Jumat, 18 Sep 2020 23:22

9 Negara yang Menerapkan Sistem Pendidikan "Teraneh"

Oleh: Tessa
Selasa, 24 Mar 2020 15:24
Blog Ruangguru
Setiap negara, pasti memiliki sistem pendidikan yang berbeda. Entah itu periode liburan atau kapan waktu tahun ajaran baru dibuka. Tapi kamu tahu nggak beberapa negara ini juga memiliki sekolah dengan sistem pendidikan yang unik dan "aneh" lho. Mulai dari sekolah terbesar, sampai sekolah yang membebaskan siswanya. Penasaran? Yuk, segera meluncur ke bawah!

1. India Sekolah Terbesar di Dunia

Ternyata, India punya sekolah terbesar di dunia lho, teman-teman. The City Montessori School tercatat di Guinness Book of World Records sebagai sekolah terbesar di dunia dengan jumlah siswa 52.000 orang dan 1.050 kelas. Nah, sekolah ini terdiri dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah.
 
2. Tiongkok Jumlah PR Terbanyak

Siswa yang bersekolah di sana menerima PR paling banyak di dunia. Menurut artikel di South China Morning Post, sekitar 60% siswa berusia 6 - 17 tahun tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik (8 jam sehari). Bayangkan saja, selain harus mengerjakan PR menumpuk dari sekolah, mereka pun harus mengerjakan tugas yang diberikan di tempat les. Dan mereka rata-rata bisa menghabiskan 14 jam selama 1 minggu hanya untuk mengerjakan PR. Kalau kamu sendiri, butuh waktu berapa lama untuk menyelesaikan PR nih?

3. Chili Liburan Musim Panas

Liburan musim panas sekolah di Chili berlangsung dari pertengahan Desember sampai awal Maret. Nah, seiring dengan berakhirnya liburan musim panas, tahun ajaran baru pun dimulai. Tapi... kira-kira apa aja ya, yang kamu lakukan kalau dikasih liburan 3 bulan? Bisa-bisa baju seragam yang lama udah nggak muat nih karena nyemil mulu, hehe. 

4. Perancis Liburan 4 Periode

Kalau biasanya sekolah hanya memberikan liburan khusus untuk musim panas dan musim dingin, di Perancis berbeda lho. Mereka memberikan 4 periode liburan kepada siswanya. Dan uniknya lagi, untuk sekolah dasar di Perancis hanya diberlakukan 4 - 4,5 hari sekolah per minggu. Tapi berbeda untuk sekolah menengah dan universitas yang memberlakukan 5 hari sekolah. Jadi gimana, teman-teman? Mau coba pindah ke Perancis? 

5. Jerman Bingkisan di Hari Pertama

Biasanya, setiap ajaran baru pasti ada saja keperluan sekolah yang kita beli. Entah seragam, tas, alat tulis, dan sebagainya. Konon, kalau ada barang baru, maka semangat baru untuk sekolah pun datang. Hayo, benar nggak? Hehe. Nah, di Jerman setiap masuk tahun ajaran baru, siswa menerima bingkisan berbentuk cone bernama Schultüte yang berisi pulpen, pensil, buku, dan cemilan. Wah, lumayan untuk berhemat lho karena sudah disediakan oleh pihak sekolah. Semangatnya jadi dobel deh!

6. Indonesia Sekolah Alam

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga memiliki beberapa sistem sekolah yang unik. Mungkin kamu belum tahu, kalau di beberapa daerah Indonesia sudah ada yang namanya "sekolah alam". Apa tuh, Kak? Belajar dari alam? Eits, bukan berarti sekolah sendirian ya, tapi kurikulum di sekolah alam lebih berbasis riset, praktek langsung, dan menjunjung budaya lokal. Salah satu contohnya ada Green School di Bali, dan Sanggar Anak Alam di Yogyakarta.

7. Inggris Sekolah yang Membebaskan Siswanya

Kalau di Indonesia ada sekolah alam, Summerhill School di Inggris memiliki kurikulum yang membebaskan siswanya berkreasi. Semua siswa bebas memilih kelas sesuai bakat dan minatnya, masuk dan pulang jam berapa pun, dan melakukan apapun asal tidak mengganggu orang lain dan bisa mempertanggung jawabkannya. Gimana, teman-teman? Apa mau bersekolah di sini atau malah nggak suka dengan aturannya?

8. Jepang Budaya Mandiri

Siswa di Jepang sudah diajarkan untuk menjadi mandiri sejak kecil, lho, teman-teman. Misalnya, siswa pra-sekolah (TK) sudah diajarkan untuk berangkat dan pulang sekolah sendiri. Dan juga, tidak ada petugas kebersihan yang membersihkan kelas, jadi para murid sendiri yang harus membersihkan kelas sepulang sekolah. Hayoo, siapa di sini yang masih suka bolos saat piket?

9. Italia Sekolah Paling Sepi

Di salah satu kotanya yang bernama Turin, terdapat sekolah dengan hanya satu siswa. Bahkan, dijuluki lonely planet lho! Wah, ini beruntung atau kasihan ya dengan siswa dan gurunya? Serasa sedang belajar privat deh. 

Kalau disuruh memilih, kamu ingin bersekolah di negara yang mana? Mau belajar mandiri di Jepang, sekolah bebas di Inggris, atau mau coba sekolah alam di Indonesia? Apapun itu, pendidikan merupakan hal yang penting bagi kita. Formal maupun informal, asalkan itu bermanfaat, nggak ada salahnya dicoba kok.

Editor: Yaya

Sumber: blog.ruangguru.com

T#g:Universitas
Berita Terkait
  • Sabtu, 12 Sep 2020 15:12

    Ini Alasan Perlunya Universitas Negeri Di Tapanuli

    Berbagai elemen masyarakat di Tapanuli sangat merindukan adanya Universitas, yang dipahami banyak harapan yang terkandung di dalamnya. Karena berkembangnya suatu daerah, pastinya dibarengi SDM (sumber

  • Senin, 07 Sep 2020 19:47

    Garda Muda Tapanuli Utara Serahkan Surat Pernyataan Dukungan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya

    Garda Muda Tapanuli Utara serahkan Surat Pernyataan Dukungan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya (UNTARA), Senin (7/9/2020).Anugerah Sastra Ompusunggu Ketua Garda Muda Tapanuli Utara didampingi

  • Senin, 31 Agu 2020 20:11

    Akhyar Terima Rekomendasi Universitas HKBP Nomensen

    Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi terima Rekomendasi Penanggulangan dan Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Medan dari Universitas HKBP Nome

  • Selasa, 23 Jun 2020 22:53

    Persiapan Fase Normal Baru, Akhyar Sambangi Universitas Pembangunan Panca Budi

    Bertambahnya kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak lepas dari kesadaran masyarakat yang kurang peduli dan menyepelekan wabah Covid-19. Oleh karenanya Pelaksana Tugas (Plt) Wali

  • Kamis, 09 Apr 2020 09:09

    13 Rektor Se-Jabar Diajak Bentuk Forum Perguruan Tinggi Demi Penanggulangan COVID-19

    Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama 13 rektor perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Jabar sepakat membentuk Forum Perguruan Tinggi Jabar dalam rangka penanggulangan COVID-19.

  • Sabtu, 28 Mar 2020 11:38

    Tenda Darurat Isolasi di RS Universitas Brawijaya Malang

    Menyikapi situasi tanggap darurat Corona Virus Disease (COVID-19), Brigif Para Raider 18/SEY mendirikan tenda darurat  guna kebutuhan pasien yang membutuhkan isolasi.

  • Jumat, 14 Feb 2020 15:04

    Dukung Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya, HMI: Sangat Banyak Untungnya

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mendukung berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya di Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pendirian universitas ini dinilai HMI memiliki banyak keuntungan. "Dengan h

  • Rabu, 14 Agu 2019 18:14

    Universitas Simalungun Siap Mendukung Segala Kegiatan GMKI Pematangsiantar-Simalungun

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun melakukan pertemuan dengan Rektor dan Yayasan Universitas Simalungun (USI).Pertemuan ini dihadiri oleh Badan Pengurus Caba

  • Senin, 17 Jun 2019 11:27

    Perjuangan FSPMI Palas Dijadikan Skripsi Mahasiswa UIN Suska

    Merasa terinspirasi akan peranan dan perjuangan pengurus Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC FSPMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), dalam memperjuangkan kesejahteraan dan mart

  • Minggu, 05 Mei 2019 09:05

    Rektor Universitas Muhammadiyah dan Dandim 0824 Buka Lomba PBB Tingkat SMA

    Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Jember Dr Ir M Hasmi D.E S.S bersama Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf Arif Munawar membuka Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) memperebutkan Piala Rektor UM

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak