Jumat, 14 Mei 2021 02:43

Bank Sampah Masjid Ar-Rivai diluncurkan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Alfian
Sabtu, 21 Nov 2020 22:21
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Veri Ardian
Peresmian Bank Sampah sekaligus peletakan batu pertama pembangunan menara Masjid Ar-Rivai di Jalan Sisingamangaraja Medan, Jumat (20/11/2020). 
Persoalan sampah menjadi salah satu perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Karena itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi inisiatif masyarakat, instansi atau lembaga untuk mengatasi masalah sampah di daerah ini.

Seperti Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Ar-Rivai di Jalan Sisingamangaraja KM 7 yang merupakan masjid pertama berinisiatif membentuk bank sampah di Kota Medan. Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi inisiatif pengurus masjid yang mau membentuk bank sampah dan berharap diikuti masjid-masjid yang ada di Sumut.

"Pengelolaan sampah oleh masyarakat di Sumut itu masih 21%. Kita tentu berharap semakin banyak masyarakat atau lembaga yang melakukan kegiatan pengelolaan sampah, dan ini masjid pertama di Sumut yang mengelola sampah. Di Sumut ada sekitar 2.400 masjid. Bila semua masjid melakukan hal yang sama, tentu akan sangat membantu pemerintah mengurangi masalah sampah," kata Edy Rahmayadi, usai melepas mobil Bank Sampah Masjid Ar-Rivai, Jumat (20/11).

Edy meminta masyarakat memanfaatkan bank sampah ini, karena dengan adanya bank sampah maka sampah bisa diubah menjadi barang bernilai ekonomi. Dengan begitu, selain menghasilkan nilai ekonomi, lingkungan juga terjaga kebersihannya.


"Jangan buang sampah sembarangan. Tempatkan sampah pada tempatnya dan ini bisa menjadi pendapatan tambahan untuk masyarakat bila dimanfaatkan dengan benar," tambah Edy.

BKM Masjid Ar-Rivai saat ini menggabungkan bank sampah dengan program ATM Beras yang sudah berjalan selama 9 bulan. Ada 70 jemaah yang saat ini mengikuti program ATM Beras dan 70 jemaah tersebut wajib memberikan sampah kepada pengurus.

Kegiatan di atas telah berjalan selama empat bulan dan dari 70 jemaah ATM Beras tersebut, menurut Ketua BKM Masjid Ar-Rivai Ikrom Helmi Nasution, telah terkumpul 276 Kg. Dari 276 sampah yang sudah dipilah tersebut menambah 10 jemaah ATM Beras.

"Bila dikonversi ke rupiah itu sekitar Rp1.100.000. Dari jumlah tersebut menambah peserta penerima ATM Beras 10 orang. Hanya saja, dengan angka tersebut 10 orang ini hanya menjadi penerima ATM beras selama satu bulan. Jadi kita harap peserta terus menyetorkan sampah secara berkesinambungan dan bertambah banyak, sehingga penerima ATM Beras kita terus berjalan dan Insya Allah bertambah banyak," kata Helmi.


Ketua Umum Pimpinan Pusat Taman Pendidikan Islam (PP TPI) Ismet Danial berharap kegiatan ini terus mendapat dukungan dari pemerintah dan bisa terus berjalan. Menurutnya ini akan sangat membantu masalah lingkungan dan juga masalah ekonomi.

"Kita tentu ingin program ini terus berjalan. Karena itu, dukungan pemerintah dan masyarakat sangat dibutuhkan. Ini sangat membantu masalah lingkungan dan kita harapkan mampu menjadi pendongkrak ekonomi ummat," kata Ismet.

Peluncuran bank sampah masjid Ar-Rivai ditandai dengan melepaskan mobil pengangkut sampah. Selain meluncurkan program Bank Sampah Masjid Ar-Rivai, Edy Rahmayadi juga meletakkan batu pertama untuk pembangunan menara masjid setinggi 27 meter.

"Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Gubernur yang memiliki kepedulian tinggi atas lingkungan. Dan kami juga berterima kasih Baapak Gubernur mau bersedekah untuk pembangunan menara masjid Ar-Rivai," terang Ismet.

Editor: Herda

T#g:SampahMasjid
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 21:12

    Antisipasi Penularan Covid-19 Saat Hari Raya Idul Fitri, Kapolresta Pekanbaru Datangi Masjid

    Semakin tingginya angka penularan Covid-19, menjadikan kegiatan masyarakat harus dibatasi, termasuk pada saat Hari Raya Idul Fitri. Demi mencegah hal itu, Kapolresta Pekanbaru mendatangi Masjid-masjid

  • Jumat, 07 Mei 2021 21:17

    Kapolres Sergai Jumat Barokah, Beri Bantuan Sembako Kepada Jemaah Masjid Baihatul Islam Firdaus

    Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH M.Hum membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid19 di halaman Masjid Baihatul Islam, Dusun XIV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (07/05/2021).

  • Rabu, 05 Mei 2021 07:45

    Pengrusakan Masjid di Medan, Ketua DMI: Pelakunya mengaku sebagai BKM

    Pengrusakan Masjid Al Badar yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan, yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab beberapa hari lalu, membuat sejumlah masyarakat dan tokoh agama, sangat prihatin.

  • Selasa, 04 Mei 2021 05:04

    Masjid Dapat Berperan Cegah Penularan Covid-19 dan Pulihkan Perekonomian

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, masjid dapat berperan mencegah penularan Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian umat yang terpukul akibat pandemi.

  • Sabtu, 01 Mei 2021 07:00

    Tingkatkan Perekonomian, Pemko Medan Wujudkan Masjid Mandiri

    Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Hal ini dikarenakan jumlah masjid yang banyak di Kota Medan sehingga kedepannya masjid akan memiliki ba

  • Kamis, 29 Apr 2021 03:29

    Penanganan Sampah di Medan Dilimpahkan ke Camat dan Lurah

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM menyatakan, mulai Rabu (28/4/2021), penanganan sampah yang selama ini dikelola Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan dilimpahkan kepada kecamatan.

  • Kamis, 22 Apr 2021 08:22

    Personel Satgas Yonif 642 Bersama Warga Bersihkan Masjid

    Memasuki hari ke-8 bulan suci Ramadhan, personel Pos Kotis Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 642/Kapuas melaksanakan karya bakti pembersihan Masjid Istiqomah bersama warga di Dusun Entikong, Desa Entiko

  • Sabtu, 17 Apr 2021 10:17

    Wakil Wali Kota Semarang Kunjungi Istana Maimun dan Masjid Raya Al Mashun

    Usai Sharing Knowledge Percepatan Penataan Kota Lama Kesawan Medan dari Revitalisasi Kota Lama Semarang, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengajak Wakil Wali Kota Semarang Hevearita

  • Jumat, 16 Apr 2021 19:06

    Polsek Parongil Bersama Forkopimca Gotong Royong Bersihkan Masjid

    Menciptakan lingkungan yang bersih dan mencegah penularan Covid-19, Polsek Parongil bersama Forkopimca, Koramil 03/Parongil dan Pemerintah kecamatan Lae Parira serta Desa Sumbul dan masyarakat, Jumat

  • Rabu, 14 Apr 2021 13:34

    3 Pelaku Curanmor di Masjid Muslim Diringkus Polsek Medan Area

    Pelaku spesialis pencurian kendaraan sepeda motor (Curanmor) diparkiran Mesjid Muslim berhasil diringkus Reskrim Polsek Medan Area, Kamis (8/4/2021).Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chaniago didampin

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak