Senin, 03 Agu 2020 19:06
  • Home
  • Opini
  • Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Pilkada Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

JABAR (utamanews.com)
Oleh: Alfisyah Kumalasari )*
Sabtu, 04 Jul 2020 06:04
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut
Mendagri Tito Karnavian pada Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah Sumatera Utara, di Medan, Jumat (3/7/20).
Pandemi Covid-19 memang belum sepenuhnya berakhir, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dalam setiap aktifitas yang ada di luar rumah. Salah satunya adalah pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada tahun 2020.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjelaskan ada beberapa prinsip pelaksanaan Pilkada di era 'New Normal' akibat pandemi covid-19. Pertama adalah perlindungan keamanan jiwa dan kesehatan yang maksimal terhadap semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkada mulai dari hulu sampai hilir tahapan Pilkada. Masalah keselamatan tidak bisa ditawar.

Pihaknya tidak menginginkan adanya klaster penyelenggaraan Pilkada. Ia juga menginginkan akan adanya ketersediaan kerangka hukum yang adaptif tetapi tetap akuntabel dalam pelaksanaan pilkada. "Kerangka hukum ini yang pro pada keamanan dan kesehatan semua pihak.

Selanjutnya yakni adanya dukungan anggaran dan logistik yang tepat waktu, tentu saja untuk mematuhi protokol kesehatan, setiap TPS harus menyediakan hand sanitizer atau fasilitas cuci tangan, sehingga masyarakat yang akan memberikan suaranya dapat mencuci tangan sebelum dan sesudah memasuki TPS.


Sementara itu, anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengungkapkan penyelenggara Pilkada di masa pandemi tentu ada standar kesehatan yang harus diadopsi untuk menjaga agar demokrasi dan pemerintahan tetap berjalan, sementara keamanan dan keselamatan rakyat terlindungi.

Pihaknya menuturkan bahwa KPU tengah merancang PKPU terkait dengan tata kelola penerapan teknologi informasi. Di masa depan, untuk menghadapi situasi yang berubah, maka harus dilakukan langkah-langkah penyesuaian ke arah tersebut. Selain itu dalam rangka mengadopsi protokol kesehatan, KPU melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan BNPB serta pihak terkait lainnya untuk mendapatkan masukan tentang bagaimana standar kesehatan dalam tata kelola pelaksanaan pilkada nanti.

Depok menjadi salah satu kota di Jawa Barat yang akan menggelar pilkada serentak pada bulan desember tahun 2020 mendatang. Nana Shobarna selaku Ketua KPU Kota Depok menuturkan, meski di tengah pandemi pihaknya sudah sangat siap menggelar semua tahapan Pilkada yang sudah dijadwalkan pemerintah.

Dalam sebuah wawancara on air di radio, Nana menyatakan bahwa pihaknya harus sangat hati-hati, dah harus sangat cermat dalam mentaati ketentuan protokol kesehatan sebagaimana telah digariskan.

Nana menjelaskan, selain memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para petugas, pihaknya juga mulai mengedukasi dan mensosialisasi terkait protokol kesehatan pada kegiatan Pilkada di tengah pandemi.


Tentu saja ini menjadi tantangan bagi KPU Depok, karena sebelumnya ia belum pernah mengadakan kegiatan di tengah pandemi.

Meski di tengah pandemi, Nana memastikan jika pihaknya akan berupaya keras mensukseskan Pilkada Serentak 2020 di Kota Depok meski di tengah pandemi covid-19. Pihaknya juga menginginkan agar warga Depok yang ada di Depok atau di luar Depok untuk turut serta mensukseskan jalannya Pilkada pada Desember 2020 nanti.

Selain Depok, Kabupaten Bandung juga akan menggelar Pilkada Serentak pada 2020. Koordinator pengawasan dan hubungan antar lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung, Hedi Ardia mengatakan, sebetulnya pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi ini tidak banyak berubah secara prinsip.

Hedi mengatakan, hanya ada penambahan unsur saja, yakni diperhatikannya protokol kesehatan seperti penyelenggara, pemilu, peserta da pemilih harus memperhatikan protokol kesehatan Covid-19, seperti penggunaan masker, cuci tangan dan para petugas wajib menggunakan alat pelindung diri seperti faceshield.

Pihaknya mengatakan, untuk sosialisasi sendiri, akan lebih banyak dilakukan secara online atau daring, tapi tidak semua kegiatan tatap muka akan dihilangkan. Dirinya berharap, secara prinsip, meski Pilkada ini harus digelar di tengah pandemi, namun hal ini tidak mengurangi kualitas demokrasi termasuk angka partisipasi pemilih.

Dengan angka kesembuhan pasien positif covid yang meningkat, tentu saja hal ini menunjukkan bahwa agenda nasional seperti pilkada serentak bisa dilakukan tanpa melupakan protokol kesehatan secara ketat. Indonesia lahir dengan semangat demokrasi, tentu saja hal semangat demokrasi harus dijaga dengan tetap menyelenggarakan pesta demokrasi.

Sosialisasi pun perlu digalakkan oleh pemerintah secara masif, edukasi terkait pelaksanaan pemilu dengan penerapan protokol kesehatan harus terus digalakkan, agar masyarakat memiliki pemahaman dalam menerapkan protokol kesehatan selama pilkada berlangsung.

)* Penulis adalah warganet.
Editor: Iman

T#g:Pilkada 2020
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 29 Jul 2020 18:29

    Polres Tapsel dan Yon C Satbrimob Poldasu Laksanakan Gladi Simulasi Pengamanan Pilkada 2020

    Ratusan Personil Polres Tapanuli Selatan dan Personil Brimob Yon C Polda Sumut di Sipirok, melaksanakan gladi untuk persiapan Simulasi Pengamanan Tahapan Pilkada serentak di Lapangan Serasi Desa Bintu

  • Minggu, 26 Jul 2020 02:26

    Mewaspadai Hoax Jelang Pilkada 2020

    Jelang Pilkada, penyebaran berita hoax naik drastis, terutama di media sosial. Provokator sengaja membuat hoax untuk menggiring opini masyarakat, agar mereka memilih calon kepala daerah tertentu. Bany

  • Sabtu, 18 Jul 2020 13:18

    Terima PPDP Pilkada 2020, Akhyar: Sambut Pesta Demokrasi Dengan Suka Cita

    Guna mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada 2020, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghimbau masyarakat Kota Medan agar memastikan diri terdaftar sebagai pemilih sehing

  • Jumat, 10 Jul 2020 11:30

    Kepada Mendagri, FKPPPN Minta Komitmen Kepala Daerah Diperkuat Sukseskan Pilkada 2020

    Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) 2020 jatuh pada 9 Desember 2020 melalui Perpu No.02 tahun 2020 tentang Pilkada, dan secara serentak akan diikuti oleh 270 daerah, meliputi 9 Provinsi,

  • Rabu, 08 Jul 2020 05:28

    Irjen Pol Martuani Sormin: Polda Sumut Siap Dukung KPU

    Polda Sumut siap bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) dalam mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.Hal tersebut diungkapkan Kapolda Sumut

  • Jumat, 03 Jul 2020 11:03

    Mendagri Tito: Jadikan Penanganan Covid-19 Isu Utama Pilkada 2020

    Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Sumatera Utara, Kamis (02/07/20)Kedata

  • Jumat, 03 Jul 2020 09:03

    Edy Rahmayadi Minta KPU dan Pemda Koordinasi Aktif Sukseskan Pilkada Serentak

    Gubsu Edy Rahmayadi mengimbau kepada para penyelenggara Pemilu, baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) beserta jajarannya untuk aktif berkordinasi dengan pemerintah daera

  • Rabu, 01 Jul 2020 09:21

    Mendagri Jawab Isu Pilkada di Tengah Covid-19 dan Anggaran Tersendat dari Kemenkeu

    Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memahami jika ada kekhawatiran, pemilihan kepala daerah serentak di tengah pandemi Covid-19, bisa jadi media penularan. Namun menurutnya, isu itu mungkin bisa dibal

  • Kamis, 25 Jun 2020 15:05

    Pilkada Serentak Sumut Akan Dilakukan dengan Protokol Covid-19 Ketat

    Di tengah pandemi Covid-19, sebanyak 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020. Hal ini membuat penyelenggaraan

  • Selasa, 23 Jun 2020 19:13

    Meski Pandemi Covid-19, Anggaran Pilkada Kota Medan 2020 Tidak Terganggu

    Meskipun Pemko Medan saat ini telah melakukan refocusing anggaran guna menangani pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), namun anggaran untuk Pilkada Kota Medan 2020 tidak terganggu. Guna menduk

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak