Selasa, 16 Okt 2018 13:58
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Pendidikan
  • Terkait Pengadaan Seragam SDN dan SMPN Gratis, Plt Bupati Labuhanbatu Panggil Kepala Dinas Pendidikan

Terkait Pengadaan Seragam SDN dan SMPN Gratis, Plt Bupati Labuhanbatu Panggil Kepala Dinas Pendidikan

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Moratua Tanjung
Jumat, 10 Agu 2018 18:40
Moratua Tanjung
Terkait belum terealisasinya tiga pasang pakaian seragam sekolah gratis untuk murid baru SD dan SMP Negeri se-Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan, Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengaku telah memanggil Kadis Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Drs H Sarimpunan Ritonga MPd.

Hal tersebut dikatakan H. Andi Suhaimi, menanggapi persoalan lambannya pembagian 3 pasang pakaian seragam gratis tersebut yang dipertanyakan oleh sejumlah masyarakat Labuhanbatu. "Kita sudah memanggil Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu terkait hal itu, dan kita akan melakukan evaluasi terhadap pembagian baju seragam sekolah gratis tersebut," katanya kepada para awak media, kemaren.

Saat ditanya, bagaimana langkah awal untuk menyelesaikan persoalan seragam gratis yang belum terealisasi tersebut, Andi mengaku telah mengetahui hal itu sejak setahun yang lalu. "Saya sudah mengetahui lambannya pembagian seragam gratis ini, sejak tahun lalu. Murid masuk sekolah di Tahun 2017, dapat baju gratis di Tahun 2018. Terlebih dahulu kita panggil kepala Dinas terkait, untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," pungkas Andi sambil masuk ke dalam mobil dinasnya. 

Sebelumnya diberitakan, belum terealisasinya pakaian seragam sekolah gratis dari Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan kepada seluruh murid baru SDN dan SMPN Se-Labuhanbatu, telah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.


Dalam hal itu, warga meminta kepada Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe agar segera mengevaluasi Dinas terkait, untuk mengetahui dimana letak permasalahannya, sehingga bantuan seragam sekolah gratis hingga saat ini belum dibagikan.

"Kami meminta Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi agar segera mengevaluasi kinerja Dinas Pendidikan. Dimana kendalanya sehingga baju seragam sekolah gratis tersebut belum terealisasi hingga kini," kata salahseorang tokoh muda Labuhanbatu Marulin Hasbi Hasibuan, pada awak media di kota Rantauprapat, Kamis (09/08/2018).

Menurutnya, jika pembagian seragam tersebut dibagikan sebelum masuknya murid baru ke sekolah SDN dan SMPN di Labuhanbatu kemarin, tentunya sangat meringankan beban para orang tua yang kurang mampu.

"Kalau bantuan dari Pemerintah, berupa seragam sekolah sebanyak tiga pasang, kan sudah sangat membantu bagi para orang tua yang ekonominya sedang lemah yang di Labuhanbatu ini," ujarnya.

Marulin berharap, persoalan ini mendapatkan respon oleh Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi, agar segera menanggapinya.


"Kedepannya kami berharap, jangan sampai terulang kembali seperti tahun yang lalu (Tahun 2017), pendistribusian seragam sekolah gratis, baru terealisasi setahun kemudian (2018), setelah murid naik kelas baru mendapat seragam tersebut. Ada apa dengan Dinas Pendidikan Labuhanbatu," tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu H Sarimpunan mengatakan bahwa, 3 pasang pakaian seragam sekolah gratis tersebut hingga saat ini belum ada yang dibagikan.

"Satu pun belum ada yang kita bagikan pakaian sekolah gratis tersebut. Karena, kontraknya baru ditandatangani. Jadi masih tahap proses pengerjaan," ujarnya, pada awak media.

Saat disinggung mengenai dimana ditempahkan atau diorder baju sekolah SDN dan SMPN yang akan dibagikan secara tersebut, Sarimpunan mengatakan bahwa akan menanyakannya terlebih dahulu kepada pihak unit layanan pengadaan (ULP) barang dan jasa Pemkab Labuhanbatu dan pejabat pembuat komitmen (PPK).

"Kalau itu, saya tanyakan dulu ke ULP dan PPK-nya ya. Pakaian tersebut dalam proses pengerjaan," tandasnya.

Terpisah, sebelumnya pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Tengku kepada awak media kantor Dinas Pendidikan jalan Menara Rantauprapat mengatakan, bahwa perusahaan kontraktor yang melaksanakan belanja 3 pasang pakaian Seragam SDN dan SMPN se Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2018, pemenang lelangnya adalah PT Putra Bungsu. 

"PT Putra Bungsu yang pemborong yaitu dari Medan", sebut PPK Tengku.

Disinggung tentang besar anggaran 3 pasang pakaian seragam sekolah tersebut, Tengku menyebutkan, bahwa anggaran tersebut bersumber dari APBD TA 2018 Pemkab Labuhanbatu pos Dinas Pendidikan Labuhanbatu. "Besar anggaran sebesarnya Rp8 milyar lebih", ucap Tengku singkat.


Ditanya nama pemilik dari PT Putra Bungsu dan alamatnya di Medan. PPK Disdik Tengku, enggan menjawab. 

Menurut informasi dari sumber yang layak dipercaya mengatakan, bahwa PT Putra Bungsu tersebut pemiliknya adalah Iskandar dan Yajid. Konon, Iskandar adalah pemborong 3 pasang pakaian seragam SDN dan SMPN pada TA 2017 lalu dengan volume anggaran sebesar Rp9 M. Pada TA 2018 ini pun, diduga Iskandar rekanan pengadaan 3 pasang pakaian seragam SDN dan SMPN tersebut. 

Iskandar beralamat di jalan Dewi Sartika Padang Pasir Kecamatan Rantau Selatan, yang rumahnya bersebelah langsung dengan rumah pribadi mantan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, yang terkena OTT Tim KPK RI dalam kasus Suap proyek PUPR. Dan, sejak saat itu, Iskandar tidak pernah terlihat di kota Rantauprapat. Namun, lelang paket proyek 3 pasang pakaian seragam yang dimenangkan oleh PT Putra Bungsu, sebelum mantan Bupati H Pangonal Harahap terkena OTT.

Editor: Boraspati

T#g:Andi Suhaimiuneg2
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 13 Okt 2018 14:13

    Kebijakan Plt Bupati Labuhanbatu Diapresiasi Masyarakat Sei Baru Panai Hilir

    Pasca ambruknya jembatan yang berada di desa Sei Baru Kecamatan Panai Hilir kabupaten Labuhanbatu, yang terjadi beberapa bulan yang lalu saat dilalui mobil Dumtruck yang membawa muatan material mendap

  • Jumat, 12 Okt 2018 07:12

    Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Terjun Langsung Pantau Perbaikan Jalan

    Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST.MT sangat serius dan perduli terhadap sarana dan prasarana jalan dengan memantau langsung perbaikan jalan Nuri di Simpang Mangga atas Kelurahan Ba

  • Kamis, 11 Okt 2018 17:11

    Dinas P3A Kabupaten Labuhanbatu Peringati Hari Anak Nasional

    Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Labuhanbatu memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2018. Acara ini dihadiri Plt Bupati Labuhanbatu, Dandim 0209/LB, tokoh agama, OPD d

  • Senin, 08 Okt 2018 16:18

    H. Andi Suhaimi Dalimunthe Hadiri Pembukaan MTQ Nasional

    Plt. Bupati Labuhanbatu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj.  Rosmanidar Andi Suhaimi serta Sekdakab Ahmad Muflih, SH, MM maupun sejumlah Kepala OPD termasuk Kadis Kominfo Labuhanbatu

  • Rabu, 03 Okt 2018 08:03

    Terkait Dana Desa, Kepala Desa Diktator, Kepala Dusun Mengundurkan Diri

    Satu per satu Kepala Dusun di Desa Negeri Lama Seberang mengundurkan diri dari jabatannya. Seperti pengakuan Kepala Dusun Blok III Desa Negeri Lama Seberang bernama Irma, 45 tahun, yang mengataka

  • Kamis, 04 Okt 2018 21:44

    Warga Padang Bulan, Rantauprapat Persoalkan Kwalitas Pembangunan Drainase

    Pembangunan drainase (parit) dan peningkatan jalan di kawasan Gang Jaman, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, kabupaten Labuhanbatu, dipersoalkan sejumlah warga.Pasalnya, pembangunan salur

  • Selasa, 02 Okt 2018 07:32

    Tokoh Masyarakat Nilai Kades Negeri Lama Seberang "Diktator"

    Tokoh Masyarakat Desa Negeri Lama Seberang, Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, yakni Haji K, 47 tahun, dan Abdul Rahman Nst, 53 tahun, menilai Kepala Desa (Kades) mereka, Ahmad Ahyar, 50 tah

  • Jumat, 28 Sep 2018 06:48

    Mantan Dirut PD-PHJ & PD-PAUS Diduga Punya 'Anak Main' di Timsel dan Calon Direksi

    Ketua Institution Law And Justice (ILAJ), Fawer Full Fander Sihite menyatakan proses penyeleksian calon direksi perusahaan daerah kota pematangsiantar, baik PD-PHJ (Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya)

  • Kamis, 27 Sep 2018 17:37

    Club PORMAL STMK FC Tuding Panitia Walikota Cup Tidak Netral

    Dianggap tidak netral dan berupaya mencekal, Club PORMAL STMK FC menuntut Panitia Walikota Cup 2018 karena melakukan diskualifikasi dan melarang Club PORMAL STMK FC ikut bertanding selama dua tahun.Me

  • Kamis, 27 Sep 2018 15:17

    Kepala Dusun Minta Kapolres Labuhanbatu Periksa Kades Negeri Lama Seberang

    Oknum pejabat Kepala Desa Negeri Lama Seberang Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu Ahmat Ahyar Ritonga, telah melakukan "Penipuan" dan "Pembohongan" kepada para Guru mengaji dan Kepala Dusun d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak