Kamis, 13 Des 2018 00:43
  • Home
  • Pendidikan
  • LPM Unimed "Kerja Nyata" Bagi Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai

Jhony Walker Manik:

LPM Unimed "Kerja Nyata" Bagi Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Senin, 26 Nov 2018 15:26
Istimewa
Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan melakukan kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai. 

Hal itu di sampaikan Drs. Jhony Walker Manik, MM Kadis Pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai baru baru ini dalam Kegiatan Diseminasi Teknologi Pengembangan Teknologi Pembelajaran Berbasis Alat Peraga Edukatif, di Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai Propinsi Sumatera Utara.

"Hal ini selaras dengan semangat yel-yel yang selalu didengungkan oleh insan pendidikan di Kabupaten Serdang Bedagai yaitu, Pendidikan Kabupaten Sergai identik dengan inovasi. Jadi dengan pelatihan dan Workshop yang dilaksanakan oleh LPM Unimed kepada guru-guru akan menambah daya inovasi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran yang dilaksanakan, dengan memanfaatkan alat peraga sederhana yang terbuat dari  barang-barang yang ada di sekitar", katanya.

Kemudian Jhony juga menambahkan saat ini Dinas Pendidikan Sergai melakukan berbagai aktivitas penunjang Kualitas pendidikan tidak pada kegiatan seremonial akan tetapi langsung terjun ke lapangan dan langsung ke sasaran sekolah-sekolah yang dituju untuk langsung memantau perkembangan pendidikan di Sergai.

Dalam kesempatan itu Nara sumber dr. Sofyan Tan Anggota Komisi X DPR-RI mengungkapkan bahwa, pada momen hari guru tersebut, guru merupakan aktor utama dalam tinggi rendahnya mutu pendidikan. "Oleh karena itu mindset guru harus mengembangkan inovasi pendidikan jauh kedepan," ungkap anggota parlemen suara terbanyak Dapil Sumut 1 tersebut.

Maka dari itu kesejahteraan guru menjadi sebuah prioritas utama dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal tersebut telah dilakoni oleh politisi PDIP tersebut dalam mengelola Sekolah Iskandar Muda yang memiliki siswa ribuan tersebut. Guru-guru dan tenaga pendidik diberikan asuransi serta di berikan beasiswa untuk melanjut pada bidang pendidikan.

"Hal inilah yang diperjuangkan di parlemen untuk meningkatkan kesejahteraan guru. Selain itu kerjasama dengan Unimed sebagai stake Holder di Bidang Pendidikan harus terus dilanjutkan," cetus dokter yang concern di bidang pendidikan tersebut.

Menanggapi hal tersebut Rektor Unimed yang diwakili Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd yang didamping Wakil Rektor II Dr. Restu, MS dan Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta  mengungkapkan, "Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari DRPM Kemenristek Dikti yang diamanahkan Kepada Universitas Negeri Medan. 

"Masih banyak lagi program terkait bidang pendidikan maupun pada bidang yang lainnya yang terus dilaksanakan oleh Universitas lewat Lembaga Pengabdian masyarakat. Dengan adanya alat peraga ini diharapkan guru mampu mendekatkan konsep ilmu pengetahuan secara visual sehingga mempermudah siswa dalam memehami materi yang diajarkan", ungkap guru besar yang malang melintang di dunia pendidikan tersebut.

Lanjutnya, Unimed siap bekerjasama dengan siapapun dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di republik ini, karena permasalahan pendidikan tidak dapat di topang oleh 1 pihak saja akan tetapi komponen-komponen yang lain juga ikut mewarnai dalam dunia pendidikan, yang di mulai dari keluarga, lingkungan, Sekolah, Dinas Pendidikan, Parlemen dan stake holder yang lain. "Ketika semua berjalan maka tujuan pendidikan akan sesuai yang di amanatkan oleh undang-undang", terang mantan Dekan Tehnik unimed tersebut.

Kegiatan yang berlangsung di Aula SD Negeri 10209119 Desa Kerapuh Kecamatan Dolok Masihul  turut dihadiri Sekertaris LPM Unimed Mukti Hamjah, M.Si, Ketua Program Deo Demonta Panggabean, M.Pd, Koordinator Kerjasama dan Pengembangan Wilayah, Irfandi, M.Si., Koordinator Program Dr. Heni Yusnizar, M.Pd, Kepala Sekolah dan Guru-Guru Se-kecamatan Dolok Masihul.

Editor: Erickson

T#g:Sofyan TanUnimed
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 08 Des 2018 19:08

    LPM Unimed Jalin Sinergisitas dengan Konsulat Jenderal Negara-negara Sahabat

    LPM Unimed Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Melalui Integrasi Sistem Pendidikan, Teknologi Dan Kerjasama Internasional.

  • Kamis, 29 Nov 2018 22:29

    Pemkab Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan berbasis E-Learning

    Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) U

  • Kamis, 15 Nov 2018 20:15

    Komisi VII DPR RI, Ristek Dikti dan LPM Unimed Bantu UMKM Ikan Sale di Tabagsel

    Ristek Dikti dan Komisi VII DPR RI menggandeng Unimed dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian Masyarakat Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) dengan penerapan teknologi tepat guna dalam kegiatan Di

  • Senin, 22 Okt 2018 13:22

    Dr. Makmur Sirait: Sebagian Air Tanah di Percut Sei Tuan tidak Layak Konsumsi

    Di sebagian lokasi air tanah di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang tidak memenuhi baku mutu sebagai air yang layak dikonsumsi. Hal ini diungkapkan oleh Ahli Fisika Nano Partikel Dr. Makm

  • Sabtu, 20 Okt 2018 05:20

    IBT Unimed Fasilitasi UMKM Menuju Produk Berstandar Global

    Kampus menjadi sebuah kawah candra dimuka dalam hal perkembangan usaha. Baik usaha pemula (start up) maupun usaha mikro Kecil dan menengah (UMKM), karena pioneer yang akan mencetak ahli-ahli yang mump

  • Senin, 17 Sep 2018 08:17

    UMKM Sergai Gunakan Aplikasi 'Kekinian' Untuk Pembukuan Keuangan UMKM

    Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kabupaten Serdang Bedagai mulai masuk babak baru dalam menjalankan usaha. Usaha yang selama ini dilakukan secara konvensional dan hanya untuk membantu mencu

  • Jumat, 14 Sep 2018 06:54

    Ketua GMNI UNIMED: Pergerakan Di Era Milenial Harus Improvisasi Zaman Now

    Tema Kepemimpinan Di Era Milenial di Seminar ini tidak hanya berbicara leadership dan karakter saja, tetapi juga dituntut harus memiliki yang namanya ilmu pengetahuan. Karena di era milenial, pemimpin

  • Sabtu, 04 Agu 2018 13:14

    PT. Amal Tani Gandeng Unimed Selesaikan Permasalahan Warga Langkat

    Perseroan Terbatas Amal Tani yang bergerak di bidang perkebunan sawit dan pengolahan tandan buah segar menggandeng Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Unimed untuk menyelesaikan permasalahan warga di

  • Selasa, 26 Jun 2018 16:46

    DPK GMNI UNIMED Gelar Dialog Publik Bertema Soekarno

    Bulan Juni merupakan bulan yang sangat bersejarah bagi kaum Nasionalis, karena pada bulan Juni, Bung Karno sebagai The Founding Father Republik Indonesia dilahirkan dan wafat, begitu juga dengan Panca

  • Kamis, 31 Mei 2018 18:11

    Dukungan Terhadap Putra Batak, Akademisi: Sihar Preferensi Pilkada Sumut

    Dukungan para Raja Luat di Padang Sidimpuan dan Tapanuli Selatan (Tapsel) terhadap Sihar Sitorus menunjukkan keinginan yang kuat bahwa putra asli daerah yang sepatutnya menjadi katrol penggerak dalam perubahan Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak