Selasa, 28 Sep 2021 20:20
  • Home
  • Politik
  • Bantuan Rp30 juta hektar, Ijeck: Informasi program PSR ini harus sampai kepada petani

Bantuan Rp30 juta hektar, Ijeck: Informasi program PSR ini harus sampai kepada petani

Medan (utamanews.com)
Oleh: Salman
Rabu, 08 Sep 2021 07:27
Dinas Kominfo Sumut
Musa Rajekshah menerima audiensi dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Senin (6/9).
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap informasi mengenai program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) harus benar-benar bisa sampai kepada para petani. Sehingga para petani dapat segera menjadi peserta dan memanfaatkannya.

Hal ini dikatakannya, saat menerima audiensi dari Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Medan di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Senin (6/9) sore.

"Memang program PSR ini bagus sekali, karena orang dikasih gratis, kenapa tidak mau? Tapi memang kendalanya, informasi seperti ini sering tidak sampai ke masyarakat," ujar Musa Rajekshah, yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck menceritakan, saat dirinya menggeluti usaha perkebunan sawit dulu, juga telah menyadari jika sawit sangat baik bila dijalankan sampai ke tingkat bawah. Untuk itu, dia meminta dalam program PSR ini agar dapat mengedepankan aspek komunikasi, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Karena rakyat memang kewalahan untuk melakukan replanting (peremajaan sawit)," jelasnya.

Namun dari sisi pemerintahan, jelas dia, sebagai penghasil CPO dan perkebunan terbesar kedua setelah Kalimantan, Provinsi Sumut tidak mendapatkan feedback (masukan) dari hasil perkebunan sawit. Padahal, katanya, angkutan sawit juga memakai badan jalan, dan badan jalan banyak yang rusak karena dilintasi oleh truk pengangkut sawit.

"Kita sudah bolak balik berjuang untuk itu, tapi belum juga terealisasi. Namun kita lihat Jawa Timur yang penghasil sembako, tapi mereka bisa mendapatkan hasil (feedback)," jelas Ijeck.

Karenanya, Ijeck berharap, program PSR ini betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jangan sampai, PSR ini hanya menjadi program publikasi semata saja.

"Karena kita mau program benar-benar berjalan, bukan hanya penyerapan anggaran saja," harapnya.

Sementara itu, Kepala BBPPTP Medan sekaligus Korwil untuk PSR Wilayah I Agus Hartono memaparkan, PSR tersebut terdiri tiga program, yakni replanting sawit yang berusia sudah di atas 25 tahun, kedua sawit yang produksinya kurang dari 10 ton pertahun dan yang memakai benih palsu.

Khusus untuk replanting itu sendiri, terang Agus, perhektarenya akan dibiayai sebesar Rp30 juta dengan maksimum per KK adalah sebanyak empat hektare. Selain itu, juga termasuk program pembersihan lahan, tumbang chiping sampai tertanam kembali.

"Program replanting ini sudah dimulai pada 2017 sampai sekarang. Target kami pertahun 180.000 hektare (Ha) dan di Sumut 20.500 ha pertahun di 15 kabupaten," terangnya.

Namun dari 20.500 ha itu yang sudah keluar rekomendasi teknisnya baru sebesar 1.700 hektare. Karenanya dia mengaku memohon dukungan dari Wagub Sumut karena jumlah itu masih sangat jauh, sedangkan capaian minimalnya 75 persen.

Agus melanjutkan, selain program PSR pihaknya juga memiliki program sarana dan prasarana (sarpras) berupa program kepada petani yang tidak mendapatkan PSR karena produksinya masih bagus.

"Program itu berupa bantuan pupuk dan pestisida bahkan ada program peningkatan jalan, jalan rusak, agar akses bisa keluar masuk lebih mudah," sebutnya.

Di samping itu, lanjutnya, program bantuan ekskavator traktor, bantuan pertanian kecil, sertifikasi ISPO, sampai peningkatan ekspor dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) mini juga akan dilaksanakan. Dia menambahkan, ada juga bantuan peningkatan SDM terkait pelatihan tentang budidaya yang baik dan beasiswa kepada anak-anak pekebun mengenai masalah sawit.

"Makanya kita membutuhkan dukungan dari Pak Wagub Sumut," pungkasnya.

Turut hadir dalam audensi ini, Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  Bahruddin Siregar, Kepala Dinas Kehutanan Herianto, Kepala Dinas Perkebunan Lies Handayani Siregar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan M Azhar Harahap serta Kepala UPT BIAPL Dinas Kelautan dan Perikanan M Riza Kurma Lubis.

Editor: Herda

T#g:PSRpetanisawit
Berita Terkait
  • Jumat, 24 Sep 2021 03:24

    Dorong Modernisasi Pertanian di Humbahas, Gubernur Edy Minta ada Kolaborasi Lintas Sektor

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendorong agar modernisasi bisa diwujudkan di Kabupaten Humbanghasundutan (Humbahas) sebagai daerah agraris. Untuk itu, diperlukan adanya pembangunan pert

  • Kamis, 15 Jul 2021 20:15

    Kenangan Anggota Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bantu Angkut Panen Sawit Warga

    Anggota Satgas Kodim 0204/Deliserdang telah pun kembali ke satuannya masing-masing setelah kegiatan TMMD ke-111 TA 2021 resmi ditutup pada Rabu (14/7/2021) kemarin.Selama satu bulan kegiatan TMMD dige

  • Jumat, 09 Jul 2021 19:09

    Sasaran Fisik Hampir Tuntas, Satgas TMMD Bantu Bersihkan Limbah Sawit

    Setelah sasaran fisik banyak yang tuntas dikerjakan, para personel Satgas TMMD ke-111 Kodim 0204/DS yang turun untuk membantu warga.Bermacam cara dilakukan Satgas di tengah-tangah warga Desa Mabar, Ke

  • Senin, 28 Jun 2021 12:58

    Agar Jembatan Mampu Dilalui Truk Sawit, Ini yang Dilakukan Satgas TMMD Kodim 0204/DS

    Jembatan yang dibangun Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS dirancang mampu untuk menahan beban berat semisal truk pengangkut sawit. Untuk tujuan itulah, saat ini personel Satgas sedang melak

  • Kamis, 24 Jun 2021 14:54

    Satgas TMMD Kodim 0204/DS Beri Masukan Agar Warga Bisa Kembangkan Usaha Pelepah Sawit

    Selain kewajiban melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana, selama pelaksanaan TMMD ke-111 Kodim 0204/DS banyak pelajaran yang diperoleh Satgas dari warga Desa Mabar, Kecamatan Bangun Purba, Kabup

  • Selasa, 22 Jun 2021 16:12

    Gandeng Distan, Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bekali Warga Ilmu Pertanian

    Bersama Dinas Pertanian Pemkab Deliserdang, Satgas TMMD 111 Kodim 0204/Deliserdang menggelar penyuluhan pertanian di Aula Kantor Desa Ujung Rambe Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deliserdang, Selasa (

  • Minggu, 06 Jun 2021 09:16

    Pacu Semangat Petani Terong, Babinsa 03/Tebas Langsung Turun Ke Kebun

    Guna mendekatkan diri kepada warga desa binaan, Babinsa Koramil 03/Tebas, Kodim 1208/Sambas, Sertu Agus Subroto melaksanakan Komsos dan pendampingan kepada petani Terong Asam di Desa Sempadian, Kecama

  • Rabu, 14 Apr 2021 12:23

    Petani Muda Inisiasi Kegiatan Rembug Nusantara

    Para anak muda bertemu secara daring dan saling berbagi pengalaman mendiskusikan isu-isu pertanian dalam acara bertajuk "Rembug Nasional Petani Muda Nusantara", Sabtu (10/4).

  • Senin, 29 Mar 2021 21:59

    Panen Bersama Sekaligus Bantu Petani, Sektor Pertanian Tebing Tinggi Diharap Terus Produktif

    Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat petani selama situasi pandemi Covid-19 dan untuk mendukung program kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Pemko Tebing Tinggi beserta unsur Forkopimda Ko

  • Minggu, 07 Mar 2021 07:27

    Puluhan Tanaman Bibit Sawit Di Perkebunan PTPN III Membang Muda Terancam Mati

    Sungguh tampak memperihatinkan kondisi kebun Negara ini, kebijakan yang diambil oleh Zudha Iskandar SP selaku Manager PTPN III Perkebunan Negara kebun Membang Muda yang berlokasi di Aek Kanopan kabupa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak