Sabtu, 22 Feb 2020 22:54
  • Home
  • Pendidikan
  • 'Paket Cinta Tanah Air' Dari TNI Untuk Anak-Anak MI Al-Ma'arif Sota

'Paket Cinta Tanah Air' Dari TNI Untuk Anak-Anak MI Al-Ma'arif Sota

Papua (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Sabtu, 25 Jan 2020 20:55
Puspen TNI
Sebanyak 67 siswa-siswi dan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ma'arif Sota, menyerbu Pos Komando Utama (Kout) Satgas Pamtas RI-PNG Batalyon Infanteri Mekanis Raider 411/Pandawa (Yonif MR 411/Pdw) Kostrad di Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (24/1/2020).

Selama berada di pos, para siswa-siswi mendapat paket belajar bertema cinta tanah air yang meliputi pengetahuan dini soal kemiliteran. Kegiatan diawali dengan senam bersama dilanjutkan mengenal senapan SS2-V2, SS1-V2, Minimi, Pistol FN, jenis seragam TNI, makanan ransum TNI, pengenalan Peta, manfaat sayur-sayuran diakhiri makan bubur kacang ijo bersama.

Rombongan anak-anak MI Al-Ma'arif Sota juga diberi wawasan mengenai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) dan Tugas Pokok TNI yaitu Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Salah satu wujudnya adalah kegiatan teritorial yang dilaksanakan ini.

Kunjungan anak-anak sekolah yang duduk di kelas I sampai VI itu berlangsung kurang lebih dua setengah jam yang diterima langsung Wakil Komandan (Wadan) Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang beserta seluruh personel Pos Kout.

"Kami sambut siswa-siswi yang datang dengan senang hati. Tujuan kegiatan yang bertema "Paket Cinta Tanah Air" adalah untuk membentuk tekad, sikap dan karakter bela negara dikalangan pelajar perbatasan, dengan berbagai pengetahuan baru yang dikenalkan. Harapannya akan bermanfaat dan menumbuhkan jiwa nasionalisme," jelasnya.

Sementara itu, Pasiter Satgas Kapten Arm Imam Ari Setiawan selaku kordinator penyelenggara mengatakan bahwa pagi hari personel satgas menjemput anak-anak di sekolah dengan kendaraan dinas. Setelah sampai di Pos Kout disiapkan berbagai kegiatan yang bertujuan mengedukasi dan membentuk karakter para pelajar perbatasan calon generasi bangsa dimasa depan.

Wakil Kepala Sekolah MI Al-Ma'arif Sota Ibu Jamilah menyampaikan ucapan terima kasih atas keramahan dan kasih sayangnya, disela-sela menjalankan tugas pokoknya masih menyempatkan waktu untuk memberikan pengetahuan baru tentang kemiliteran bagi anak didiknya.

"Anak-anak ingin melihat dan mengenal langsung TNI lebih dekat, oleh karena itu kita minta bapak-bapak tentara dari Pos Kout Satgas untuk memberikan pengetahuan tentang kemiliteran dan kegiatan yang bermanfaat membangun karakter anak," ujarnya.

Anak-anak sangat antusias dengan acara tersebut. Terbukti, setelah usai kegiatan, banyak siswa yang bercita-cita untuk menjadi anggota TNI. "Kegiatan ini adalah yang pertama kali dan sangat membuat siswa-siswi terkesan dan senang," ucap Ibu Jamilah.
Editor: Herda

T#g:pelajar
Berita Terkait
  • Selasa, 18 Feb 2020 14:18

    Prajurit Satgas Yonif 754 Kostrad Latih Kedisiplinan Anak-Anak Kampung Trimuris

    Manfaatkan waktu akhir pekan di daerah penugasan, Prajurit Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad memberikan pelatihan kedisiplinan kepada anak-anak Kampung Trimuris, Distrik Mamberano Hilir, Kabupaten Mam

  • Sabtu, 15 Feb 2020 21:45

    Sering Jual Sabu Ke Anak Sekolah, Kifli Diringkus Polisi

    Budi Sulaiman alias Kifli (27) warga Lingkungan VII kampung Padang, Kelurahan Pekan Dolok Masihul, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, berhasil ditangkap tim Opsnal Sat Resnarkoba Polr

  • Rabu, 09 Okt 2019 16:39

    Gawat... Masih Ada Siswa Kelas VI Tidak Bisa Baca Tulis di SD Labuhanbatu Selatan Ini

    Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pasal 17 ayat 1 dan 2, menguraikan fungsi pendidikan dasar sebagai pembekalan kemampuan dasar yang terkait dengan kemampuan berpi

  • Jumat, 04 Okt 2019 07:04

    Ilyas: Disdik Batubara Sambut Baik Pelaksanaan PKN 2019

    Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Batu Bara menyambut baik Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019 yang akan digelar pada tanggal 7-13 Oktober 2019 mendatang oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendi

  • Selasa, 16 Okt 2018 19:16

    KPU Palas Berharap Siswa Tidak Golput

    Seribuan siswa SMAN I Barumun mengikuti sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas, Selasa, (16/10).Ketua KPU Palas Amran Pulungan (Ampul) mengatakan, tujuan dari sosi

  • Kamis, 26 Jul 2018 09:36

    Harumkan Nama Labuhanbatu, Yukina Mutiara Marbun Raih Emas di Pekan Olahraga Pelajar Sumut

    Apa yang diharapkan Wakil Bupati Labuhanbatu saat melepas Kontingan atlet putra putri dari 'bumi ikabina en pabolo' untuk meraih medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak