Minggu, 08 Des 2019 17:40
  • Home
  • Pemilukada
  • Bantah Tudingan Eks Panitia, Ketua: Tiga Kandidat Lolos Calon Kepala Desa Lubuk Hulu

Bantah Tudingan Eks Panitia, Ketua: Tiga Kandidat Lolos Calon Kepala Desa Lubuk Hulu

Sergai (utamanews.com)
Oleh: Mukhlis Aci
Kamis, 24 Okt 2019 14:24
Istimewa
Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa di rumahnya, Jl. Besar Simpang Dolok, Desa Lubuk Hulu, Kamis dini hari, (24/10/2019).
Ketua Pemilihan Kepala Desa Lubuk Hulu Zainuddin, membantah tudingan terhadap tiga eks anggotanya, yang dimuat dalam pernyataan tertulis mereka pada tanggal 18 Oktober 2019, yang menyebutkan ketua panitia tidak mengacu kepada peraturan bupati (Perbup) nomor 37 tahun 2019.

Dimana melalui tudingan itu, seolah- olah, ketua panitia melakukan kecurangan, dan bahkan pro kepada salah satu kandidat balon kades dari incumben bernama Saharuddin.

Secara tegas, Zainuddin membantah tudingan atau penilaian tersebut. "Tudingan mereka sangat tidak beralasan, atau absurd (tak masuk akal)," beber ketua panitia Pilkades Zainuddin, ketika memberikan keterangan secara langsung kepada wartawan di rumahnya, Desa Lubuk Hulu, Kamis dini hari, (24/10/2019).

Sebelumnya, mencuat issu di tengah-tengah masyarakat, dan bahkan sampai di media. Ada sejumlah warga masyarakat menyampaikan rasa tak percaya terhadap kebenaran dan keabsahan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB/Ijazah) SD atas nama Saharuddin. "Bila pernyataan sejumlah masyarakat itu dapat membuktikan, ya silah kan saja", kata Zainuddin.

"Bilamana, ijazah SD Saharuddin itu diragukan ke absahannya atau terindikasi palsu, maka tunjukan buktinya, atau dalilnya", kata Zainuddin dengan tegas. 


Zainuddin menuturkan, saya selaku ketua panitia tidak tidak bisa menjustifikasi apakah ijazah SD Saharuddin itu palsu atau tidak. "Bila mana ada kekeliruan terhadap syarat para bakal calon kepala desa, maka saya langsung berkoordinasi dan minta solusi kepada Buk Wini, Kabid Pemdes selaku Panitia Pilkades tingkat Kabupaten Batu Bara. Ketika solusi itu kami dapati dari Buk Wini maka apabila berkas sudah dinyatakan lengkap maka harus diumumkan", ujar Zainuddin.

"Oleh karena itu, Selasa pukul 21.30 wib, tanggal 22 Oktober 2019, saya selaku pimpinan rapat panitia bersama sebelas anggota lainnya, mengadakan rapat pleno sekaligus membuat berita acara tentang  penetapan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa. Berikutnya, hasil rapat pleno menetapkan, memutuskan masing-masing bakal calon menjadi calon kepala desa", ungkapnya.

"Adapun masing calon kepala desa atas nama Saharuddin dari incumben, Sumanto, dan Muhammad Zamil telah memenuhi syarat dan dinyatakan syah. Keputusan rapat pleno juga dihadiri oleh Ketua BPD Desa Lubuk Hulu Khairul, Panitia Kecamatan Datuk Lima Puluh Ramek, dan Babinsa Fauzi," urainya.


Kemudian tahapan berikutnya, Kamis, 24 Oktober 2019, panitia mengundang para peserta calon kepala desa, utuk pencabutan nomor di Kantor Balai Desa. Pelaksanaan pencabutan nomor dilakukan lebih awal, atau tepatnya pagi menjelang siang.

Di akhir penutup, Zainuddin menghimbau dan mengajak kepada seruruh komponen warga masyarak Desa Lubuk Hulu, untuk sukseskan pemilihan kepala desa, dengan kondusif, aman tentram dan tertib.

Sebelumnya, ada sejumlah warga masyarakat menyampaikan rasa tak percaya terhadap kebenaran dan keabsahan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Ijazah SD atas nama Saharuddin.

"Bila pernyataan sejumlah masyarakat itu dapat membuktikan, ya silah kan saja. Jangan ada lagi mencari- cari kesalahan satu dengan lainnya, dan jangan sampai membuat statement yang menjurus kepada fitnah, nanti bisa menimbulkan pidana baru," tandasnya.

Senada, Khairul selaku Ketua BPD Desa Lubuk Hulu, berharap kepada Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan bahkan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk menciptakan kedamaian, agar penyelenggaraan pemilihan kepala desa tahun 2019 di Lubuk Hulu, berjalan lancar, tanpa ada unsur- unsur perpecahan.

"Sebagai warga masyarakat, berhak menentukan pilihannya, siapa saja calon kepala desa yang menang, kita harus legowo. Perlu digaris bawahi, saya sebagai Ketua BPD sama sekali tidak ada keberpihakan kepada masing-masing calon kepala desa," pungkasnya.
Editor: Ade

T#g:IjazahPilkadesuneg2
Berita Terkait
  • Senin, 18 Nov 2019 17:28

    Masyarakat Desa Bagan Dalam Unjuk Rasa Protes Hasil Pilkades, Bupati Zahir Minta Lengkapi Data Kecurangan

    Ratusan Warga Desa Bagan Dalam Kecamatan Tanjung Tiram berunjukrasa di kantor Bupati, Jl. Perintis Kemerdekaan Lima Puluh, Batu Bara, Senin (18/11).Terlihat hari ini, ada sekelompok massa warga masyar

  • Jumat, 15 Nov 2019 15:45

    Kali Kedua Memimpin Desa Lubuk Hulu, Ini Komitmen Saharuddin

    Calon Kepala Desa Lubuk Hulu, dari nomor urut 01 Saharuddin alias Buyung, terpilih kembali kali kedua menjadi Kepala Desa.Hasil rekapitulasi perolehan suara yang dibacakan oleh Ketua Panitia Penyeleng

  • Kamis, 14 Nov 2019 22:34

    Bupati Batu Bara Apresiasi Masyarakat Antusias Ikuti Pilkades

    Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP menyatakan rasa bangga kepada masyarakat Batu Bara yang begitu antusias mengikuti pemilihan Kepala Desa serentak di 109 desa dari 141 desa di Kabupaten Batu Bara.Hal te

  • Rabu, 30 Okt 2019 19:40

    121 Pilkades Serentak Di Serdang Bedagai Jadi Tolak Ukur Kedewasaan Masyarakat Dalam Memilih Pemimpin

    Pemilihan kepala desa sebanyak 121 desa di 16 kecamatan yang jatuh pada hari ini, Rabu (30/10) menjadi perhelatan pesta demokrasi rakyat tanpa politik uang dan menjadi pendewasaan cara berpolitik yang

  • Rabu, 30 Okt 2019 18:00

    Pilkades Di Kecamatan Sei Rampah, Ricuh

    Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang digelar secara serentak di kabupaten Serdang Bedagai pada hari ini, Rabu (30/10), di beberapa desa mengalami kericuhan.Pantauan awak media utamanews.c

  • Kamis, 24 Okt 2019 08:24

    Bupati Jember Lantik 148 Kepala Desa Terpilih

    Komandan Kodim 0824 Jember Berharap Mampu Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Pemerintahan Desa.

  • Minggu, 20 Okt 2019 14:40

    Soal Dugaan Ijazah Palsu, Warga Lubuk Hulu Sampaikan Mosi Tak Percaya pada Panitia Pilkades

    Warga Masyarakat Desa Lubuk Hulu rasa tak percaya terhadap kebenaran dan keabsahan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Ijazah SD atas nama Saharuddin. Terkait hal ini, warga akan menyampaikan kepada Pani

  • Sabtu, 19 Okt 2019 21:09

    Panitia Pilkades Desa Lubuk Hulu Kompak Mengundurkan Diri

    Panitia Pemilihan Kepala Desa Lubuk Hulu, Kecamatan Datuk Lima Puluh mengundurkan diri bersama menjelang penetapan dan pengundian nomor urut calon kepala desa. Mereka khawatir adanya kebijakan yang di

  • Rabu, 16 Okt 2019 14:06

    Perjuangan Novi, Ojek Sayur Di Marelan Membesarkan Tiga Anak Seorang Diri

    Seorang janda bekerja sebagai ojek sayur bernama Novi, warga Lingkungan VI Kelurahan Besar Kecamatan Medan Labuhan, mengasuh tiga anak yatim dengan keadaan serba kekurangan dan sangat memprihatinkan.N

  • Jumat, 04 Okt 2019 11:24

    P2KD Melaksanakan Pencabutan Nomor Urut Calon Kades Di Balai Desa

    Dua kandidat Putra-putra terbaik dari desa Pematang Terang maju dalam kontestasi Pilkades pada periode jabatan 2019-2025 yang akan datang.Ketua panitia pemilihan kepala desa Pematang Terang, Eben Marb

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak