Selasa, 11 Des 2018 04:00
  • Home
  • Pendidikan
  • Terkait Pengadaan Seragam SDN dan SMPN Gratis, Plt Bupati Labuhanbatu Panggil Kepala Dinas Pendidikan

Terkait Pengadaan Seragam SDN dan SMPN Gratis, Plt Bupati Labuhanbatu Panggil Kepala Dinas Pendidikan

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Moratua Tanjung
Jumat, 10 Agu 2018 18:40
Moratua Tanjung
Terkait belum terealisasinya tiga pasang pakaian seragam sekolah gratis untuk murid baru SD dan SMP Negeri se-Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan, Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT mengaku telah memanggil Kadis Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Drs H Sarimpunan Ritonga MPd.

Hal tersebut dikatakan H. Andi Suhaimi, menanggapi persoalan lambannya pembagian 3 pasang pakaian seragam gratis tersebut yang dipertanyakan oleh sejumlah masyarakat Labuhanbatu. "Kita sudah memanggil Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu terkait hal itu, dan kita akan melakukan evaluasi terhadap pembagian baju seragam sekolah gratis tersebut," katanya kepada para awak media, kemaren.

Saat ditanya, bagaimana langkah awal untuk menyelesaikan persoalan seragam gratis yang belum terealisasi tersebut, Andi mengaku telah mengetahui hal itu sejak setahun yang lalu. "Saya sudah mengetahui lambannya pembagian seragam gratis ini, sejak tahun lalu. Murid masuk sekolah di Tahun 2017, dapat baju gratis di Tahun 2018. Terlebih dahulu kita panggil kepala Dinas terkait, untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi," pungkas Andi sambil masuk ke dalam mobil dinasnya. 

Sebelumnya diberitakan, belum terealisasinya pakaian seragam sekolah gratis dari Pemkab Labuhanbatu melalui Dinas Pendidikan kepada seluruh murid baru SDN dan SMPN Se-Labuhanbatu, telah menjadi perbincangan di kalangan masyarakat.


Dalam hal itu, warga meminta kepada Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe agar segera mengevaluasi Dinas terkait, untuk mengetahui dimana letak permasalahannya, sehingga bantuan seragam sekolah gratis hingga saat ini belum dibagikan.

"Kami meminta Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi agar segera mengevaluasi kinerja Dinas Pendidikan. Dimana kendalanya sehingga baju seragam sekolah gratis tersebut belum terealisasi hingga kini," kata salahseorang tokoh muda Labuhanbatu Marulin Hasbi Hasibuan, pada awak media di kota Rantauprapat, Kamis (09/08/2018).

Menurutnya, jika pembagian seragam tersebut dibagikan sebelum masuknya murid baru ke sekolah SDN dan SMPN di Labuhanbatu kemarin, tentunya sangat meringankan beban para orang tua yang kurang mampu.

"Kalau bantuan dari Pemerintah, berupa seragam sekolah sebanyak tiga pasang, kan sudah sangat membantu bagi para orang tua yang ekonominya sedang lemah yang di Labuhanbatu ini," ujarnya.

Marulin berharap, persoalan ini mendapatkan respon oleh Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi, agar segera menanggapinya.


"Kedepannya kami berharap, jangan sampai terulang kembali seperti tahun yang lalu (Tahun 2017), pendistribusian seragam sekolah gratis, baru terealisasi setahun kemudian (2018), setelah murid naik kelas baru mendapat seragam tersebut. Ada apa dengan Dinas Pendidikan Labuhanbatu," tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu H Sarimpunan mengatakan bahwa, 3 pasang pakaian seragam sekolah gratis tersebut hingga saat ini belum ada yang dibagikan.

"Satu pun belum ada yang kita bagikan pakaian sekolah gratis tersebut. Karena, kontraknya baru ditandatangani. Jadi masih tahap proses pengerjaan," ujarnya, pada awak media.

Saat disinggung mengenai dimana ditempahkan atau diorder baju sekolah SDN dan SMPN yang akan dibagikan secara tersebut, Sarimpunan mengatakan bahwa akan menanyakannya terlebih dahulu kepada pihak unit layanan pengadaan (ULP) barang dan jasa Pemkab Labuhanbatu dan pejabat pembuat komitmen (PPK).

"Kalau itu, saya tanyakan dulu ke ULP dan PPK-nya ya. Pakaian tersebut dalam proses pengerjaan," tandasnya.

Terpisah, sebelumnya pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas Pendidikan Kabupaten Labuhanbatu Tengku kepada awak media kantor Dinas Pendidikan jalan Menara Rantauprapat mengatakan, bahwa perusahaan kontraktor yang melaksanakan belanja 3 pasang pakaian Seragam SDN dan SMPN se Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2018, pemenang lelangnya adalah PT Putra Bungsu. 

"PT Putra Bungsu yang pemborong yaitu dari Medan", sebut PPK Tengku.

Disinggung tentang besar anggaran 3 pasang pakaian seragam sekolah tersebut, Tengku menyebutkan, bahwa anggaran tersebut bersumber dari APBD TA 2018 Pemkab Labuhanbatu pos Dinas Pendidikan Labuhanbatu. "Besar anggaran sebesarnya Rp8 milyar lebih", ucap Tengku singkat.


Ditanya nama pemilik dari PT Putra Bungsu dan alamatnya di Medan. PPK Disdik Tengku, enggan menjawab. 

Menurut informasi dari sumber yang layak dipercaya mengatakan, bahwa PT Putra Bungsu tersebut pemiliknya adalah Iskandar dan Yajid. Konon, Iskandar adalah pemborong 3 pasang pakaian seragam SDN dan SMPN pada TA 2017 lalu dengan volume anggaran sebesar Rp9 M. Pada TA 2018 ini pun, diduga Iskandar rekanan pengadaan 3 pasang pakaian seragam SDN dan SMPN tersebut. 

Iskandar beralamat di jalan Dewi Sartika Padang Pasir Kecamatan Rantau Selatan, yang rumahnya bersebelah langsung dengan rumah pribadi mantan Bupati Labuhanbatu H Pangonal Harahap, yang terkena OTT Tim KPK RI dalam kasus Suap proyek PUPR. Dan, sejak saat itu, Iskandar tidak pernah terlihat di kota Rantauprapat. Namun, lelang paket proyek 3 pasang pakaian seragam yang dimenangkan oleh PT Putra Bungsu, sebelum mantan Bupati H Pangonal Harahap terkena OTT.

Editor: Boraspati

T#g:Andi Suhaimiuneg2
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 02 Des 2018 15:42

    Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe Lepas Keberangkatkan Umroh 15 Anak Berprestasi

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rosmanidar Hasibuan dan Kakankemenag Labuhanbatu Drs. H. Sapiruddin, M.Pd, Sabtu (1/12/2018),

  • Jumat, 23 Nov 2018 19:53

    Hadiri Yasin Akbar dan Maulid Nabi, Plt Bupati Komitmen Majukan Pendidikan Agama di Labuhanbatu

    Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT berkomitmen untuk memajukan pendidikan agama untuk anak-anak di Kabupaten Labuhanbatu. Berikut dikatakannya pada pada acara maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H se

  • Selasa, 13 Nov 2018 18:33

    Air Keruh dan Berkarat, Pelanggan Air PDAM Tirta Bina Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Menjerit Resah

    Bagaimana kami tidak kesal dan tidak menjerit serta risau, pasalnya, kami sebagai pelanggan Air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Labuhanbatu ini, sudah berpuluh tahun lamanya, kenapalah, a

  • Sabtu, 10 Nov 2018 07:50

    Hadiri Yasin Akbar, Plt Bupati Berangkatkan Umroh 2 Anak Bilah Hilir

    Usai pelaksanaan Jum'at Berkah serta penyampaian pesan Kamtibmas yang dilaksanakan oleh Kapolres labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang, SH, S.iK., Plt Bupati labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S

  • Rabu, 07 Nov 2018 18:37

    6 Siswa Berprestasi Dapat Umroh dari Plt Bupati Labuhanbatu

    Kepedulian Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dalam memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak berprestasi di 'bumi ikabina en pabolo' semakin menunjukkan titik terang, kenapa tidak unt

  • Senin, 05 Nov 2018 18:45

    Pimpin Upacara Apel Pagi Plt Bupati Labuhanbatu Beri Semangat dan Motivasi pada ASN

    Di sini saya hanya ingin memberi semangat buat kita semua yang hadir pada hari ini, yaitu semangat untuk membangun Kabupaten Labuhanbatu. Ini hanya buat semangat pada diri kita, pada diri saya, kemana

  • Senin, 05 Nov 2018 14:25

    Terkait Pembangunan Bandara, Plt Bupati Labuhanbatu Bersilahturrahmi Dengan Pengusaha

    Untuk membangun Kabupaten Labuhanbatu dan mewujudkan visi "Satu tekad bersama rakyat menuju sejahtera, Labuhanbatu semakin hebat lebih berdaya", Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST,

  • Minggu, 28 Okt 2018 19:58

    Plt Bupati Andi Suhaimi Sampaikan Amanat Menpora RI Di Hari Peringatan Sumpah Pemuda

    Revolusi mental yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo amatlah relevan, yakni dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter dan berdaya saing, oleh karena

  • Minggu, 21 Okt 2018 11:01

    Diduga Galian C Beroperasi Tanpa Restu Dari Pemilik Izin

    Diduga beroperasinya Galian C (tanah urug) yang berada di dusun S6 (enam) Desa S6 (enam) Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara, tanpa seizin dari pemilik surat

  • Selasa, 16 Okt 2018 18:16

    Plt Bupati Labuhanbatu Tanda Tangani Naskah Kerjasama Dengan PLN

    PLN Rantauprapat dengan pemerintah kabupaten Labuhanbatu menanda tangani naskah kerjasama tentang komitmen pelayanan PLN dan Pemkab yang dilangsungkan di ruang data, Selasa (16/10/18).Adapun naskah ke

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak