Jumat, 19 Apr 2024 01:46
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

KPU Deliserdang: Partisipasi Pemilih Pilkada Serentak 2018 Meningkat

Deli Serdang (utamanews.com)

Oleh: Iyus

Senin, 09 Jul 2018 09:39

Istimewa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deli Serdang telah selesai melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 pada rapat pleno yang dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Deli Serdang sejak Kamis (5/7/2018) sejak pukul 11.00 Wib hingga Jumat (6/7/2018) pukul 04.00 Wib.

Koordinator Divisi Sosialisasi Dan Partisipasi Masyarakat KPU Deliserdang Boby Indra Prayoga pada Senin (9/07/2018) menerangkan saat rapat pleno itu terjadi pembukaan dua kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang.

Kotak suara yang dibuka yaitu kotak suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) II Desa Tanah Merah, Kecamatan Galang. Kotak suara dibuka karena ada rekomendasi oleh Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deliserdang. Setelah kotak suara dibuka, dilakukan penghitungan surat suara.

"Sebenarnya di tingkat TPS dan Kecamatan itu tidak ada persoalan, tapi karena adanya temuan Panwaslih, KPU melaksanakan rekomendasi yang disampaikan Panwaslih. Temuannya itu ada yang selisih satu surat suara. Ada surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang masuk ke kotak suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara. Namun setelah dihitung ulang tidak merubah hasil," ujar Bobby.

Serta kotak suara dari TPS 14, Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung Morawa. Kotak suara dibuka karena sempat terjadi argumen antara KPU Deliserdang dengan Panwaslih Deliserdang karena surat suara melebihi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Awalnya tidak ada persoalan namun pada rapat pleno ini sempat terjadi pembahasan karena surat suara melebihi jumlah DPT. Namun setelah dikroscek, ternyata TPS 14 meminjam surat suara ke TPS 13," terang Boby.

Ditanya partisipasi pemilih, Boby menjelaskan untuk partisipasi pemilih di Kabupaten Deliserdang mencapai 62 persen dari jumlah DPT 1.165.765 pemilih. "Target partisipasi pemilih tidak tercapai, kita menargetkan partisipasi pemilih 75 persen. Meski pun begitu partisipasi pemilih Pilkada Serentak Tahun 2018 di Deliserdang meningkat dibandingkan Pilkada Serentak sebelumnya yang hanya 37 persen," jelas Boby.

Untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Deliserdang paslon Ashari Tambunan-M Ali Yusuf Siregar mendapatkan 538.238 suara atau 82,24 persen. Sementara kotak kosong mendapatkan perolehan suara mencapai 116.193 atau 17,75 persen.

Editor: Herda

T#g:Pilkada DSGolput
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️