Kamis, 16 Agu 2018 08:03
  • Home
  • Pendidikan
  • Dinas Perpustakaan & Kearsipan Gelorakan Literasi Kemerdekaan

Dinas Perpustakaan & Kearsipan Gelorakan Literasi Kemerdekaan

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Minggu, 12 Agu 2018 21:42
Junaidi
Dalam rangka menyambut Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan Ir.H. Leo Sunarta M.MA gelorakan literasi kemerdekaan yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan setempat, Minggu (12/8) pagi.

Kegiatan Literasi Kemerdekaan tersebut bekerjasama dengan Kampung dongeng Labuhanbatu, taman baca keliling Gema Wisesa, Forum Masyarakat Literasi (FML) dan disiarkan langsung oleh LPP Radio Siaran Publik Daerah 96,5 (RSPD) FM, serta dihadiri puluhan anak-anak dari paud Bani Authon dan Umi Fauziah. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta M.MA menjelaskan, literasi kemerdekaan tersebut bertujuan untuk mengisi acara dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, sekaligus sebagai momen untuk menggerakkan Literasi di Kabupaten Labuhanbatu yang telah di nobatkan sebagai Kabupaten Literasi. 

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengucapkan terimakasih kepada para orang tua, dan guru-guru PAUD yang bersedia ikut dalam kegiatan literasi kemerdekaan, hal ini menjadi momen awal untuk menggerakkan dan menumbuhkembangkan gerakan literasi pada diri anak," sebut Leo. 

Dalam rangka menggiatkan literasi di Labuhanabtu, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan terbuka untuk umum sampai dengan jam 22.00 WIB, adapun kegiatan literasi lainya yaitu mendongeng yang berlangsung setiap hari minggu pagi dan bekerjasama dengan kampung dongeng serta di siarkan langsung di 96,5 RSPD FM.

Leo berharap, dukungan dan peran serta para orangtua dalam menumbuhkembangkan minat baca pada anak, sehingga Kabupaten Labuhanbatu kedepan, akan menghasilkan anak-anak yang cerdas untuk menuju Labuhanbatu yang sejahtera.

Kegiatan literasi tersebut diwarnai dengan dongeng bersama, bermain game bersama serta ditutup dengan pembagian 100 buah buku gratis kepada seluruh tamu yang hadir. Buku yang dibagikan merupakan buku hasil karya anak Labuhanbatu yang berjudul, Pulau Sikantan, karya Raja Muhammad Azzuwin.

Editor: Boraspati

T#g:Literasi
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Jun 2018 07:09

    Tengku Erry: Budaya Literasi Untuk Membangun Sumut

    Gubsu Dr Ir Tengku Erry Nuradi MSi mengatakan literasi sangat perlu bagi pejabat. Seperti Dr Ir Hj R Sabrina MSi yang kini menjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) sebagai hasi

  • Sabtu, 07 Apr 2018 09:17

    Bakamla RI dan Penggiat Literasi Lampung Serahkan Bantuan Sosial

    Bakamla RI bersama Penggiat Literasi Lampung menyerahkan bantuan sosial ke Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk korban banjir bandang Kalianda, di Kelurahan Way Urang, kec. Kaliand

  • Kamis, 05 Apr 2018 16:25

    Bakamla RI Bersama Polair, ASDP, dan Kementan: Stop. Jangan Merusak Laut!

    Bakamla RI kembali mengedukasi anak pesisir, kali ini di SDN 5 Sumur yang lokasinya dijangkau setengah jam perjalanan menggunakan perahu nelayan kecil menyeberangi laut menuju Pulau Harimau, Lampung Selatan, Kamis (5/4/2018).

  • Kamis, 05 Apr 2018 06:25

    Sihar Paham Kebutuhan Pengembangan Pendidikan

    Upaya Sihar Sitorus untuk memajukan dunia literasi di Sumatera Utara (Sumut) merupakan salah satu program yang bertujuan untuk pengembangan pendidikan anak-anak di Sumut. Lewat program kunjungan di pe

  • Senin, 05 Feb 2018 18:15

    SD Negeri 112143 Labuhanbatu Gelorakan Literasi Lewat Baca Senyap Selama 10 Menit

    Masyarakat gemar baca melalui dinas perpustakaan Labuhanbatu mewujudkan literasi yang dicanangkan Bupati Labuhanbatu H. Pangonal Harahap SE. MSi. Program menggelorakan gerakan literasi ini sudah dua t

  • Rabu, 18 Okt 2017 19:28

    Pegiat Literasi Sumut Pecahkan Rekor MURI

    Para pegiat literasi di Sumatera Utara (Sumut) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dengan pengguna Big Book terbanyak di Indonesia.

  • Sabtu, 20 Mei 2017 20:30

    Gubsu Erry: Gunakan informasi bertanggungjawab dan cerdas

    Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Gubsu Tengku Erry Nuradi mendeklarasikan Sumatera Utara sebagai Provinsi Literasi dengan dimulainya gerakan literasi di Sumut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak