Senin, 19 Apr 2021 01:03
  • Home
  • Pendidikan
  • Webinar Internasional PP GMKI: The Impact Of COVID-19 Toward Global Education System

Webinar Internasional PP GMKI: The Impact Of COVID-19 Toward Global Education System

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 01 Mar 2021 10:11
Istimewa
The Impact Of COVID-19 Toward Global Education System, menjadi topik webinar yang diselenggarakan Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Minggu, 28 Februari 2020.

Webinar ini melibatkan anak bangsa yang sedang melanjutkan pendidikan tingkat tinggi di berbagai belahan bumi sebagai narasumber, diantaranya, Dimas Haris Sean selaku Perhimpunan Pelajar Indonesia South Korea, Nisrina Husna selaku Perhimpunan Pelajar Indonesia France, Aldion Tampubolon (Indonesian Student In Germany) dan Isten Sweno Tamba (Indonesian Student In Netherland), serta yang menjadi Keynote Speaker Dr. (H.C.) Helmy Faishal Zaini, S.T., M.Si selaku Sekjend Pengurus Besar Nahdlatul Ulama-PBNU.

Opening speech disampaikan langsung oleh Jefri Gultom selaku Ketua Umum PP GMKI. "Dampak yang dialami oleh masing-masing negara adalah di bidang ekonomi, sosio-budaya tak terlepas bidang pendidikan sekolah, kampus, tempat ibadah dan sarana umum lainnya semua ditutup dan digantikan dengan aktivitas dari rumah dengan menggunakan media online atau E-Learning," ujarnya.

Menurutnya, Platform Learning Management System menjadi andalan dalam proses belajar mengajar secara daring yang selanjutnya dunia pendidikan di era networking cociety menjadi supporting process. Diharapkan melalui kiat ini adanya evaluasi serta solusi yang dapat dilakukan guna meminimalisir kendala dan permasalahan yang dihadapi mahasiswa maupun dunia pendidikan Indonesia dan Global. 




"Harapan terbesarnya adalah kolaborasi GMKI dengan PBNU, GMKI dengan PPI, GMKI dengan para kader yang ada diluar negeri terus berlanjut untuk mewujudkan Indonesia yang dicita-citakan," sebut mahasiswa pascasaraja Universitas Indonesia itu.

Mengutip riset ISEAS 2020, Helmy Faishal Zaini mengatakan, "40% Penduduk Indonesia yang punya akses internet 69% siswa kehilangan akses pendidikan dan pembelajaran, hanya keluarga mampu yang dimudahkan dengan sistem pembelajaran jarak jauh dan potret pendidikan di masa pandemi membuka tabir ketimpangan digital yang ada di Indonesia." 

"Pendidikan abad 21, pendidikan adalah jalan untuk masa depan, namun pendidikan bukan hanya soal kemampuan akademis, karakter, kreativitas dan hal-hal lain yang tak berkaitan dengan ilmu akademis menjadi kelengkapan mutlak yang diperlukan," tegasnya.


World Econommi Forum mengeluarkan laporan tentang 16 unsur bekal pendidikan seseorang pada abad 21. Dari 16 unsur tersebut, 12 diantaranya tergolong kemampuan belajar sosial dan emosional.

Dalam pemaparan, para narasumber menyampaikan berbagai penerapan strategi dan upaya efesisensi berjalannya proses pembelajaran di tengah pandemi covid-19, seperti Dimas Haris Sean, bahwa Korea sebagai negara industri benar-benar menjadikan teknologi sebagai budaya dalam proses penerapan pembelajaran dan telah tersedianya CYBNIVERSITIER UES, bahkan sebelum covid-19 muncul.

Nisrina Husni menyampaikan pemerintah sangat konsen pada pelajar baik terhadap warganegaranya atau pelajar yang berasal di luar dari negaranya untuk kemudian diberi solusinya, mulai dari tempat tinggal, makanan dan minuman, kesulitan untuk memiliki laptop atau akses intenet hingga psikologinya yang memang sangat terdampak pada negara-negara eropa.


"Banyak pelajar yang mendapatkan Soutien Financier (bantuan beasiswa) seperti biaya pendaftaran yang dibekukan hingga pelajar yang telah lulus pun tetap mendapat beasiswa 70% dengan program 1 pemuda 1 solusi", jelasnya.

Aldion Tampubolon melalui virtual diskusi yang dilaksanakan GMKI, mengatakan, dampak pandemi covid-19 terhadap pendidikan di Jerman dan Indonesia sangat mempengaruhi sistem belajar, fasilitas hingga sosio emosional, penegasannya adalah pendidikan vokasi sebagai ujung tombak ekonomi Jerman.

Kemudian Isten Sweno Tamba mengatakan saat ini kita tidak bisa menggeneralisir baik buruknya sistem pendidikan sebuah negara karena pandemi Covid-19. "Namun dalam kondisi yang sulit ini kita harus bersama-sama mencari jalan keluar yang terbaik, dengan sistem yang kontekstual terhadap negara tersebut," tutupnya.
Editor: Bungaran Saragih

T#g:digitalPP GMKIWebinar
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Apr 2021 15:17

    Alcatel-Lucent Enterprise Dukung Masa Depan Digital Inklusif di Asia Pasifik Pasca Pandemi

    Alcatel-Lucent Enterprise, provider terkemuka untuk komunikasi, jejaring, dan solusi awan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, menggelar Asia Pacific (APAC) Government Experience Day 2021 - seb

  • Sabtu, 10 Apr 2021 09:10

    Perluas Jangkauan Pasar, Nawal Minta UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

    Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung program des

  • Senin, 05 Apr 2021 20:05

    Perluas Transaksi Digital, Pemprov Sumut Bentuk TP2DD

     Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) terus mendukung upaya percepatan dan perluasan digitalisasi daerah, terutama implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

  • Selasa, 16 Mar 2021 20:16

    Wali Kota Medan Launching Pembayaran Uji KIR melalui Non Tunai

    Pembayaran biaya Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) di Kota Medan kini semakin mudah. Pembayaran uji KIR tersebut sudah bisa dilakukan secara non tunai. Artinya pembayaran bisa dilakukan dimana dan ka

  • Senin, 08 Mar 2021 13:48

    GMKI dan SCM Australia Gelar Webinar Internasional: The Myanmar Coup And The Threat To Democracy

    Webinar Internasional yang diselenggarakan oleh Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia dan Australia, dibanjiri banyak pujian dan dukungan dari banyak negara yang hadir, umumnya berasal dari Negara-negar

  • Sabtu, 27 Feb 2021 20:57

    Satgas TNI Yonif 413 Kostrad Wujudkan Anak Perbatasan RI-PNG Melek Digital

    Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad melalui Pos Muara Tami mengajarkan anak-anak Perbatasan Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura mengoperasionalkan komputer dengan meng

  • Kamis, 25 Feb 2021 09:25

    Guru Besar USU Hingga Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Isi Webinar Kaum Milenial Indonesia

    24 Februari 2021, Kaum Milenial Indonesia Wilayah Tapanuli Utara menggelar Webinar yang bertajuk "Surat Usul Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya Telah Diterima Oleh Presiden, Bagaimana Langkah

  • Selasa, 23 Feb 2021 19:23

    Kepala Perpusnas RI Jalin Kerjasama dengan 4 Perguruan Tinggi Sekitar Danau Toba

    Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menjalin kerjasama peningkatan indeks literasi masyarakat dengan empat pergururuan tinggi sekitar kawasan Danau Toba, yakni. Sekolah Tinggi Agama Islam Al I

  • Senin, 21 Des 2020 17:51

    IRFCD Laksanakan Seminar Ketahanan Pangan

    Pemuda dan mahasiswa milenial yang tergabung dalam Institute Research For Community Development (IRFCD) melaksanakan seminar tentang ketahanan pangan dengan tema "Ketahanan pangan di tengah pandemi" y

  • Sabtu, 19 Des 2020 06:19

    Perempuan Tani HKTI DKI Jakarta Sambut Positif Digitalisasi Dunia Pertanian

    Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perempuan Tani HKTI dengan tema "Digitalisasi Perempuan Tani HKTI Sebagai Sumbangsih Kepada Negeri", yang dibuka oleh Ketua Umum HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak