Sabtu, 23 Jan 2021 11:21
  • Home
  • Opini
  • Peringatan Hari Pahlawan Di Tengah Pandemi Covid-19

Peringatan Hari Pahlawan Di Tengah Pandemi Covid-19

Cirebon (utamanews.com)
Oleh: Mario )*
Sabtu, 07 Nov 2020 23:07
Ilustrasi
Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku bangsa, budaya, agama, ras dan antar golongan merupakan kekayaan bangsa yang sangat berharga. Meskipun berbeda- beda suku bangsa, adat istiadat, ras, dan agama kita tetap bersatu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita- cita negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. Keberagaman bukan merupakan unsur perpecahan namun justru yang menciptakan kesatuan bangsa. Kesatuan adalah upaya mempersatukan perbedaan suku, adat istiadat, ras dan agama untuk menjadi satu, yaitu bangsa Indonesia.

Persatuan dan kesatuan menjadi keharusan untuk terus dijaga terbingkai dalam Bhineka Tunggal Ika, sehingga mampu memberikan warna ketentraman dan kedamaian bagi rakyat Indonesia agar ke depan tidak menimbulkan persoalan yang mengancam disintegrasi bangsa.

Saat ini merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, setiap tanggal 10 November. Peringatan hari Pahlawan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai seberapa jauh setiap komponen dapat mewarisi nilai - nilai kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur. Pada hakikatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya, namun tidak ada kata akhir untuk berhenti berjuang. Setiap perjuangan akan berlanjut ke perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Bangsa Indonesia memerlukan pahlawan baru, memerlukan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini, dan juga dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Negara Indonesia memiliki beragam suku, agama, adat istiadat namun mampu memanfaatkan keberagaman sebagai modal sosial dipergunakan untuk keunggulan Indonesia dalam pergaulan dunia, tidak memanfaatkan perbedaan demi keuntungan pribadi maupun golongan yang menjadi penghambat bagi kemajuan bangsa.


Negara Indonesia membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati diri dan karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha - usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial. Pemuda yang mempunyai pandangan global serta mampu berkolaborasi untuk kemajuan bangsa dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menjadikan Indonesia diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lainnya khususnya ketika negara ini memasuki era Revolusi Industri 4.0.

Penyelenggaraan peringatan Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November dilaksanakan untuk mengenang gugurnya pahlawan tanah air dengan melakukan berbagai kegiatan positif. Perayaan hari bersejarah itu berbeda dengan perayaan tahun - tahun sebelumnya karena saat ini Hari Pahlawan diperingati dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia. Untuk meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme dan semangat - semangat perjuangan agar tertuju pada generasi bangsa serta menjadikan negara Indonesia menjadi maju seperti peringatan upacara bendera, mengunjungi taman makan pahlawan, dan yang terpenting adalah berkontribusi penuh membantu orang yang sedang mengalami kesulitan akibat dampak infeksi COVID-19.

Kesejahteraan masyarakat dapat ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya dapat ditentukan melalui literasi dan pengetahuan masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan. Pengetahuan masyarakat bisa semakin terbuka lebar bila kegemaran membaca kita budayakan mulai saat ini sehingga masyarakat semakin produktif dan sumber daya yang kompetitif. Hal ini tentu sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo yang ingin melanjutkan program pembangunan nasional yakni "Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul Indonesia Maju".


Program tersebut menjadi salah satu ikhtiar agar Indonesia dapat meraih cita-citanya termasuk mengentaskan kemiskinan yang hasilnya dapat dinikmati seluruh rakyat melalui kegemaran membaca, maka warga negara Indonesia akan mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu menjaga dan mengamankan bangsa dan negara dalam dunia yang semakin kompetitif. Hal inilah yang menjadi cita-cita terdalam dari pahlawan nasional dalam membela bangsa dan negara. Bila SDM Indonesia unggul tentu menjadi modal yang kuat untuk bersaing dengan negara-negara lain, sehingga Indonesia terbebas dari belenggu pengaruh global negatif tetapi justru mampu menjadi pelopor di dunia internasional.

Manusia Indonesia yang lahir dan tumbuh dalam kondisi kesehatan yang baik, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dan memiliki karakter yang kuat berlandaskan Pancasila secara tidak langsung tengah menjadi pahlawan bagi bangsa dan negara ini karena akan selalu siap bertempur ditengah situasi global yang semakin kompetitif. Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun bagi negara dalam bentuk aksi nyata, memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks dan anarkis.
Perjuangan saat ini adalah perang melawan COVID-19 yang semakin sulit karena musuhnya tidak kasat mata. Kegiatan penyelenggaraan hari pahlawan dapat dilakukan dengan platform daring dan mengurangi berkumpulnya massa serta disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Perkembangan pembuatan vaksin COVID-19 sudah masuk tahap uji Klinis III dan menjadi solusi untuk menurunkan jumlah kasus infeksi COVID-19 di Indonesia. Pelaksanaan program tersebut diiringi dengan peningkatan tes, lacak, dan isolasi serta cakupan protokol yang lebih tinggi, sehingga diperkirakan penyebaran infeksi di Indonesia menurun.

Perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi terkait COVID-19 agar masyarakat betul - betul memahami bagaimana caranya penularan infeksi yang menyebar sangat cepat dan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan. Edukasi protokol kesehatan 3M yakni, seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (physical distancing) dapat secara efektif membantu masyarakat terhindar dari ancaman penyebaran virus COVID-19, karena dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang infeksi COVID-19 melalui pendekatan persuasif yang akan berdampak signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.

Menjadi pahlawan masa kini juga bisa diaplikasikan dengan tidak menyebarkan hoaks, berlaku anarkis, atau menjadi provokator terkait pandemi COVID-19 dan Undang - Undang/UU Cipta Kerja. Selain itu, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informasi serta kementerian/Lembaga lain terkait yang tergabung dalam Satuan Tugas Penanganan COVID-19 diharapkan dapat terus melakukan diseminasi informasi secara benar dan terkini terhadap perkembangan pandemi COVID-19 dan UU Cipta Kerja, khususnya di Indonesia melalui diksi dengan emosi positif yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dalam penanganan COVID-19 dan UU Cipta Kerja.

​Era masa kini, makna "pahlawan" bisa dipahami dari berbagai pengertian. Mereka adalah sosok panutan yang dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi, dari segi ekonomi, sosial budaya, seni, politik, bahkan pariwisata dengan lingkup lokal hingga internasional. Pada era digital saat sekarang ini, banyak bermunculan sosok dengan ide, karya, dan kontribusi yang sangat dibutuhkan dan bermanfaat, tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk masyarakat sekitarnya di lingkup regional, nasional, bahkan dunia. 

Mereka tersebut bisa saja seorang influencer, content creator, olahragawan, pebisnis muda, artis, animator dan sederet pekerjaan lainnya bermunculan. Dulu profesi tersebut kurang dikenal, namun karena adanya sosial media menjadi viral dan dikenal oleh masyarakat luas dan bahkan menjadi suatu gerakan untuk memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik.

​Pandemi COVID-19 meleset dari prediksi dimana awalnya semua memperkirakan wabah pandemi mengalami puncaknya pada Agustus tahun 2020 dan mulai melandai di akhir tahun. Namun saat ini ilmuwan dunia meramalkan wabah ini baru akan berakhir awal tahun 2022 mendatang. Sesuai hasil kajian tim ahli wabah yang saat ini terjadi masih dalam kategori gelombang pertama. Wabah tersebut akan mengalami second wave di pertengahan 2021 mendatang. 
 
)* Penulis, Aktif di Komunitas G6 Cirebon
Editor: Budi

T#g:Covid-19Covid 19Pahlawan
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Jan 2021 19:31

    Jumlah Warga Asahan Terpapar Covid-19 Terus Meningkat, Bupati Asahan Gelar Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19

    Jumlah warga Asahan yang terpapar Virus Covid-19 di Kabupaten Asahan terus mengalami peningkatan dan jumlah yang meninggal dunia hingga saat ini 29 orang. Untuk menekan dan memutuskan penyebaran virus

  • Minggu, 17 Jan 2021 02:17

    Rizieq Shihab Bohong Tentang kondisi Kesehatannya

    Rizieq Shihab dianggap berbohong terkait kondisi kesehatannya. Dalam sebuah kesempatan, Rizieq mengaku sehat wal afiat padahal pada saat itu dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Atas pernyataannya

  • Sabtu, 16 Jan 2021 10:06

    Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

    Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.Polri langs

  • Kamis, 14 Jan 2021 04:14

    Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, Gelar Operasi Yustisi Skala Besar Di Arjasa

    Operasi yustisi skala bear terus digelar oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, dengan melibatkan semua unsur, seperti yang dilakukan pada Rabu 13/01/2021 di jalan raya depan Kantor Dinas Lingkun

  • Kamis, 14 Jan 2021 03:14

    Patroli Malam Operasi Penegakan Disiplin Prokes Kecamatan Sumbersari, Sasar Lokasi Keramaian

    Petugas yang terdiri dari Personel Polsek Sumbersari, Koramil 0824/11 Sumbersari dan Satpol PP Kecamatan, pada Selasa 12/01/2021 jam 19.00-23.00 Wib, melakukan patroli malam pengawasan dan penegakan d

  • Senin, 11 Jan 2021 20:41

    Update COVID-19 Muba: Penambahan 1 Kasus Positif

    Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Senin (11/1/2021) mengkonfirmasi 1 penambahan kasus positif. "Ada penambahan 1 kasus positif per 11 Januari 2021," ungkap Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-

  • Minggu, 10 Jan 2021 20:40

    Update COVID-19 Muba: Penambahan 23 Kasus Sembuh, 1 Positif, 1 Meninggal Dunia

    Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Minggu (10/1/2021) mengkonfirmasi penambahan 23 kasus sembuh, 1 positif, dan 1 kasus meninggal dunia. "Ada penambahan 23 kasus sembuh, 1 positif, dan 1 menin

  • Sabtu, 09 Jan 2021 19:09

    Update COVID-19 Muba: Bertambah 16 Kasus Sembuh, 22 Positif, 1 Meninggal Dunia

    Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Muba, Sabtu (9/1/2021) mengkonfirmasi penambahan 16 kasus sembuh, 22 terkonfirmasi positif, dan 1 kasus meninggal dunia. "Ada penambahan 16 kasus sembuh 22 positif

  • Jumat, 08 Jan 2021 22:58

    Muba Nihil Penambahan Kasus, Benarkah?

    Kabupaten Musi Banyuasin nihil penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19, ini merupakan kabar baik namun benarkah demikian hal ini menjadi penting karena Asas 'Salus Populi Suprema Lex Esto&

  • Jumat, 08 Jan 2021 14:08

    Kasus Positif Masih Tinggi, Dandim 0824/Jember Motivasi Jajaran Tingkatkan Upaya

    Berdasarkan rilis data Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur, bahwa trend angka positif masih tinggi, Kabupaten Jember menduduki urutan ke tiga setelah Surabaya dan Sidoarjo, rilis data K

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak