Jumat, 14 Mei 2021 02:53
  • Home
  • Pendidikan
  • 39 Dosen Muda UHN Medan Mendapat Pembinaan Dari Ephorus HKBP

39 Dosen Muda UHN Medan Mendapat Pembinaan Dari Ephorus HKBP

Taput (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Jumat, 02 Agu 2019 16:52
Istimewa
Ompui Ephorus HKBP Dr. Darwin Lumbantobing bersama Dosen Muda HKBP Nomensen
Universitas HKBP Nomensen Medan, sejak 31 Juli hingga 3 Agustus 2019, mengadakan pembinaan kepada 39 Dosen Muda yang mendedikasikan dirinya untuk mempersiapkan generasi intelektual bangsa melalui lembaga pendidikan yang dikenal dengan UHKBPN Medan, di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit.

Di hari ketiga pembinaan (02/08), turut hadir Ompui Ephorus HKBP Dr. Darwin Lumbantobing dalam memberikan sesi "Kepemimpinan dan Jiwa Memiliki Lembaga Universitas HKBP Nommensen" kepada 39 Dosen Muda UHN HKBP.

Turut hadir juga Kepala Biro Pembinaan HKBP Pdt. Darwin Sihombing, Seketaris Yayasan UHKBPN Pdt. Dr. Pintor Sitanggang, Rektor Nommensen Medan Dr. Haposan Siallagan, SH, MH dan Rektor Nommensen P. Siantar Prof. Sanggam Siahaan.


Dalam ceramahnya Ompui menyingung "Vocatio General dan Vocatio Spesialis", dalam ceramahnya setiap umat Kristen merupakan orang-orang percaya yang dipanggil, tetapi dalam peristiwa pemanggilan tersebut berbeda-beda. 

"Ada yang spesial dalam pribadi kita, seperti bapak ibu saat ini dalam pemanggilannya sebagai dosen yang mendedikasikan dirinya di kampus Universitas HKBP Nommensen," tutur Ompui.

"Ada orang yang memiliki gelar akademis master dan doktor tetapi tidak semua dipanggil untuk menjadi seorang Dosen dan inilah Vocatio General dan Vocatio Spesialis", tambah Ompui.


Pada sesi berikutnya, moderator yang dibawakan Rektor UHN Medan memberikan kesempatan untuk beberapa orang salahseorang Dosen Muda Christian Neni Purba, S.Pd, M.Hum memberikan pertanyaan bahwa belakangan ini UHKBPN secara kualitas sedikit kehilangan rohnya yang memiliki motto "Pro Deo Et Patria" untuk Tuhan dan Ibu Pertiwi,  beliau kemudian menanyakan hal-hal yang perlu dibenahi untuk mengembalikan eksistensi dan roh dari kampus tersebut.

Kemudian Ompui memberikan arahannya bahwa semua orang percaya dipanggil dan dalam pemanggilan tersebut Vocatio Spesialis, kita harus berbeda dengan yang lain, ada partikularis tetapi kesamaan harus ada yaitu missi Kritus.

"Sebagai pengajar bagaimana dosen bekerja secara baik, sebagai dosen tetapi satu kesatuan dengan panggilan tersebut", tutup Ompui.

Usai memberikan ceramah Ompui Ephorus HKBP ditutup dengan memberikan buku kepada peserta pembinaan berjudul "HKBP do HKBP" dan "Tumbuh Lokal Berbuah Universal" serta melakukan foto bersama.
Editor: Herda

T#g:dosenEphorusGMKIHKBP
Berita Terkait
  • Senin, 10 Mei 2021 22:40

    GMKI Turun Ke Jalan Tolak Perwa Pematangsiantar No 04 Tahun 2021

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar-Simalungun mengadakan aksi turun kejalan terkait kenaikan Nilai Jual objek Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan tahun 2021-2023, Senin 10 Mei 2021

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    KONFERCAB - XI GMKI Tarutung tetapkan Ketua dan Sekretaris Cabang serta keluarkan rekomendasi penting

    Kegiatan Konferensi Cabang resmi dibuka oleh Pengurus Pusat GMKI Kordinator Wilayah I SUMUT-NAD Hendra L Manurung, S.Agr didampingi oleh Pemerintah Kab. Tapanuli Utara yang diwakilkan oleh Kepala Dina

  • Jumat, 30 Apr 2021 08:40

    GMKI Kecam Praktek Penggunaan Alat Rapid Test Bekas di Kualanamu

    Praktek penggunaan alat kesehatan (alkes) rapid test antigen bekas di Bandara Internasional Kualanamu mendapat kecaman dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sumatera Utara.

  • Senin, 26 Apr 2021 18:06

    GMKI meminta Kapolri panggil Walikota Medan terkait Kerumunan di Kesawan City Walk

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Medan meminta Kapolri panggil Walikota Medan terkait kerumunan massa di kawasan Kesawan City Walk.

  • Sabtu, 03 Apr 2021 16:03

    Bantu pengamanan ibadah Jumat agung, GMKI Pematangsiantar- Simalungun sebar anggota ke rumah ibadah

    Organisasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun menerjunkan puluhan kadernya untuk membantu kelancaran proses ibadah Jumat agung, 2 April 2021, di beberapa ger

  • Sabtu, 03 Apr 2021 14:33

    GMKI: Gubernur Sumut dan Pertamina Jangan "Cuci Tangan." Segera Cabut Kenaikan Harga BBM Non Subsidi

    Masyarakat Sumatera Utara terhenyak, harga BBM Non Subsidi naik di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum jelas ujungnya.

  • Selasa, 30 Mar 2021 14:40

    GMKI Tolak PT. Dairi Prima Mineral Beroperasi Di Tanah Dairi

    Pengembangan proyek pertambangan seng dan timah di Dairi, Sumatra Utara yang dikembangkan melalui anak usaha yakni, PT Dairi Prima Mineral (DPM) mendapatkan penolakan dari elemen masyarakat, salah sat

  • Senin, 29 Mar 2021 17:29

    Kapolri Harus Evaluasi Kinerja Satuan Tugas Anti Teror

    Korwil I PP GMKI Sumatera Utara-Aceh Hendra Leonardo Manurung, S.Agr., mengecam tindakan bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar. "Tindakan ini sangatlah biadab. Bersamaan dengan ini saya ucap

  • Senin, 29 Mar 2021 14:19

    Pasca Bom Katedral, GMKI Pematangsiantar- Simalungun imbau masayarakat tidak terprovokasi

    Minggu, 28 Maret 2021, telah terjadi aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. Bom meledak setelah jemaat gereja melakuakan misa kedua. Hal ini Merupakan tindakan teror

  • Senin, 29 Mar 2021 09:19

    Hasil Sidang Pleno 1 BPC GMKI Pematangsiantar- Simalungun Fokus Peningkatan Kualitas Kader

    Sidang Pleno 1 BPC GMKI Pematangsiantar- Simalungun Masa Bakti 2021-2023 diadakan di kecamatan Pangururan, kabupaten Samosir, berlangsung sejak tanggal 26-28 Maret 2021.Adapun Sidang Pleno 1 ini diada

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak