Senin, 19 Apr 2021 09:32
  • Home
  • Politik
  • Aulia Rachman Cek Ketersediaan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok Kota Medan

Aulia Rachman Cek Ketersediaan dan Kestabilan Harga Bahan Pokok Kota Medan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 07 Apr 2021 19:27
Istimewa
Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman SE memimpin rapat pembahasan ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok di kota Medan, di Kantor Wali Kota Medan, Rabu (7/4/2021).

Rapat ini turut dihadiri oleh pimpinan OPD di kota Medan diantaranya Kapala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Ir. Emilia Lubis dan Kepala Dinas Perdagangan Kota Medan, Dammikrot, S.Sos.,M.Si. 

Selain itu hadir juga Kepala KPPU Kantor Wilayah I Medan, Ramli Simanjuntak, pimpinan Perum Bulog cabang Medan, Rudy Adlyn, unsur forkopimda kota Medan, perwakilan dari BI dan para distributor di bidang bahan pangan pokok.


Melalui rapat tersebut Wakil Wali Kota Medan mengingatkan kepada para distributor agar memberikan kualitas bahan pangan pokok yang terbaik kepada masyarakat dan melakukan pengawasan terhadap barang yang masuk ke kota Medan khususnya yang melalui pelabuhan.

"Ini berkaitan dengan cost logistik, karena apabila cost logistik semakin tinggi maka mempengaruhi pangsa pasar."kata Wakil Wali Kota Medan.

Wakil Wali Kota Medan menginginkan ini menjadi prioritas utama khususnya di bulan suci Ramadhan, karena Wakil Wali Kota Medan tidak ingin terjadinya hambatan bongkar muat cargo yang masuk ke Pelabuhan yang dapat mengakibatkan bertambahnya cost logistik dari bahan pangan pokok tersebut.


Untuk itulah Wakil Wali Kota Medan berpesan kepada seluruh peserta rapat agar dapat saling berkolaborasi dan memastikan ketersediaan bahan pokok di kota Medan terjamin sampai waktu yang di tentukan.

"Kita semua harus saling berkolaborasi termasuk melibatkan DPRD dalam segi pengawasan, ini penting agar kita dapat tetap menjalin komunikasi yang baik sehingga distribusi dan ketersediaan bahan pokok di kota Medan tetap terjamin."pesan Wakil Wali Kota Medan.

Disamping itu Wakil Wali Kota Medan kembali mengingatkan kepada para distributor agar jangan sampai mengambil keuntungan yang terlalu tinggi termasuk mengurangi jumlah dan kualitas dari bahan pokok tersebut, apalagi sampai menimbum barang.

"Ini yang selalu menjadi kendala kita setiap memasuki bulan suci ramadhan harga selalu melambung tinggi, karenanya saya minta kepada distributor jangan lagi menimbun barang lalu mengeluarkan barang pada saat bersamaan, berikan hak itu kepada masyarakat, apalagi ini masih dalam situasi pandemi covid-19," pesan Wakil Wali Kota Medan.


Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Ir. Emilia Lubis menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi lonjakan harga khususnya di bulan suci Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan melakukan operasi pasar dengan meninjau pasar-pasar tradisional dan juga pasar modern seperti mall. Selain itu Emilia juga memaparkan ketersediaan bahan pokok yang ada di kota Medan hingga saat ini masih mencukupi, begitu juga dengan harga juga relatif stabil.

"Dari ketersediaan barang kita masih sangat cukup, harga juga sampai saat ini belum terjadi kenaikan, masih relatif stabil."jelas Emilia Lubis.

Dalam rapat ini juga didengarkan pernyataan dari masing-masing distributor bahan pokok mengenai ketersediaan barang. Dimana masing-masing distributor ayam, daging sapi, minyak goreng, bawang, gula dan cabe di kota Medan menyampaikan stock masih mencukupi hingga satu bulan kedepan.
Editor: Budi

T#g:Aulia RachmanSembako
Berita Terkait
  • Kamis, 15 Apr 2021 06:55

    Berbagi Kasih, Satgas Yonif 512 Bagikan Sembako Di Perbatasan Papua

    Sebagai wujud kepedulian dan cita kasih kepada masyarakat yang ada di perbatasan Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY Pos Kalilapar berbagi kasih dengan mambagikan sembako ke rumah-rumah d

  • Rabu, 14 Apr 2021 18:14

    Stok bahan pokok di Binjai cukup, harga stabil

    Belum adanya kenaikan harga yang signifikan untuk kebutuhan bahan pokok di Pasar Tradisional yang ada di Kota Binjai, juga dibenarkan oleh Kasi Perdagangan Dalam dan Luar Negeri Disperindag Kota Binja

  • Rabu, 14 Apr 2021 17:44

    Satgas Pangan Akhirnya Sidak Ke Sejumlah Pasar di Kota Binjai, Ini Hasilnya

    Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota Binjai, akhirnya melakukan peninjauan atau Sidak (Inspeksi mendadak) ke Pusat Pasar Tradisional dan Pusat Pasar Modern yang ada di Kota Binjai, Senin (12/4) kemar

  • Senin, 12 Apr 2021 17:42

    Aulia Rachman Ajak MUI Kota Medan berkolaborasi Wujudkan Visi Misi Pemerintah

    Sebagai organisasi alim ulama, Pemko Medan mengajak MUI Kota Medan untuk berkolaborasi dalam mewujudkan visi misi Kota Medan, salah satunya dalam memberdayakan dan meningkatkan perekonomian umat melal

  • Senin, 05 Apr 2021 21:45

    Aulia Rachman: Pemko Ajak HIPMI Datangkan Investor Ke Kota Medan

    Pemko Medan berkomitmen menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk pembangunan kota. Salah satunya dengan mempermudah perizinan dan tanpa ada pungutan. Oleh karena itu Pemko Medan mengajak Himpunan

  • Rabu, 31 Mar 2021 12:41

    Guna Meringankan Beban Warga Di Masa Pandemi, Polresta Deli Serdang Bagikan Sembako

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi, SIK bagikan sembako berupa bahan pokok kepada Organisasi Aisyiyah Muhammadiyah Deli Serdang, Selasa (30/03/2021)."Melalui pembagian sembako ini, kita b

  • Kamis, 18 Mar 2021 19:18

    Aulia Rachman Pimpin Rapat Forum Perangkat Daerah Dinas PU Kota Medan

    Infrastruktur merupakan salah satu program utama yang menjadi perhatian khusus Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM sebagaimana yang tertuang dalam Visi Misi. guna mewujudkannya diperluk

  • Rabu, 10 Mar 2021 21:00

    Aulia Rachman Dorong Produk UMKM Medan Masuk e-Market Place

    Pemko Medan mendorong dan memprioritaskan produk-produk UMKM untuk masuk e market place atau penyelenggaraan perdagangan melalui program Belanja Langsung Pengadaan atau Bela Pengadaan.

  • Sabtu, 23 Jan 2021 19:23

    Bersinergi, Satgas Pamtas Yonif 642 Bagikan Sembako Bagi Warga Dusun Kinda

    Mantapkan sinergitas bersama Polisi dan Aparat Pemerintah Desa Sentabeng, Satgas Pamtas Yonif 642/Kapuas terjun langsung dalam pembagian bantuan sembako bagi warga wilayah perbatasan yang terdampak ba

  • Minggu, 10 Jan 2021 13:50

    BST Tahap 10 Disalurkan, Walikota Tebing Tinggi Tegaskan Hanya Untuk Beli Sembako

    Bantuan Sosial Tunai (BLT) tahap 10 resmi disalurkan di Kota Tebingtinggi. Sebanyak 7.730 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 5 kecamatan bakal menerima bantuan uang tunai senilai Rp.300 ribu perbulan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak