Selasa, 22 Jan 2019 06:09
  • Home
  • Politik
  • 3 Perda Disahkan DPRD Sumut, Gubsu Harapkan Bermanfaat

3 Perda Disahkan DPRD Sumut, Gubsu Harapkan Bermanfaat

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dian/Rls
Jumat, 21 Des 2018 06:21
Istimewa
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengharapkan tiga Peraturan Daerah (Perda) yang baru disahkan DPRD Sumut dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara (Sumut) secara keseluruhan. Sehingga Sumut menjadi lebih sejahtera dan bermartabat.

Hal itu disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi ketika menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sumut yang dipimpin Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, tentang pengesahan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Sumut, Medan, Kamis (20/12).

Tiga Perda yang disahkan tersebut adalah Perda tentang Penambahan Penyertaan Modal ke PT Bank Sumut, Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Provinsi Sumut tahun 2018-2038,  dan Perda tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dari Tindak Kekerasan. "Semoga dengan disahkannya tiga Perda ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat Sumatera Utara, dalam rangka menjadikan Sumatera Utara yang bermartabat," kata Gubsu.

Gubsu mengatakan, penambahan penyertaan modal pada PT Bank Sumut diharapkan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemprovsu. Selain itu, penambahan modal juga diharapkan dapat mendorong percepatan pengembangan bisnis perbankan. "Seperti pengembangan sistem teknologi informasi terbaru, peningkatan kompetensi SDM, memperluas jaringan kantor, dan lain sebagainya," kata Gubsu.

Tentang Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Gubsu mengharapkan, Perda tersebut bisa memberikan perlindungan yang kuat kepada lingkungan pesisir maupun pulau-pulau kecil yang ada di Sumut. "Apalagi Sumatera Utara memiliki luas wilayah pesisir yang cukup besar, yakni 110.000 km persegi," ujarnya.

Perda tersebut, kata Gubsu, antara lain juga bertujuan mendorong pemanfaatan potensi sumber daya yang ada di pesisir secara optimal, berkelanjutan dan berkeadilan, serta merehabilitasi dan menjaga kualitas lingkungan.

Sementara itu, tentang Perda Perlindungan Perempuan dan Anak, diharapkan dapat melindungi hak-hak perempuan dan anak pada masyarakat Sumut untuk tetap mendapat perlindungan yang layak. Adapun fasilitas yang digunakan untuk itu di antaranya, pelayanan pengaduan, kesehatan, psikologis, hukum, pengamanan, rehabilitasi, hingga reintegrasi sosial dari Pemprovsu.

Untuk itu, Edy Rahmayadi berterima kasih atas disahkannya Perda yang diajukan oleh Pemprovsu tersebut. "Saya sampaikan rasa hormat dan rasa terima kasih yang tak terhingga atas dukungan yang telah diberikan," ujarnya.

Sebelumnya, di tempat yang sama juga digelar Rapat Paripurna Istimewa DPRD SU tentang peresmian dan pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Sumut Penganti Antar Waktu (PAD) sisa masa jabatan 2014-2019 atas nama Royana T Marpaung dan Abdul Manan Nasution. Royana T Marpaung menggantikan Januari Siregar dari partai PKPI yang tergabung dalam Fraksi Persatuan Keadilan Bangsa, sedangkan Abdul Manan Nasution menggantikan Parlinsyah Harahap dari Fraksi Gerindra.

"Saya yakin dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman dua anggota DPRD yang baru dilantik, keduanya akan mampu berdampingan dengan kami guna mendorong pembangunan Sumatera Utara yang bermartabat," ujar Gubsu.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman mengucapkan selamat datang kepada keduanya. "Atas nama pimpinan mengucapkan selamat datang dan selamat bekerja dan mengabdi sebagai anggota DPRD semoga dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan dan kemajuan di Sumatera Utara," ujarnya.
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut, pimpinan dan anggota DPRD Sumut, mewakili Forkopimda, OPD Pemprovsu dan undangan lainnya.
Editor: Dito

T#g:dprdsuPerda
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 04 Jan 2019 12:44

    Sebelas Ranperda Disahkan DPRD Palas

    Sebelas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Padang Lawasdisahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Bupati Palasmenjadi Peraturan Daerah (Perda), Kamis (3/1/19) sore di ruang Pa

  • Rabu, 17 Okt 2018 19:17

    Silaturrahmi Konsulat Jenderal Republik Tiongkok dengan Pimpinan DPRD Sumut

    Konsulat Jenderal Republik Tiongkok Mr. Sun Ang menerima kehadiran Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos  dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, di Rumah Dinas Konsulat Jenderal Ti

  • Kamis, 13 Sep 2018 17:03

    Plt. Bupati Labuhanbatu Sampaikan Jawaban Atas Dua Ranperda Di DPRD

    Plt Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT yang diwakili Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (13/9/2018) yang dipimpin Ketua DPRD Dahlan

  • Selasa, 24 Jul 2018 19:24

    Walikota Sampaikan Nota Pengantar Ranperda Tentang LPP APBD

    Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam hal ini diwakili Wakil Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Oki Doni Siregar menyampaikan nota pengantar Rancangan Perda tentang laporan pertanggungj

  • Rabu, 04 Jul 2018 20:44

    KPK Tahan Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya resmi menahan 3 dari 38 mantan Anggota DPRD Sumut yang sudah menjadi tersangka sejak Maret 2018 lalu.

  • Selasa, 05 Jun 2018 20:05

    Berbuka Puasa Bersama, Momentum Meningkatkan Sinergitas

    Kegiatan berbuka puasa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara (Sumut) merupakan momen untuk menguatkan silaturahmi. Serta untuk

  • Senin, 02 Apr 2018 19:02

    Penetapan Tersangka 38 Anggota DPRD Sumut, GMKI: KPK Masih "Tebang Pilih"

    Menanggapi isu terkini yang disorot sejumlah media cetak dan online terkait surat Deputi Penindakan KPK Aris Budiman yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, pada Jum'at (29/3/2018),

  • Jumat, 19 Jan 2018 07:19

    PT. Bank Sulselbar Cabang Kepulauan Selayar Sponsori Sosialisasi Perbup

    Sosialisasi peraturan Bupati (Perbup) tentang tata cara pelaksanaan pertanggung jawaban transaksional non tunai pada semua tingkatan bendahara organisasi perangkat daerah (OPD) oleh keuangan daerah di

  • Senin, 01 Jan 2018 19:11

    Muslim Simbolon: Tengku Erry Nuradi Dua Periode

    Gubsu Tengku Erry Nuradi diupah-upah dan menerima dukungan dari perkumpulan masyarakat Gerakan Asahan Sejahtera (GAS) di Lapangan Hoki Kisaran, Kabupaten Asahan, Minggu (31/12/2017) malam.Ketua Dewan

  • Selasa, 19 Des 2017 19:59

    Paripurna DPRD Taput Sepakati Pengajuan Dua Ranperda

    Rapat Paripurna DPRD Kabupaten​ Tapanuli Utara (Taput), yang dilaksanakan di ruang Paripurna DPRD di Tarutung, Selasa, (19/12), akhirnya menyepakati 2 (dua) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak