di Jalan Cirebon menjadi tempat isolasi terpadu penanganan Covid-19. 

Warga terkonfirmasi positif Covid-19, baik yang tanpa gejala maupun bergejala ringan, akan dirawat sampai sembuh di bekas hotel berbintang empat yang merupakan aset Pemko Medan itu.

"Penanganan Covid-19 harus dilakukan mulai dari hulu sampai hilir, tidak boleh dilakukan sepenggal-sepenggal. Oleh karenanya dalam rapat dengan unsur Forkopimda Kota Medan, kita membahas tempat isolasi terpadu penanganan Covid-19. Kita ingin penanganan mulai dari hulunya hingga penyembuhan dilakukan dalam gedung isolasi terpadu. Kita minta Minggu (1/8) ini sudah dibuka dan dilaksanakan di eks Hotel Soechi International yang merupakan aset kita sendiri," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution saat ditemui wartawan di kantor Wali Kota Medan, Jumat (30/7/2021) sore.

Didampingi Dandim 0201/BS Kol Inf Agus Setiandar, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Sekda kota Medan Wiriya Alrahman, Plt Kadis Kesehatan Kota Medan Syamsul Arifin Nasution serta manajemen RSU Royal Prima, Bobby Nasution menjelaskan, 5 rumah lebih dalam satu lingkungan yang terkonfirmasi positif Covid-19 masuk dalam zona merah lingkungannya.

"Zona merah di lingkungan, warganya yang positif Covid-19, wajib masuk dalam isolasi terpadu. Begitu juga dengan 3 sampai 5 rumah dalam satu lingkungan yang bertahan dalam zona orange selama sebulan, juga kita minta warganya yang positif Covid-19 diwajibkan masuk dalam isolasi terpadu di ex Hotel Soechi International," kata Bobby Nasution.

Selain itu, kata Bobby Nasution, bagi warga masyarakat yang datang sendiri dan ingin merasa lebih nyaman, enak dan diperhatikan untuk diisolasi terpadu di ex Hotel Soechi International, dipersilakan datang dan akan dilayani dengan baik.

Terkait itu, imbuh Bobby, pihak manajemen RSU Royal Prima yang membantu pengelolaan manajemen penanganan Covid-19 mulai dari terkonfirmasi positif hingga penyembuhan akan mendatangkan sumber daya manusia (petugas medis) dan mulai menginap di ex Hotel Soechi International mulai, Sabtu (31/7/2021). Begitu juga dengan peralatan medisnya, jelasnya, sudah masuk semua.

"Insya Allah, besok mereka sudah bertugas di sana," ungkapnya.

Selanjutnya menjawab pertanyaan wartawan tentang semakin menipisnya stok vaksin di Kota Medan, Bobby Nasution mengakuinya.

Kondisi ini, ungkapnya, tidak hanya terjadi di Medan saja, tapi juga di sejumlah daerah lainnya di Sumut. Bahkan, jelasnya, beberapa kali sudah disampaikan dalam rapat dengan Menko Perekonomian dan Menteri Kesehatan. Kondisi itu, paparnya, menyebabkan 40 % warga yang sudah divaksin dosis pertama hingga kini belum disuntikkan vaksin dosis kedua.

"Stok vaksin saat ini sangat minim. Agustus minggu pertama, kemungkinan baru bisa masuk lagi. Bagi warga yang sudah divaksin dosis I namun dosis II terlambat, vaksinnya tidak gagal sama sekali dan masih boleh divaksin untuk dosis kedua. Ini yang harus dipahami oleh masyarakat, tidak gagal juga tidak harus mengulang kembali dari awal," jelasnya.

Bobby Nasution mengatakan, stok vaksin saat ini tidak seimbang dengan target yang telah ditetapkan. Target vaksinasi, sebutnya, 10.000/hari. Kemarin, sisa vaksin 8.000 dan yang baru masuk hanya 100 vial (1.000 vaksin).

"Setengah hari habis yang 1.000 vaksin itu. Makanya, kita minta kemarin yang dosis II diutamakan," terangnya.

Selanjutnya menyikapi meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Medan, Bobby Nasution mengatakan, bed di RSUD Dr Pirngadi sudah ditambah 200 bed dan ruang ICU 22 bed. Penambahan bed dan peralatan medisnya dibantu oleh Kementrian Kesehatan, sedangkan pembangunannya dibantu Kementrian PUPR untuk peralatan medisnya.

Selain RSUD dr Pirngadi, jelas Bobby Nasution, RSUP H Adam Malik juga dilakukan penambahan bed. Di kedua rumah sakit itu dikhususkan untuk menangani warga positif Covid-19 dengan gejala berat.

Untuk yang di ex Hotel Soechi International, tegas Bobby Nasution, dikhususkan untuk warga yang positif Covid-19 dengan gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG).

"Apapun alasannya,gejala ringan maupun OTG kita wajibkan masuk isolasi terpadu. OTG ini sebenarnya yang berpotensi menyebarkan Covid-19 lebih tinggi dari pada yang bergejala ringan. Sebab, yang bergejala ringan biasanya di rumah istirahat, namun yang OTG, sehari dua hari istirahat di rumah, namun karena bosan dan merasa tidak ada apa-apa kemudian cari makan ke luar. Apalagi saat ini sudah diperbolehkan 20 menit makan di tempat, kita tidak tahu orang yang berada di sebelah kita ternyata OTG," ungkapnya.
Editor: Budi

T#g:Hotel
Berita Terkait
  • Sabtu, 14 Agu 2021 20:34

    Wali Kota Medan Dampingi Panglima TNI dan Kapolri Berkunjung ke Isoter eks Hotel Soechi

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Isolasi Terpusat (Isoter) Kota Medan di eks Hotel Soechi, Sa

  • Selasa, 03 Agu 2021 16:53

    Tinjau Lokasi Isolasi Terpadu Bersama Wakapolri, Bobby Nasution: Kita Ingin Hukum Virusnya!

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan pihaknya terus mengevaluasi pelaksanaan PPKM Level 4 di Kota Medan. Kabarnya ada opsi untuk mengurangi penyekatan di inti Kota Medan.Hal itu diutarakan Bobby

  • Minggu, 01 Agu 2021 23:21

    Bobby Nasution Sediakan Lokasi Isolasi Terpadu Gratis di Gedung Hotel Bintang Empat

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mengecek kesiapan di bekas gedung Hotel Soechi di Jalan Cirebon Medan sebagai sarana masyarakat Medan untuk menjalani Isolasi Terpadu (Isoter) Minggu (1/8/2021) siang.Se

  • Kamis, 15 Jul 2021 08:35

    Bobby Tinjau Bangunan Ex Hotel Soechi Untuk Lokasi Isolasi Mandiri

    Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau langsung bangunan ex Hotel Soechi yang berlokasi di jalan Cirebon, Kec. Medan Kota, Rabu (14/7/2021).Rencananya bangunan yang terdiri dari 12 lantai dengan kapa

  • Sabtu, 17 Apr 2021 19:47

    Operasi Yustisi dan Razia Pekat di Tanjungbalai jaring pasangan bukan suami isteri dari penginapan

    Patroli gabungan bersama POLRI-TNI dan Pemko Tanjung Balai dalam rangka pendisiplinan Prokes Cegah Covid-19 dan penertiban penyakit masyarakat, dilaksanakan pada Jum'at tanggal 16 April 2021 puku

  • Rabu, 17 Mar 2021 18:47

    Bobby Nasution Temui Kajati Sumut, Soal Pajak Retribusi Apartemen Reiz Condo

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, SE., MM menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) yang telah membantu menyelamatkan keuangan Pemko

  • Selasa, 15 Des 2020 22:55

    Pulihkan Pariwisata Sumut Wagub Harap PHRI Bersinergi dengan Pemprov

    Pandemi Covid-19 berdampak di semua sektor. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah pariwisata. Untuk itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekshah berharap semua pihak ter

  • Rabu, 07 Okt 2020 15:37

    Kabaharkam Polri Terima Audiensi Accor Group Bahas Kerja Sama

    Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menerima audiensi dari perusahaan perhotelan Accor Group, bertempat di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Kompleks Mabes Polr

  • Sabtu, 12 Sep 2020 00:42

    MTQ ke-37 Sumut Lancar dan Tertib, Panitia Serahkan Cendera Mata pada Pahlawan di Balik Layar

    Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) di Kota Tebing Tinggi yang digelar sejak Sabtu (5/9), berlangsung lancar dan tertib hingga penutupan yang renc

  • Selasa, 01 Sep 2020 20:01

    Ghost Month Di JW Marriot Medan

    Management JW Mariot kembali melaksanakan kegiatan tradisi Ghost Month (Bulan Arwah) di belakang gedung hotel di Jalan Putri Hijau No.10, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, Sumatera Utara, Se

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak