Senin, 19 Apr 2021 10:49
  • Home
  • Pemilukada
  • Sengketa Pilkada Keterangan Saksi Pemohon Kepling Suwandi Hanya Katanya, Tidak Didukung Laporan Bawaslu

Sengketa Pilkada Keterangan Saksi Pemohon Kepling Suwandi Hanya Katanya, Tidak Didukung Laporan Bawaslu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 06 Mar 2021 12:36
Istimewa
Menyikapi salah penafsiran masyarakat (publik) khususnya Kabupaten Labuhanbatu terkait munculnya berita diduga berdasarkan kutipan singkat sebuah video dari aplikasi Youtube, tentang Sidang Gugatan Pilkada Labuhanbatu tahun 2020 di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (2/3/2021). Video berdurasi 4 Jam tersebut, menampilkan sidang keterangan Saksi dan Ahli yang diajukan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Labuhanbatu dr H Erik Atdrada Ritonga MKM - Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM disingkat ERA nomor urut 2 selaku Pemohon: yang mana bersifat masih katanya, semua kepling disumpah agar mencoblos pasangan calon petahana Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT - Faisal Amri Siregar, ST disingkat ASRI nomor urut 3.

Sidang tersebut dipandu oleh Majelis Hakim Daniel, saksi Slamet Riadi, Suwandi dan Ahmad Husaini, dicecar sejumlah pertanyaan dari Kuasa Hukum Paslon ERA, Paslon ASRI dan Majelis Hakim MK dalam persidangan pemeriksaan permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Labuhanbatu di Gedung MK Panel II pada Selasa (02/03/2021) pukul 08.00 kemarin.


Saksi Slamet Riadi, Ia menyampaikan tentang jumlah Daftar Pemilih Tambahan Baru (DPTB) yang tinggi di Kecamatan Rantau Utara. Dimana, Ia membuat keberatan melalui Kejadian khusus. Sedangkan saksi Suwandi yang merupakan salah Satu Kepala Lingkungan di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara. Ia mengaku pada bulan september disuruh, seluruh Kepling bersama istri dan kader Posyandu Kumpul di Rumah Dinas Wakil Bupati Labuhanbatu yang dihuni oleh H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST MT selaku Paslon nomor urut 3. Selanjutnya saksi Ahmad Husaini, mengaku melihat satu pemilih atas nama Abdul wahab Nasution di TPS 03 Desa Selat Beting Kecamatan Panai Tengah, telah mencoblos sebanyak 2 kali. 

KPU Optimis MK Tolak Gugatan Pilkada Labuhanbatu ERA 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Labuhanbatu (Termohon) Melalui Kuasa Hukumnya Muhammad Rusli, SS, S.H, M.S menanggapi permohonan perkara Nomor 58/PHP.BUP-XIX/2021 yang diajukan Paslon Erik-Ellya di persidangan pendahuluan, menjadi tiga isu. Pertama, hasil perolehan suara Paslon Nomor Urut 3 lebih besar dibanding perolehan suara Paslon Pemohon adalah adanya penggunaan hak pilih oleh orang yang tidak seharusnya atau penggunaan hak pilih lebih dari satu kali. Kedua, Pemohon mendalilkan Termohon turut memenangkan Paslon Nomor Urut 3. Ketiga, adanya keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Labuhabatu untuk memenangkan Paslon Nomor Urut 3. Atas alasan tersebut, Pemohon mengadu ke MK terkait hasil rekapitulasi KPU Labuhanbatu untuk melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 37 TPS.


Muhammad Rusli mengatakan, kami sudah menyiapkan 50 bukti yang telah diserahkan ke Kepaniteraan MK sebagai bantahan atas seluruh Permohonan Pemohon. "Ia menegaskan KPU Kabupaten Labuhanbatu Optimis dalam sidang sengketa Pilkada Labuhanbatu 2020 Majelis Hakim MK mengeluarkan Keputusan menolak terhadap semua dalil-dalil Pemohon diajukan Paslon Nomor Urut 2 dr H Erik Atdrada Ritonga MKM - Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM," ujar Muhammad Rusli dalam memberikan tanggapan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Bupati Labuhanbatu digelar di Gedung MK Panel II, Selasa (02/02/2021) pukul 08.00 dalam agenda sidang mendengarkan jawaban Termohon, Keterangan Pihak terkait, Keterangan Bawaslu dan Pengesahan Alat Bukti melalui telepon WhatsAppnya, Jum'at (5/3/2021) sekitar pukul 16.23WIB sore ini.

"Termohon menolak permohonan Pemohon secara keseluruhan dan menyatakan benar dan tetap berlaku atas Keputusan KPU Labuhanbatu tentang Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2020 pada Tanggal 16 Desember Tahun 2020 pukul 22.37 WIB. KPU pun menjabarkan perolehan masing-masing paslon berdasarkan penetapan rekapitulasi tersebut. Paslon Tigor-Adlinsah memperoleh 19.814 suara, Paslon Erik-Ellya 87.292 suara, Paslon Andy-Faizal 88.130 suara, Paslon Abdul-Ahmad 28.726 suara, dan Paslon Suhairi-Irwan 12.909 suara," cetus Muhammad Rusli kembali.


Ditanya apakah ada Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu mengeluarkan rekomendasi atas Pengaduan oleh Kepling di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Suwandi bahwasanya ada sekitar 300 orang kepling bersama istrinya dan seluruh kader posyandu se Kecamatan Rantau Utara, dikumpulkan di rumah dinas agar memilih nomor urut 3 dan apakah ada Paslon nomor urut 2 ERA atau/ Tim Sukses Paslon nomor urut 2 ERA ada sekitar 300 orang kepling bersama istrinya agar memilih nomor urut 3 ? 

Muhammad Rusli menjawab sampai saat ini pihak KPU Kabupaten Labuhanbatu memastikan tidak ada menerima rekomendasi Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu terkait adanya Pengaduan sekitar 300 orang kepling bersama istrinya dan seluruh kader posyandu se Kecamatan Rantau Utara, dikumpulkan di rumah dinas agar memilih nomor urut 3.

Tim Hukum KPU Kabupaten Labuhanbatu tidak bersedia menjelaskan ke publik semua duduk perkara sampai adanya Keputusan MK terkait Permohonan Perkara Nomor 58/PHP.BUP-XIX/2021 PHP Bupati Labuhanbatu yang diajukan Pasangan Calon (Paslon) Nomor Urut 2 dr H Erik Atdrada Ritonga MKM - Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM, begitu juga Kami tidak menanggapi adanya pemberitaan mengenai kinerja KPU, Bawaslu, Dinas Catatan Sipil Pemkab.Labuhanbatu dan berita lain-lainnya begitu juga enggan menanggapi melalui dunia maya seperti group WhatsApp, group facebook, twitter dan sebagainya adanya komentar seolah-olah dalam Keputusan MK nanti terjadi PSU dibeberapa TPS. Tukas Muhammad Rusli 

Sesuai Pengawasan Bawaslu Labuhanbatu

Perwakilan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu, Parulin Silaban, memberikan keterangannya terkait sengketa PHP Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2020 di depan Majelis Hakim Panel 2. Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu menegaskan bahwa penetapan rekapitulasi hasil suara tersebut sudah sesuai dengan hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu. "Sesuai pokok permohonan pada angka 1 halaman 6 terkait penetapan hasil suara masing-masing Paslon, bahwa penetapan rekapitulasi hasil suara yang diputuskan oleh KPU Kabupaten Labuhanbatu sudah sesuai dengan hasil pengawasan Bawaslu." Katanya 


Saksi Pihak Terkait

Pihak Terkait menghadirkan dua saksi yaitu Darman Manalu dan Nur Azizah. Nur Azizah diduga bukan penduduk asli Labuhanbatu, melainkan penduduk Aceh.

"Saya sudah memiliki KTP Kabupaten Labuhanbatu sejak tahun 2019, dan saya menggunakan KTP saya (membawa KTP) saat melakukan pencoblosan," tegas Azizah.

Saksi Darman Manalu menjawab pertanyaan yang diutarakan kuasa hukum Pihak Terkait. Darman mengungkapkan ia dan keluarganya mendapatkan undangan untuk melakukan pemungutan suara pada 9 Desember 2020 karena ia merupakan penduduk pada kawasan TPS tempat di mana ia melakukan pencoblosan.

"Saya ke TPS untuk melakukan pemugutan suara bersama istri, Mastari Siagian dan adik, Benget Manalu," kata Darman.

Menurut pengakuan Darman, istri dan adiknya menggunakan hak suaranya untuk diri sendiri. Hal ini membantah dalil yang diajukan oleh Pemohon terkait penyalahgunaan haknya oleh Paslon lain.


Sementara itu, Kuasa Hukum Nomor Urut 3 ASRI Nasir Wadiansah Harahap, SH merasa tidak mempermasalahkan kritik atas tanggapannya dimedia. Ia juga menangapi pemberitaan keterangan saksi Pemohon Suwandi masih katanya mengaku bulan september disuruh sekitar 300 orang kepling bersama istrinya dan seluruh kader posyandu se Kecamatan Rantau Utara, dikumpulkan di rumah dinas agar memilih nomor urut 3. 

Yang menjadi pertanyaan dikalangan masyarakat (publik) khususnya Kabupaten Labuhanbatu termasuk kami juga terhadap apakah Suwandi saat itu membuat Pengaduan resmi ke bawaslu dan apakah Paslon ERA atau/ Tim Paslon ERA sudah membuat Pengaduan resmi ke bawaslu sebelum pemilihan pada tanggal 9 Desember 2020 pekan lalu. 

Menurut Nasir Wadiansah Harahap menjelaskan di persidangan MK, hakim sudah menanyakan bawaslu berapa jumlah laporan dan temuan yang masuk. Dan bawaslu tidak ada mengatakan didalam persidangan bahwa ada pelanggaran tentang kepling yang disuruh memilih nomor 3. Jadi kalau tidak ada pelanggaran, saya pikir tidak usah dikembangkan, biarkan MK menilai keterangan saksi tersebut.

"Saya berharap mari kita hentikan komentar tak mendidik dan profesional. Sekedar ingat ungkapan pesan seorang aktivis pengiatan anti korupsi Sekjen DPP LSM Corruption Indonesia Funtionary Observation Reign "CIFOR" Abangda bung Ismail Alex, MI Perangin-Angin mengatakan "Jika Tak Pandai, Jadilah Orang Baik". Lanjutnya saat kita semua tinggal nunggu keputusan hasil persidangan di MK pada tanggal 19 Maret sampai tanggal 24 Maret 2021 nanti. Apapun hasilnya saya kira ini yang terbaik buat Kabupaten Labuhanbatu,"pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:MKPilkada Labuhanbatu
Berita Terkait
  • Minggu, 18 Apr 2021 20:18

    PMKRI Minta Polisi Tangkap Joseph Paul Zhang

    Di media sosial seseorang bernama Joseph Paul Zhang mendadak viral karena menentang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai nabi ke-26. Dalam video yang berdurasi sekitar 3 menit ya

  • Jumat, 16 Apr 2021 18:46

    PP PMKRI Minta Pemerintah Segara Batalkan PP Nomor 57 Tahun 2021

    Pada tanggal 31 Maret 2021, Pemerintah melalui Mendikbud mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standart Pendidikan Nasional. Dalam PP tersebut ternyata Pancasila tidak lagi men

  • Selasa, 13 Apr 2021 09:33

    Senyum Manis Pengusaha UMKM Kesawan City Walk

    Kesawan City Walk (KCW), membuahkan hasil positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal itu terlihat dari kebahagiaan para pegiat UMKM Kesawan City Walk saat mengungkapkan pendapatannya yang men

  • Selasa, 13 Apr 2021 09:13

    Usai Rapat LKPJ di Ruang Banggar, Wong Chun Sen: Jangan Persulit Pengusaha Urus Perizinan

    Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Drs. Wong Chun Sen, M.Pd.B mengatakan, Pemerintah Kota Medan agar tidak mempersulit pengusaha di Kota Medan untuk mengurus perijinan karena un

  • Sabtu, 10 Apr 2021 09:10

    Perluas Jangkauan Pasar, Nawal Minta UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

    Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka kegiatan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rangka mendukung program des

  • Jumat, 09 Apr 2021 22:39

    Masyarakat Binjai resah dengan maraknya peredaran narkoba

    Peredaran narkoba di Kota Binjai saat ini terus meningkat. Akibatnya, masyarakat menjadi resah dengan maraknya narkotika yang merupakan zat atau obat yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sint

  • Jumat, 09 Apr 2021 14:29

    Pemkab Deli Serdang Segel Diskotik SG

    Setelah akan didemo oleh Aliansi Aksi Penyelamat Umat dan Generasi Bangsa yang berasal dari 3 Kabupaten Kota (Langkat, Binjai dan Deli Serdang) akhirnya, Pemerintah Kabupaten Deli Serdang melakukan pe

  • Jumat, 09 Apr 2021 06:09

    Bupati Zahir Minta Para Pelaku UMKM Batu Bara Hadiri Acara Digital Entrepreneur Academy

    Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar, SH, meminta dan sekaligus mengajak para pelaku UMKM untuk menghadiri acara Digital Entrepre

  • Kamis, 08 Apr 2021 09:58

    Wali Kota Ingin Pemko Bisa Jadi Pasar Bagi Produk UMKM Medan

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, mengapresiasi perhelatan Pemasaran Produk Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM di Ground Floor Manhattan T

  • Rabu, 07 Apr 2021 16:17

    Panglima TNI dan Kapolri Puji Pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 Pemko Medan

    Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi pelaksanaan Drive Thru Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Pemko Medan di Lanud Soewondo, Rabu (7/4). Mere

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak