Senin, 26 Jul 2021 12:34
  • Home
  • Pendidikan
  • Pemprov Sumut Bahas PTM Terbatas dengan Ahli dan Pemangku Kepentingan

Pemprov Sumut Bahas PTM Terbatas dengan Ahli dan Pemangku Kepentingan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Delta
Sabtu, 12 Jun 2021 07:12
Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut/ Imam Syahputra- Yt Haryono
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengkoordinasikan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dengan beberapa ahli dengan Pemangku Kepentingan (Stakeholder) terkait.

Langkah ini diambil bertujuan agar Pemprov Sumut tidak salah dalam mengambil keputusan terkait PTM.

Pemprov Sumut mengumpulkan beberapa ahli, antara lain dari Ikatan Dokter Anak Cabang Sumut (IDAI) Sumut, Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Sumut, Satgas Penananganan Covid-19 Sumut dan lainnya. Sedangkan untuk stakeholder hadir Walikota Medan Bobby Nasution, Plt Sekda Binjai Irwansyah Nasution, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Deliserdang Citra Effendi Capah, serta Kadis Pendidikan dan Kesehatan Medan-Binjai-Deliserdang (Mebidang).

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengatakan prosedur sekolah tatap muka harus jelas di setiap daerah, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri Nomor 23425/A5/HK.01.04/2021 tanggal 8 April 2021. Selain itu, kondisi penyebaran Covid-19 daerah tersebut menjadi perhatian utama Pemprov memberikan izin sekolah tatap muka.

"Keputusan sekolah tatap muka itu bukan keputusan Sumut, tetapi nasional, dengan catatan Standar Operasional Prosedur atau SOP-nya harus jelas. Bila dibuka ada syarat yang harus diikuti, bila zona merah tidak mungkin dibuka, bila menurut Satgas bisa dibuka kita buka, bila merah lagi mau tidak mau kita tutup," kata Musa Rajekshah usai Rapat Koordinasi Persiapan Pembelajaran Secara Tatap Muka di Sekolah, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Jumat (6/11).

Musa Rajekshah merasa perlu tim khusus yang bertugas untuk melihat langsung kesiapan sekolah-sekolah menyelenggarakan PTM terbatas. Tim khusus ini terdiri dari Dinas Pendidikan setiap daerah sebagai leading sector (sektor pemimpin) dan Dinas Kesehatan sebagai support sector (sektor pendukung).

"Bila dibuka perlu ada pengawasan yang ketat terkait penyelenggaraan PTM terbatas di sekolah, pengawasan terkait SOP-nya. Kita tidak ada klaster-klaster baru yang timbul setelah membuka sekolah tatap muka," kata Musa Rajekshah.

Salah satu persyaratan utama PTM berdasarkan SKB Empat Menteri Nomor 23425/A5/HK.01.04/2021 tanggal 8 April 2021, adalah vaksinasi Covid-19 lengkap pendidik dan tenaga pendidik. Walau begitu menurut Walikota Medan Bobby Nasution, orang tua/wali pendidik berhak memilih pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh.

"Ada lebih dari 20.000 guru di Kota Medan dan vaksinasinya sudah mencapai 80%, tetapi sebagian kecil belum tahap kedua. Kita akan membuka vaksinasi massal untuk mempercepat ini, termasuk vaksinasi pelajar," kata Bobby Nasution.

Sekolah-sekolah Kabupaten Deliserdang sendiri menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Deliserdang Citra Effendi Capah telah menyiapkan sarana-prasarana PTM terbatas.

Vaksinasi guru Deliserdang juga sudah mencapai 82% dan berdasarkan survei yang mereka hampir seluruh orang tua/wali siswa setuju dilakukan PTM.

"Vaksinasi guru sudah mencapai 82%, kalau sekolah-sekolah hampir semua sudah siap untuk sarpras, ketentuan dari SKB empat menteri. Orang-orang tua siswa setelah kami survey sekitar 99% setuju sekolah tatap muka," kata Citra.

Sementara Inke Nadia D Lubis dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Sumut menilai pembukaan sekolah tatap muka di Sumut memiliki risiko tinggi terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Risikonya cukup besar, mereka bisa menularkan ke orang tua dan guru yang sudah cukup tua atau yang masih bayi. Ini resikonya besar, belum lagi saat ini kita kasus Covid-19 sedang naik-naiknya," kata Inke.
Editor: Herda

T#g:Sekolah
Berita Terkait
  • Senin, 12 Jul 2021 13:42

    Peduli Pendidikan, Satgas Yonif 512 Bagikan Perlengkapan Sekolah di Tapal Batas Papua

    Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di wilayah perbatasan, Pos Kalilapar Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY membagikan buku dan alat tulis kepada anak-anak di Kampung Sach,

  • Sabtu, 03 Jul 2021 17:23

    Satgas TMMD 111 Kodim 0204 Deli Serdang Bagikan Buku dan Tas sekolah ke Anak-anak Sekolah Dasar di Desa Mabar

    Komandan Satgas TMMD ke 111 Kodim 0204/Deli Serdang Letkol Kav Jackie Yudhantara S.Sos, M.Han bersama Personil Satgas membagikan buku dan Tas Sekolah kepada anak-anak Sekolah Dasar Desa Mabar Kecamata

  • Rabu, 30 Jun 2021 20:30

    Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemkon Sepakati Tunda Pembelajaran Tatap Muka

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemko) se-Sumut sepakat untuk menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas hingga

  • Rabu, 30 Jun 2021 10:20

    Edy ingin Nias seperti Hawai, jauh tapi orang senang kesana

    Temui Kepala SMA/SMK se-Kepulaian Nias, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan para kepala sekolah (Kepsek) untuk memberikan teladan menanamkan akhlak/budi pekerti kepada para sisw

  • Selasa, 29 Jun 2021 22:29

    Edy Rahmayadi Resmikan Renovasi 91 Sekolah se-Kepulauan Nias

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meresmikan proyek renovasi dan rehabilitasi 91 sekolah tingkat SD dan SMP se-Kepulauan Nias, di halaman Sekolah Dasar Negeri Dahana, Desa Hiliganohita, Ke

  • Kamis, 24 Jun 2021 19:24

    Turunkan Mobil Pintar, Kiat Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bangkitkan Minat Baca Siswa di Masa Covid-19

    Untuk meningkatkan minat baca siswa di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS menghadirkan Mobil Pintar di wilayah sasaran fisik di Desa Mabar, Kecamatan Bangun

  • Rabu, 23 Jun 2021 15:53

    Satgas TMMD Laksanakan Penyuluhan Pendidikan di Desa Mabar

    Untuk meningkatkan minat belajar anak usia sekolah, Satgas TMMD Ke-111 Kodim 0204/DS bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, menyelenggarakan penyuluhan pendidikan di SD NegeriNo.

  • Senin, 21 Jun 2021 17:21

    Tinjau Simulasi, Wali Kota Medan Optimis PTM Dapat Digelar Juli 2021

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku optimis pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa digelar di sekolah-sekolah yang ada di Medan mulai Juli 2021. Namun selain siswa yang mengikuti PTM hanya

  • Rabu, 16 Jun 2021 20:26

    Edy Rahmayadi Wacanakan Lelang Jabatan Kepala Sekolah

    Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mewacanakan akan melakukan lelang jabatan untuk kepala sekolah di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan

  • Selasa, 15 Jun 2021 12:15

    Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Bobby Nasution Didukung PGRI

    Pemko Medan siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Medan. Sebagai upaya mendukung pelaksanaan PTM tersebut, Wali Kota Bobby Nasution telah melakukan sejumlah persiapan.Selain gencar mela

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak