Kamis, 18 Apr 2024 07:59
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

KPU Taput Siap Sukseskan Pilkada Taput dan Pilgubsu

TARUTUNG (utamanews.com)

Oleh: Robi

Jumat, 09 Jun 2017 05:59

Dok
Rudolf Sirait, Ketua KPU Daerah Taput
Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Taput, Rudolf Sirait, Kamis (8/6) kepada UTAMANEWS lewat sambungan selulernya mengatakan, pihaknya terus berbenah untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada Taput dan Pilgubsu yang akan digelar serentak pada 27 Juni 2018 mendatang.

"Secara umum, kita sudah sangat siap menyongsong dan mensukseskan pelaksanaan pilkada mendatang", ujar Rudolf mantap.

Namun demikian, saat ini masih terkendala akan "sharing anggaran" dari pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Sementara untuk Pilkada Taput, pihaknya sudah mendapat respon positif kesiapan Pemkab Taput untuk alokasi anggaran. Walaupun begitu, Rudolf optimis, permasalahan sharing anggaran tersebut akan segera tuntas seiring dengan Launching Pilkada pada 14 Juni 2017 ini.

"Terkait sharing anggaran ini baru dibahas di KPU Provinsi Sumut bersama 8 kabupaten/ kota yang akan menggelar pilkada bupati/wabup, walikota/wakil", terang Rudolf.

Ketika disinggung terkait pelaksanaan sosialisasi pilkada yang akan disampaikan kepada masyarakat, Rudolf mengakui pihaknya sudah mempersiapkan hal-hal prioritas yang menjadi perhatian untuk disosialisaikan. Diantaranya, upaya mendorong peningkatan partisipasi pemilih, ketentuan tentang pemilih pemula dan hal lainnya seperti menolak politik uang.

"Kita ajak masyarakat Taput untuk berpartisipasi di Pesta Demokrasi ini, dan berdemokrasi yang sehat", imbuhnya lagi.

Sementara, terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT), Rudolf mengaku akan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Taput. Nanti nya akan dilakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih.

Bahkan, katanya, secara bertahap sudah dilakukan sosialisasi pemutakhiran data pemilih di kecamatan-kecamatan di Taput.

Informasi yang dihimpun UTAMANEWS, jadwal tentatif tahapan Pilkada 2018, antara lain meliputi Sosialisasi ke masyarakat dan sosialisasi dan penyuluhan teknis ke KPU masing-masing daerah sekitar tanggal 14-26 Juni. Kemudian, pelaksanaan pembentukan PPK/ PPS/ Badan Penyelenggara Pemilu pada sekitar bulan September- Oktober.

Secara bersamaan akan berlangsung proses pemutakhiran data Pilkada hingga sekitar Desember 2017. Selanjutnya, dilakukan proses pendaftaran pasangan calon, dimana calon perseorangan telah melakukan tahap sebelumnya dengan memverifikasi dukungan ke KPU masih di bulan Desember 2017.

Di awal tahun 2018 memasuki Penetapan pasangan calon, dan masa kampanye dan debat sekitar Februari-Juni 2018, dilanjutkan kampanye melalui media masa, cetak, dan elektronik masih sekitar Juni 2018. Setelah itu akan memasuki masa tenang dan pembersihan alat peraga dan dilanjutkan dengan pemungutan suara pada 27 Juni 2018.

Usai itu, memasuki kegiatan rekapitulasi pengumuman sekitar 4-9 Juli 2018. Dan apabila tidak ada gugatan/perselisihan akan dilakukan penetapan pemenang Pilkada.

Editor: Sam

T#g:KPUDpilgubsuTaput
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️