Sabtu, 20 Apr 2024 05:41
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Kasek SMPN 12 Binjai: Usulan Beasiswa PIP melalui Dapodik dengan sistem Online

Binjai (utamanews.com)

Oleh: Ahmad Aqil

Sabtu, 29 Agu 2020 08:09

Istimewa
Syamsul Agus, SPd
Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, yang merupakan anggota DPR RI Komisi X dari Fraksi Gerindra, angkat bicara terkait adanya isu yang berkembang tentang adanya Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebagai anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Pendidikan, Olahraga dan Sejarah, Djohar menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melayani siapapun yang ingin mengambil data pelajar maupun orangtua yang akan diusulkan mendapat Program Beasiswa PIP. 

Ia juga menegaskan semua usulan- usulan yang akan diproses adalah usulan yang dikirim atau dibuat oleh Kepala Sekolah masing- masing, baik Negeri maupun Swasta, seperti SD, SMP, SMA, SMK, juga Pimpinan Perguruan Tinggi. Sebab, usulan itu yang akan dilayani oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Tidak hanya itu, lanjut Djohar Arifin, untuk memperoleh Beasiswa Program Indonesia Pintar tersebut, seluruh Prosesnya dilakukan di Sekolah atau Perguruan Tinggi.

Menindaklanjuti hal itu, awak media ini mencoba konfirmasi ke beberapa Sekolah yang ada di Kota Binjai. Salah satunya adalah SMP Negeri 12 Binjai, yang beralamat di Jalan Bejomuna, Kelurahan Dataran Tinggi, Kecamatan Binjai Timur.
Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Binjai, Syamsul Agus S.Pd, Beasiswa melalui PIP hanya diperuntukkan untuk Siswa didik yang berasal dari keluarga tidak mampu.

"Tugas kita disini hanya mengusulkan saja dan memang itu harus diusulkan. Selanjutnya, nanti dari Pusat yang memverifikasinya," urai Syamsul Agus, Jumat (28/8).

Disinggung apakah sampai saat ini sudah ada Siswanya yang diusulkan untuk menerima Beasiswa melalui jalur PIP ini, Pria murah senyum ini mengaku sudah ada.

"Sudah adalah, kan ada kartunya. Jadi tugas kami input data tersebut," ungkapnya.

Diakui Syamsul Agus, hingga hari ini setidaknya sudah lebih dari 50 Siswa didiknya yang diusulkan untuk menerima Beasiswa melalui jalur PIP.

"Sudah 50 lebih yang kita usulkan, namun kita tidak punya target untuk jumlahmya. Artinya, kalau punya KIP atau ada surat keterangan sesuai persyaratan, ya memang harus diusulkan. Sedangkan untuk pengusulannya Melalui Dapodik dengan sistem Online," tuturnya.
Sebagai Kepala Sekolah, Syamsul Agus juga menghimbau kepada Siswa didiknya agar rajin beribadah. Sebab, di masa Pandemi Covid sekarang ini, sebaiknya para Siswa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk belajar, berpola hidup sehat dan terus berkomunikasi dengan pihak Sekolah.

Diketahui, saat ini Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan taraf pendidikan, salah satunya melalui Program Indonesia Pintar (PIP), program bantuan dana dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Program Indonesia Pintar (PIP) adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera, dan peserta Program Keluarga Harapan (PKH).

Program kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial dan Kementerian Agama ini juga memprioritaskan bagi anak usia Sekolah yang termasuk yatim piatu, penyandang disabilitas, serta korban bencana/musibah.

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia Sekolah agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

Bantuan yang akan diterima yakni berupa dana dengan besaran yang telah ditentukan sesuai tingkatan pendidikan.
Editor: Herda

T#g:BeasiswabinjaiPIP
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Apr 2024 14:48

    Atasi Pipa Pecah, Team PKS Dolok Sinumbah Gerak Cepat

    Packing Pipa Pengiriman Pecah yang terjadi di PTPN IV regional 2 unit group 1 kebun Dolok Sinumbah pada 9 April 2024, Pukul 03.00 Wib dini hariSaat kejadian pabrik tersebut sedang produksi mengolah, d


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️