Rabu, 20 Mar 2019 15:07
  • Home
  • Pendidikan
  • Panglima TNI: Pemuda dan Mahasiswa Aset Potensial Bangsa

Panglima TNI: Pemuda dan Mahasiswa Aset Potensial Bangsa

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Rabu, 13 Mar 2019 19:03
Puspen TNI
Pemuda dan mahasiswa adalah aset yang sangat potensial dan harapan masa depan bangsa Indonesia, karena di tangan para pemuda-pemudi dan mahasiswa, jaminan eksistensi Indonesia di masa depan akan berjaya atau justru sebaliknya, terjerumus dalam konflik yang tak berkesudahan.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. di hadapan sekitar 500 mahasiswa dan Civitas Akademi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) saat memberikan kuliah umum dengan materi "Peran Pemuda dan Mahasiswa Dalam Merawat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Di Era Revolusi Industri 4.0", di Auditorium UMSU, Jl. Kapten Muchtar Basri No. 3, Medan Barat, Sumatera Utara, Rabu (13/3/2019).

Panglima TNI mengharapkan kuliah umum ini dapat menjadi sarana introspeksi bagi semua, terutama para pemuda dan mahasiswa yang saat ini sering disebut sebagai generasi milenial. "Saya menaruh harapan besar kepada para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, untuk secara cerdas dan dewasa dalam berpola pikir menyikapi perkembangan era revolusi industri 4.0", tuturnya.


"Saya mengajak para Pemuda Muhammadiyah, mari kita jaga bersama persatuan dan kesatuan yang menjadi perekat bangsa ini. Kita gelorakan semangat kebangsaan dan kita siapkan diri menjadi umat yang berkualitas, umat yang mampu menjadi kalifah yang baik di muka bumi ini sebagaimana perintah Allah SWT", katanya.

Dikatakan pula bahwa dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini, dibutuhkan pemuda-pemudi yang memiliki intelektualitas tinggi, konektivitas luas, dan sekaligus mentalitas kebangsaan yang tangguh.

Menurutnya, intelektualitas tinggi dibutuhkan untuk memahami perubahan teknologi dari sudut pandang keilmuan. Demikian juga konektivitas dibutuhkan untuk membangun jaringan, dalam mempercepat penyebarluasan gagasan, dan memperkuat bangunan kerja sama antar berbagai komponen bangsa. Sedangkan mentalitas kebangsaan dibutuhkan untuk menjaga bangsa ini tetap utuh, dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

Selain itu, Panglima TNI juga menjelaskan bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa pengaruh yang luar biasa pada tata kehidupan bermasyarakat dan bernegara, seperti teknologi siber, transportasi, biomolekular, fisika kuantum, eksplorasi angkasa, eksplorasi bawah laut, dan tentu saja teknologi militer. 

"Perkembangan teknologi membawa perubahan dalam pola komunikasi, pola sosialisasi, pola bisnis dan lain-lain yang seolah-olah saat ini kita hidup dalam dunia yang tanpa batas. Kecepatan perubahan bahkan mengalahkan kecepatan kita dalam memahami perubahan itu sendiri", ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kapolri, Jenderal Pol. Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D., Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah,  Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Agussani, M.AP, Kepala Pusat Pembinaan Mental (Kapusbintal) TNI, Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P., Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI, Marsma TNI M. Khairil Lubis, Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI, Brigjen TNI (Mar) Purnomo dan Wakil Asisten Perencana (Waasrena) Kasau, Marsma TNI Purwoko Aji Prabowo.

Editor: Tommy

T#g:kampus
Berita Terkait
  • Jumat, 22 Feb 2019 21:22

    4 Security Kampus Jadi Tersangka Tewasnya 2 Diduga Pencuri Helm

    4 Security di kampus perguruan tinggi di kawasan jalan Williem Iskandar Medan Estate jadi tersangka pengeroyokan yang mengakibatkan dua pemuda yang diduga mencuri helm.Informasi dihimpun dari Kapolsek

  • Selasa, 20 Nov 2018 07:20

    Pemko TebingTinggi Mendukung Bila Prodi Ekonomi Syariah dan PAUDI

    Wali Kota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan menyebutkan, Pemerintah Kota Tebingtinggi sangat mendukung apabila STAIS Tebingtinggi Sri Deli akan membuka Prodi untuk jurusan Ekonomi Syariah dan Pendi

  • Selasa, 30 Okt 2018 00:30

    Panglima TNI Terima Audiensi Wakil Rektor UI

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima audiensi Wakil Rektor Universitas Indonesia Bapak Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/10/2018).Pa

  • Sabtu, 29 Sep 2018 09:29

    Panglima TNI Terima Audiensi Dekan Psikologi UGM

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS menerima audiensi Dekan Psikologi UGM Bapak Prof. Dr. Faturochman M.A. didampingi lb

  • Kamis, 30 Agu 2018 21:30

    Dekan FH Udayana: Kita Semua Harus Dukung Bakamla

    "Kita semua harus mendukung Bakamla, baik dalam kegiatan patroli, maupun dukungan personel".

  • Rabu, 23 Mei 2018 04:23

    Sihar Dorong Mahasiwa Jadi Pebisnis

    Tantangan dan beban yang semakin berat di zaman sekarang ini, menjadikan mahasiswa harus lebih produktif. Maka dari ìtu, Sihar Sitorus mendorong mahasiswa untuk berpikir menjadi pebisnis.

  • Selasa, 08 Mei 2018 22:08

    Teken MoU Bidang Pendidikan, Bakamla dan Unand Aksi Lanjut dengan Seminar Kamla

    Badan Keamanan Laut dan Universitas Andalas menandatangani MoU atau Nota Kesepahaman di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Acara ini dibarengi pula dal

  • Senin, 07 Mei 2018 08:47

    LDKM BEM-FKIP Universitas HKBP Nommensen

    Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM).

  • Senin, 07 Mei 2018 04:07

    Kodim 0824 Jember Latih Pramuka Saka Wira Kartika UNEJ

    Bertempat di Jembatan Semanggi Jember pada Minggu (06/05/2018), dilaksanakan latihan praktek repling yang diikuti oleh 35 orang anggota Pramuka Saka Wira Kartika dari Universitas Negeri Jember (Unej).

  • Kamis, 12 Apr 2018 19:32

    Kepala Bakamla RI Berikan Kuliah Umum di FH UI

    Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. memberi kuliah umum kepada seluruh mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) di ruang Audiotorium Fakultas Hukum UI, Depok, Kami

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak