Minggu, 25 Agu 2019 04:16
  • Home
  • Politik
  • Bakamla RI- Japan Coast Guard Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Keamanan Maritim

Bakamla RI- Japan Coast Guard Tingkatkan Kerja Sama Bilateral Keamanan Maritim

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Rabu, 27 Mar 2019 07:27
Humas Bakamla
Bakamla dan Japan Coast Guard melakukan pembahasan draft Memorandum of Cooperation (MoC) di ruang rapat Podcast, Mabes Bakamla Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2019).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama keamanan maritim antara Pemerintah Indonesia dengan Jepang pada 21 Desember 2016. Pada saat itu kerja sama dituangkan dalam Memorandum of Cooperation di Tokyo, yang menyepakati adanya Pembentukan "Indonesia Japan Maritime Forum (IJMF)."

Rapat dibuka oleh Kepala Subdirektorat Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc., dan dihadiri oleh Kabid Kerjasama Asia Pasifik Kemlu Ira Rachmawati, Pabanda Kerma Multi Sopsal Koarmada I Mayor Laut (P) Eko Triyatomo, Perwakilan Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian International Kemlu Blandina Rva Pella, Perwakilan Polairud AKP Toto Hadi P dan AKP Rishan Indarso.

Rapat membahas mengenai isi draft MoC antara Japan Coast Guard dan Bakamla dengan cakupan bidang kerjasama yang dibahas antara lain pertama, peningkatan kapasitas terkait keamanan dan keselamatan maritim melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, workshop dan seminar. Kedua, mengadakan pertemuan tahunan. Ketiga, membangun komunikasi. Keempat, sharing informasi komunikasi dan kelima adalah kegiatan lain berdasarkan kesepakatan bersama.

"Diharapkan Bakamla dapat menganggarkan di dalam DIPA Bakamla untuk terselenggaranya kerjasama dimaksud", saran Ira Rachmawati.

Hasil pembahasan draft MoC ini akan dilaporkan secara tertulis dan berjenjang ke pimpinan tinggi Bakamla, Kemlu, Polairud dan Mabes AL serta draft ini akan dibawa Presiden pada saat kunjungan ke Jepang.

Turut hadir pejabat Bakamla Direktur Latihan Laksma Bakamla Yehezkiel Katiandagho, S.E.,M.M., dan Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Bakamla Irwan Shobirin.

Editor: Tommy

T#g:jepang
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Agu 2019 01:21

    Wali Kota Harap Pelajar Ichikawa Selalu Ingat Kota Medan

    Kota Medan sangat terbuka dan menyambut baik kerjasama dalam setiap bidang dengan Kota Ichikawa. Tidak hanya bidang pendidikan saja, tetapi juga bidang ekonomi, kesenian, budaya dan pariwisata. Di sam

  • Selasa, 13 Agu 2019 23:13

    8 Pelajar Asal Kota Ichikawa Magang Di Sejumlah Sekolah

    Sebanyak 8 pelajar berasal dari Kota Ichikawa, Jepang mengunjungi Balai Kota Medan, Selasa (13/8). Kunjungan dilakukan dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan Sister City anta

  • Selasa, 26 Mar 2019 07:26

    Thai Lion Air Terbang Langsung dari Bangkok Don Mueang ke Osaka

    "Menawarkan koneksi penerbangan terbaik wisatawan asal Indonesia dari Soekarno-Hatta, Tangerang dan Denpasar, serta alternatif perjalanan bagi travelers Jepang ke Indonesia."

  • Senin, 04 Mar 2019 19:04

    Malindo Air Mengumumkan Penerbangan Perdana ke Hokkaido, Jepang

    Malindo Air akan memulai layanan baru rute internasional dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Hokkaido, Jepang mulai 23 Maret 2019.

  • Selasa, 11 Des 2018 08:51

    Bakamla RI Terima Kunjungan Kerja Sekretariat Keamanan Nasional Jepang

    Delegasi Sekretariat Keamanan Nasional Jepang (Japan's National Security Secretariat/Japan's NSS) melaksanakan kunjungan kerja di Markas Komando Badan Keamanan Laut RI, Jalan Proklamasi No.

  • Senin, 16 Jul 2018 14:16

    Dirlat Bakamla RI: Latihan Bersama Bakamla-Jepang Sukses

    Direktur Latihan Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si., menyampaikan latihan bersama Bakamla RI dengan satuan penjaga laut Jepang atau yang disebut Japan Coast Guard sukses berk

  • Jumat, 13 Jul 2018 09:13

    Japan Coast Guard Pererat Hubungan Kerjasama dengan Bakamla RI

    Japan Coast Guard (JCG) makin pererat hubungan kerjasama operasi dan latihan bidang keselamatan dan keamanan maritim dengan Bakamla RI.

  • Senin, 09 Jul 2018 22:09

    Direktur Latihan Bakamla Sambut Hangat JCG CO of Tsugaru di Dermaga JICT 2

    Direktur Latihan Bakamla Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono, S.E., M.Si. menyambut hangat kedatangan Japan Coast Guard (JCG) Commanding Officer of Tsugaru PLH 02 Capt. Suzuki Hirohisa yang baru saja

  • Senin, 09 Jul 2018 12:09

    Kasubdit Garopsla Bakamla RI Mantapkan Rencana Operasi Latihan Bersama dengan Japan Coast Guard

    Kepala Subdirektorat Penyelenggaraan Operasi Laut (Kasubdit Garopsla) Bakamla RI Kolonel Laut (P) Imam Hidayat memantapkan rencana operasi dan latihan bersama dengan Coast GUARD Jepang dengan menggela

  • Kamis, 03 Mei 2018 10:53

    AirAsia X Indonesia resmikan penerbangan perdana Jakarta-Tokyo Narita

    AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) hari ini meresmikan pengoperasian rute baru yang menghubungkan Jakarta, Indonesia, dan Tokyo Narita, Jepang, menjadikannya satu-satunya maskapai berbiaya hema

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak