Kamis, 13 Agu 2020 22:02
  • Home
  • Pendidikan
  • Kekurangan Guru, Prajurit TNI Bantu Mengajar di Sekolah Perbatasan

Kekurangan Guru, Prajurit TNI Bantu Mengajar di Sekolah Perbatasan

Papua (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 13 Feb 2020 06:13
Puspen TNI
Kekurangan tenaga pendidik menjadi salah satu faktor penyebab tidak berjalan lancar kegiatan belajar mengajar, sehingga hal itu menjadi permasalahan sendiri bagi sekolah yang ada di perbatasan.

Melihat kondisi tersebut, prajurit TNI Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG di Sektor Selatan, khususnya di Kabupaten Merauke, Papua, terpanggil untuk turut membantu kelancaran aktivitas belajar mengajar dengan menjadi tenaga guru bantu di sekolah wilayah binaan.

Seperti yang dilakukan Sertu Deni Arya, anggota Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Komando Utama (Kout) membantu mengajar mata pelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) kepada siswa-siswi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma'arif Sota, Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Papua, Rabu(12/2/2020).

Berbekal pengalaman saat pelaksanaan latihan Pratugas ketika di home base melalui pembekalan dan tata cara mengajar yang baik serta mudah dipahami oleh siswa, sehingga dapat diaplikasikan langsung saat membantu kegiatan mengajar.

"Materi Penjas diberikan sesuai dengan buku panduan pelajaran dari sekolah, sehingga memudahkan saya menjadi guru bantu yang tidak memiliki riwayat mengajar sebelumnya, tentunya kita senang bisa ikut membantu memajukan pendidikan di sekolah yang ada di tapal batas ini," kata Sertu Deni.

Sementara itu, Ibu Fatonah, Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al-Ma'arif Sota, menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kout atas waktu yang diberikan untuk membantu mengajar.

"Kami sangat berterimakasih sudah dibantu mengajar materi Penjas dari Bapak TNI yang sedang melaksanakan Satgas Pamtas, disini hanya ada enam orang guru saja, tentunya kehadiran Sertu Deni sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar," ungkapnya.
Editor: Herda

T#g:GuruTentara
Berita Terkait
  • Jumat, 31 Jul 2020 00:01

    Pelayanan Guru Di Masa Pandemi COVID-19 di Tapanuli Utara

    Dampak pendemik COVID-19 di lingkungan pendidikan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), sekolah tingkat TK/PAUD, SD dan SMP berjalan baik, walaupun belum secara serentak siswa masuk kelas. Murid seko

  • Kamis, 30 Jul 2020 12:00

    Gubernur Jabar Keluarkan SK Penugasan 1.461 Guru Non-PNS Bersertifikat Pendidik

    Sebanyak 1.461 guru non-Pegawai Negeri Sipil (non-PNS) bersertifikat pendidik menerima Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Nomor: 896/Kep.379-Disdik/2020 tentang Penugasan Guru Bukan Pega

  • Selasa, 28 Jul 2020 15:58

    Sejumlah Oknum Kepsek dan Guru SMA di Pakpak Bharat jadi Timses Bakal Calon Bupati

    Pilkada Pakpak Bharat bakal digelar 9 Desember 2020 meski demikian tensi politik sudah mulai memanas. Tim sukses (timses) pun sudah mulai bermunculan, tidak terkecuali Aparatur Sipil Negara (ASN) Dina

  • Kamis, 23 Jul 2020 07:23

    Bawa Sabu, Pak Guru Ini Ditangkap Tim Polsek Kualuh Hulu

    Unit Opsnal Reskrim Polsek Kualuh Hulu di bawah pimpinan Kanit Reskrim IPDA. Yuna H. Gultom SH.MH telah mengamankan seorang laki-laki diduga pelaku tindak pidana narkotika pada hari Rabu (22/07/2020)

  • Sabtu, 16 Mei 2020 20:16

    Pemkab Labura Salurkan Bantuan Kepada Guru Mengaji

    Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu utara (Labura) melalui Kepala Bagian Kesra dan Binmas Setdakab Labura mendatangi kecamatan untuk menyalurkan bantuan kepada Guru mengaji."Kegiatan ini dilaksanakan sec

  • Sabtu, 16 Mei 2020 17:47

    Ilyas Sitorus, Berbagi Untuk Meringankan Beban Saudara Kita

    Berbagi ini sebagai bentuk filantropi atau cinta kasih, kedermawanan kepada sesama, namun jangan dilihat besar kecilnya.

  • Rabu, 13 Mei 2020 11:13

    Google dan Kemendikbud bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi bantu para pengajar tetap online

    Mengajar dari rumah sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan pengajar, namun biaya yang diperlukan untuk bisa online semakin lama bisa terasa berat.

  • Kamis, 23 Apr 2020 22:23

    Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator 38 Kodim 0824, Santuni Pengajar TK

    Sebagai pembina Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Kartika Jember, Ny Rari La Ode Muhammad Nurdin, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Cabang 38 sekaligus sebagai Ketua Yayasan Kartika Jaya K

  • Minggu, 19 Apr 2020 02:19

    Dandim Bagikan Sembako Ke Guru dan Karyawan SMP dan SMA Kartika Jember

    Aksi peduli Komandan Kodim 0824/Jember, pada Jum'at 17/04/2020 bagikan paket sembako dan masker kepada para guru dan tukang kebun Sekolah Menengah Atas (SMA) Kartika, dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika, Jember.

  • Jumat, 17 Apr 2020 14:07

    Jabar Bergerak Salurkan Bantuan untuk Guru Mengaji dan Pemuka Agama

    Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Ridwan Kamil menyaksikan serah terima bantuan penanggulangan COVID-19 bagi guru mengaji dan pemuka agama, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (17/4/20).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak