Senin, 10 Agu 2020 00:06
  • Home
  • Pemilukada
  • Bantah Tudingan Eks Panitia, Ketua: Tiga Kandidat Lolos Calon Kepala Desa Lubuk Hulu

Bantah Tudingan Eks Panitia, Ketua: Tiga Kandidat Lolos Calon Kepala Desa Lubuk Hulu

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Mukhlis Aci
Kamis, 24 Okt 2019 14:24
Istimewa
Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa di rumahnya, Jl. Besar Simpang Dolok, Desa Lubuk Hulu, Kamis dini hari, (24/10/2019).
Ketua Pemilihan Kepala Desa Lubuk Hulu Zainuddin, membantah tudingan terhadap tiga eks anggotanya, yang dimuat dalam pernyataan tertulis mereka pada tanggal 18 Oktober 2019, yang menyebutkan ketua panitia tidak mengacu kepada peraturan bupati (Perbup) nomor 37 tahun 2019.

Dimana melalui tudingan itu, seolah- olah, ketua panitia melakukan kecurangan, dan bahkan pro kepada salah satu kandidat balon kades dari incumben bernama Saharuddin.

Secara tegas, Zainuddin membantah tudingan atau penilaian tersebut. "Tudingan mereka sangat tidak beralasan, atau absurd (tak masuk akal)," beber ketua panitia Pilkades Zainuddin, ketika memberikan keterangan secara langsung kepada wartawan di rumahnya, Desa Lubuk Hulu, Kamis dini hari, (24/10/2019).

Sebelumnya, mencuat issu di tengah-tengah masyarakat, dan bahkan sampai di media. Ada sejumlah warga masyarakat menyampaikan rasa tak percaya terhadap kebenaran dan keabsahan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB/Ijazah) SD atas nama Saharuddin. "Bila pernyataan sejumlah masyarakat itu dapat membuktikan, ya silah kan saja", kata Zainuddin.

"Bilamana, ijazah SD Saharuddin itu diragukan ke absahannya atau terindikasi palsu, maka tunjukan buktinya, atau dalilnya", kata Zainuddin dengan tegas. 


Zainuddin menuturkan, saya selaku ketua panitia tidak tidak bisa menjustifikasi apakah ijazah SD Saharuddin itu palsu atau tidak. "Bila mana ada kekeliruan terhadap syarat para bakal calon kepala desa, maka saya langsung berkoordinasi dan minta solusi kepada Buk Wini, Kabid Pemdes selaku Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Batu Bara. Ketika solusi itu kami dapati dari Buk Wini maka apabila berkas sudah dinyatakan lengkap maka harus diumumkan", ujar Zainuddin.

"Oleh karena itu, Selasa pukul 21.30 wib, tanggal 22 Oktober 2019, saya selaku pimpinan rapat panitia bersama sebelas anggota lainnya, mengadakan rapat pleno sekaligus membuat berita acara tentang  penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa. Berikutnya, hasil rapat pleno menetapkan, memutuskan masing-masing bakal calon menjadi calon kepala desa", ungkapnya.

"Adapun masing calon kepala desa atas nama Saharuddin dari incumben, Sumanto, dan Muhammad Zamil telah memenuhi syarat dan dinyatakan syah. Keputusan rapat pleno juga dihadiri oleh Ketua BPD Desa Lubuk Hulu Khairul, Panitia Kecamatan Datuk Lima Puluh Ramek, dan Babinsa Fauzi," urainya.


Kemudian tahapan berikutnya, Kamis, 24 Oktober 2019, panitia mengundang para peserta calon kepala desa, utuk pencabutan nomor di Kantor Balai Desa. Pelaksanaan pencabutan nomor dilakukan lebih awal, atau tepatnya pagi menjelang siang.

Di akhir penutup, Zainuddin menghimbau dan mengajak kepada seruruh komponen warga masyarak Desa Lubuk Hulu, untuk sukseskan pemilihan kepala desa, dengan kondusif, aman tentram dan tertib.

Sebelumnya, ada sejumlah warga masyarakat menyampaikan rasa tak percaya terhadap kebenaran dan keabsahan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Ijazah SD atas nama Saharuddin.

"Bila pernyataan sejumlah masyarakat itu dapat membuktikan, ya silah kan saja. Jangan ada lagi mencari- cari kesalahan satu dengan lainnya, dan jangan sampai membuat statement yang menjurus kepada fitnah, nanti bisa menimbulkan pidana baru," tandasnya.

Senada, Khairul selaku Ketua BPD Desa Lubuk Hulu, berharap kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan bahkan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk menciptakan kedamaian, agar penyelenggaraan pemilihan kepala desa tahun 2019 di Lubuk Hulu, berjalan lancar, tanpa ada unsur- unsur perpecahan.

"Sebagai warga masyarakat, berhak menentukan pilihannya, siapa saja calon kepala desa yang menang, kita harus legowo. Perlu digaris bawahi, saya sebagai Ketua BPD sama sekali tidak ada keberpihakan kepada masing-masing calon kepala desa," pungkasnya.
Editor: Ade

T#g:IjazahPilkadesuneg2
Berita Terkait
  • Senin, 27 Jul 2020 12:07

    Mengaku Istri Sah Manager PT Smart Padang Halaban, Aprianti Dewi Hidup Terlunta- lunta dan Terlantar di Rantauprapat

    Miris sekali nasib istri Manager PT Smart Padang Halaban hidup terlunta- lunta terlantar bersama anak lelakinya di Rantauprapat yang kini menumpang berteduh di kantor Lembaga Perlindungan Anak (LPA) K

  • Kamis, 02 Jul 2020 11:52

    Pencemaran Udara PKS Marbau Jaya, Mapancas Minta Izin Ditinjau Kembali

    DPD Mapancas Labura meminta Pemkab Labura meninjau kembali izin PKS PT Marbau Jaya Indah Raya. Hal tersebut diakibatkan pencemaran udara abu boiler PKS Marbau Jaya yang meresahkan masyarakat. "Pa

  • Selasa, 23 Jun 2020 20:13

    Warga Bandar Khalifah Dihebohkan Pelemparan Batu Misterius ke Atap Seng Rumah

    Sudah 4 malam ini berturut turut warga dihebohkan pelemparan misterius ke atap seng rumah beberapa warga di Dusun Barisan Panjang Desa Gelam Sei Serimah Kecamatan Bandar Khalifah Kabupaten Serdang Bed

  • Rabu, 03 Jun 2020 12:13

    Merasa Terdampak Covid-19 Belasan Warga Datangi Kantor Desa Tanjung Pasir

    Belasan Ibu-ibu warga Desa Tanjung Pasir Kecamatan Kualuh Selatan Kab. Labura mendatangi Kantor Kepala Desa Tanjung Pasir, di Jln. Lintas Tanjung Pasir Gunting Saga, untuk mempertanyakan Bansos (Bantu

  • Minggu, 29 Mar 2020 05:29

    UN 2020 Dihapus, Ini Kriteria Kelulusan Siswa SMA/SMK

    Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, memberikan pedoman terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2020, melalui Surat Edaran Nomor 443/3718-Set.Disdik.

  • Rabu, 18 Mar 2020 05:18

    Danramil 0824/05 Sumberjambe Jadi Tim Penyeleksi Kepala Dusun

    Dalam rangka mengisi kekosongan jabatan Salah Satu Kepala Dusun (Kasun) di Desa Sumberpakem Kec Sumberjambe  Kabupaten Jember, dilakukan seleksi perekrutan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. 

  • Jumat, 13 Mar 2020 15:23

    Junimart Girsang Minta Poybe Siahaan Buat Pengaduan Ke Kapoldasu dan Kapolri

    Anggota Komisi II DPR RI Junimart Girsang menanggapi kasus penghinaan yang dialami oleh korban Poybe Br. Siahaan (54) warga Jalan Buku Gang Sejahtera No.64 B, Kel. Sei Putih Barat, Kec. Medan Petisah,

  • Sabtu, 29 Feb 2020 16:19

    Hendra P Hutagalung Tanggapi Kasus Poybe Br. Siahaan

    Kasus penghinaan yang dialami oleh korban Poybe Br. Siahaan (54) warga Jalan Buku Gang Sejahtera No.64 B, Kel. Sei Putih Barat, Kec. Medan Petisah, Kota Medan pada Jumat (18/1/2019) silam dan telah me

  • Sabtu, 29 Feb 2020 05:49

    Kalah Pilkades, Hotber Situmorang Pimpin Unjuk Rasa Dukung Bupati Asahan Tidak Melantik Pemenang

    Hotber Situmorang calon kepala desa yang kalah dalam pemilihan kepala desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang Asahan, memimpin aksi unjuk rasa mendukung Keputusan Bupati Asahan H. Surya, B Sc untuk m

  • Kamis, 27 Feb 2020 12:37

    Setahun lebih laporan Poybe Br Siahaan di Polrestabes Medan tak diproses. Ada apa ya?

    Terkait kasus penghinaan yang dialami oleh korban Poybe Br. Siahaan (54) pada Jumat (18/1/2019) silam, hingga sampai saat ini kasus yang telah dilaporkan ke Polrestabes Medan tersebut belum ada penang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak