Kamis, 13 Des 2018 00:43
  • Home
  • Opini
  • WNI di Tiga Benua Berikan Dukungan Untuk Jokowi

WNI di Tiga Benua Berikan Dukungan Untuk Jokowi

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sukma Wijaya, Pengamat Politik Luar Negeri
Selasa, 13 Nov 2018 12:33
Biro Setpres
Nampaknya hasil kerja yang memuaskan dari Pemerintahan Jokowi terus memunculkan banyak apresiasi dari masyarakat. Apresiasi ini dalam bentuk arus dukungan untuk pasangan Capres dan Cawapres yang terus mengalir. Tidak hanya dari seluruh elemen negeri, kali ini dukungan kepada pasangan calon nomor urut 1 itu datang dari WNI yang ada di luar negeri. 

Deklrasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf berlangsung di berbagai negara. Momen peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2018, dimanfaatkan untuk mendeklarasikan dukungan tersebut. Masyarakat Indonesia pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin itu terdiri dari berbagai kalangan masyarakat di luar negeri. Ada yang tergabung dalam kelompok pendukung Jokowi baik Relawan Jokowi (ReJo), Bela Jokowi (BeJo), Pro Jokowi (Pro-Jo), hingga kalangan Emak-emak yang tergabung dalam Emak-emak Militan Jokowi (MMJ).

Kebanggaan WNI di New York atas prestasi Pemerintahan Jokowi menggerakan mereka untuk melakukan deklarasi dukungan di Pedestrian Plaza, Broadway-Times Square, New York, USA. 

Pada 10 November 2018 lalu, tepat dengan peringatan hari Pahlawan deklarasi dukungan yang diinisiasi oleh ReJo, Pro-Jo, dan MMJ berlangsung. Pendukung Jokowi trersebut menyuarakan bahwa "Masyarakat Indonesia di New York, USA, Tahun 2019 Tetap Pilih Jokowi." Dukungan ini adalah bentuk kebanggaan WNI atas prestasi Pemerintahan Jokowi yang berhasil meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.


Pelaksanaan dukungan dan kegiatan deklarasi di AS ini ternyata bukan yang pertama kali berlangsung. Pelaksanaan serupa pernah dilaksanakan pada 27 Oktober 2018. Deklarasi yang dihadiri oleh puluhan masyarakat pendukung Jokowi-Amin berlangsung di depan Pedestrian Plaza-Broadway itu juga sangat menarik perhatian para pengunjung dan warga lokal (AS) yang berada di kawasan tersebut.

Selain di AS, ternyata di Inggris dan Jerman juga mengalir dukungan untuk Jokowi dan Ma'ruf Amin. Komunitas Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) di Inggris melakukan deklarasi mendukung Jokowi-Ma'ruf di halaman rumah salah satu WNI di sana. Kemudian dengan menggunakan busana bernuansa merah putih dan sembari merayakan Hari Pahlawan kegiatan yang sama berlangsung di Jerman. Beberapa kelompok WNI yang bergabung dalam komunitas GWJ melakukan deklarasi dukungan kepada Capres-Cawapres nomor 1 di depan gedung parlemen Jerman (Reichstag Building) dan Gerbang Brandenburg.

Munculnya dukungan dari WNI di wilayah AS dan Eropa kepada Jokowi-Ma'ruf menujukkan bahwa kinerja petahana ini sangat luar biasa dan puas dirasakan bagi WNI di negara-negara tersebut. Dukungan ini juga membuktikan bahwa pasangan ini dapat menyatukan seluruh rakyat Indonesia di seluruh dunia. 

Demikian juga di wilayah Asia, dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf juga di berikan oleh WNI yang ada di Taiwan. Di Taman Taichung, Taiwan juga telah berlangsung deklarasi mendukung dan memenangkan pasangan calon presiden Jokowi-Amin pada 11 November 2018 lalu. Para pendukung yang tergabung dalam Bela Jokowi (BeJo) Taiwan mengatakan mereka akan mendorong elemen masyarakat Indonesia di Taiwan agar turut melaksanakan Pemilu 2019 tanpa hoaks, SARA, dan politik uang. Deklarasi yang dilakukan nantinya akan mendorong dukungan suara dari WNI di Taiwan khususnya dari Pekerja Migran kepada pasangan nomor 1, Jokowi-Amin.


Munculnya dukungan dari WNI di berbagai negara merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan Presiden Jokowi. Keberhasilan itu salah satunya dalam memperjuangkan dan melindungi pekerja migran di luar negeri. Perlindungan WNI di luar negeri menjadi salah satu kinerja paling positif dari pemerintahan Jokowi-JK dalam hal politik luar negeri. 

Keberhasilan ini diantaranya telah diselesaikannya sebanyak 51.088 kasus WNI di luar negeri, tim hukum Indonesia berhasil membebaskan 443 WNI dari ancaman hukuman mati, mengevakuasi sebanyak 16.432 WNI dari daerah perang, konflik politik dan bencana alam di seluruh dunia serta mengembalikan hak finansial WNI/ TKI di luar negeri sebesar Rp388 miliar. 

Keberhasilan ini adalah wujud dari komitmen Pemerintahan yaitu, "Akan menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara."

Seiring dengan keberhasilan perlindungan WNI, politik luar negeri yang berimbang juga dilakukan pemerintahan ini. Ketika berhubungan dengan China, juga di Imbangi dengan Amerika, Indo-Pasifik dan Timur Tengah. Keseimbangan ini juga memberikan dampak positif pada WNI di berbagai negara tersebut. Sehingga tidak heran aliran dukungan pada pasangan petahana terus mengalir deras dan WNI di luar negeri ingin Jokowi kembali memimpin Indonesia.

Joko Widodo yang kini berkombinasi dengan Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019 mendatang merupakan kombinasi yang tepat untuk mempersatukan Indonesia. Bukti-bukti sukses kerja Petahana dan pengalaman serta kebijaksanaan dari Ma'ruf Amin terlihat sangat ideal untuk memimpin Indonesia dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia di mana saja.

Editor: Sam

T#g:DeklarasiJerman
Karunia Tour and Traveliklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 04 Nov 2018 20:24

    Seribuan Laskar Mazilah dan Warga Helvetia-Sumut Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

    Sekitar seribu lebih masyarakat desa Helvetia, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang bersama Laskar Mazilah (Majelis Zikir Ash-Sholah) dipimpin Ustadz Muhammad Dahrul Yusuf mendeklarasikan dukungan

  • Senin, 01 Okt 2018 08:11

    Relawan Martabat: Jokowi Kreatif dan Tahan Banting

    Relawan Martabat untuk Jokowi-Ma'ruf, menjadi salahsatu simpul massa dalam Deklarasi Komunitas Batak Bersatu Dukung Jokowi-Ma'ruf, yang digelar di Gedung Mulia, Jalan Kebon Nanas, Jatinegara

  • Selasa, 25 Sep 2018 13:35

    Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2019 Di Kabupaten Padang Lawas Utara

    Deklarasi Damai Pemilu Tahun 2019 Di Kabupaten Padang Lawas UtaraPolres Tapanuli Selatan menyelenggarakan Deklarasi Damai Pemilu tahun 2019 dalam rangka menciptakan Pemilu tahun 2019 yang damai di wil

  • Kamis, 20 Sep 2018 11:00

    Srikandi Jokowi Sumut Deklarasi Dukung Jokowi Ma'aruf Amin

    Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa, kami komunitas relawan Srikandi Sumatera Utara, menyatakan ikrar kami mendukung pasangan Joko Widodo dan Ma'aruf Amin periode 2019-2024. Demikian is

  • Jumat, 14 Sep 2018 22:24

    Masyarakat Humbahas Berikrar Sukseskan Pemilu Legislatif dan Presiden

    Masyarakat Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan Deklarasi Damai Pemilihan Legislatif/Pemilihan Presiden Tahun 2019, di Aula Hutamas Pemkab Humbahas Komplek Perkantoran Tan

  • Rabu, 25 Jul 2018 19:55

    Gubernur, Danrem, Polda, PHDI, PHRI & Insan Media Bali Deklarasi Sukseskan AM IMF-WBG 2018

    Pulau Bali kembali dipercaya sebagai lokasi pelaksanaan event berskala internasional. Pada Oktober 2018 mendatang, sebuah pertemuan tahunan yang diselenggarakan Dewan Moneter Internasional dan Grup Ba

  • Rabu, 20 Jun 2018 16:20

    Dengan Kesadaran Sendiri, Warga Menyerahkan Munisi Aktif ke Pos Pamtas Satgas Yonif 121/MK

    Hubungan yang telah terbina dengan baik selama ini antara Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara dari Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang dengan warga di sekitar perba

  • Minggu, 15 Apr 2018 04:25

    Siap Menang dan Kalah Dalam Pesta Demokrasi

    Pilkada yang serentak dilakukan Juni 2018 mendatang menjadi pesta demokrasi yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Setiap daerah tentunya sudah memiliki calon Kepala Daerah-nya masing-masing.

  • Selasa, 03 Apr 2018 21:03

    Polres Deli Serdang Lakukan Deklarasi Pembangunan Zona Integritas

    Polres Deli Serdang melaksanakan deklarasi pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Lingkungan Polres Deli Serdang di Lapang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak