Kamis, 02 Apr 2020 07:30
  • Home
  • Opini
  • Pentingnya Omnibus Law Cipta Kerja Bagi Pekerja dan UMKM Meningkatkan Kesejahteraan

Pentingnya Omnibus Law Cipta Kerja Bagi Pekerja dan UMKM Meningkatkan Kesejahteraan

Oleh: Anwar Ibrahim (Relawan Pegiat Media Sosial Independen)
Rabu, 25 Mar 2020 03:25
Berdesa
Di tengah merebaknya Covid19 yang melanda Indonesia saat ini dan juga berbagai negara lain di dunia, Indonesia juga terus bekerja memperbaiki tatanan regulasi dalam menciptakan percepatan kesejahteraan bangsanya dengan menggarap dan menyiapkan Rencana Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law Cipta Kerja.

Tujuan dari Omnibus Law Cipta Kerja seperti yang disampaikan Presiden Jokowi adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Fungsinya sendiri untuk menyederhanakan aturan-aturan yang memperlambat proses percepatan ekonomi. 

Presiden ingin percepatan ekonomi lebih dari saat ini. Semuanya tentu ingin kebijakan yang diputuskan secara cepat, terutama menyangkut para pekerja yang jumlahnya cukup besar dengan segala problematikanya.

Ada 3 hal yang disasar pemerintah untuk menggenjot perekonomian negara yaitu Undang Undang Perpajakan, Cipta Lapangan Kerja, dan Pemberdayaan UMKM.

Omnibus Law merupakan konsep atau metode pembuatan regulasi yang menggabungkan beberapa aturan yang substansi pengaturannya berbeda menjadi satu peraturan dalam satu payung hukum guna mengefektivitasksn dan mengefisiensikan sumberdaya yang ada untuk secara cepat dapat berhasil dan berdaya guna.

Hal itu dilakukan agar tidak terjadi lagi tumpang tindih antara peraturan yang satu dengan peraturan yang lain. Dengan kata lain membuat peraturan yang lebih simpel dan membuat regulasi yang tertuju pada satu tujuan.

Dengan Omnibus Law Cipta Kerja ini nantinya diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja yang berkualitas dan kesejahteraan pekerja yang berkesinambungan.

Perluasan program jaminan dan bantuan sosial yang merupakan komitmen pemerintah dalam rangka meningkatkan daya saing dan pemerataan kualitas SDM serta untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan. Bantuan sosial yang dilakukanpun tidak melulu soal materi tapi bisa berupa pelatihan-pelatihan kecakapan yang berguna untuk meningkatkan kualitas si pekerja.

Selain itu melalui dukungan jaminan dan bantuan sosial, total manfaat tidak hanya diterima oleh pekerja namun juga oleh keluarga pekerja itu sendiri, sehingga Omnibus Law Cipta Kerja menjamin kemudahan bagi dunia usaha dan bagi para pekerja dengan semakin terbukanya lapangan pekerjaan sebagai potensi istimewa bagi setiap daerah di seluruh Indonesia.
Editor: Yaya

T#g:Omnibus Law
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Apr 2020 03:02

    Omnibus Law Cipta Kerja Miliki Perspetif Equal Social Welfere

    Omnibus Law jangan sampai disalah artikan hingga membuat aksi massa, kita harus tahu bahwa Omninbus Law Cipta Kerja memiliki perspektif equal social welfare alias kesetaraan kesejahteraan sosial. Omni

  • Senin, 23 Mar 2020 16:03

    Warganet bersama FPMSI Deklarasi Mendukung Omnibus Law Cipta Kerja Demi Kesejahteraan Bangsa

    Tujuan dari Omnibus Law Cipta Kerja seperti yang disampaikan Presiden Jokowi adalah untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

  • Kamis, 26 Mar 2020 03:26

    Mendukung Percepatan Penerapan RUU Omnibus Law Cipta Kerja

    Bahasan terkait RUU Omnibus Law Cipta Kerja atau RUU Cipta kerja memang cukup sering dibahas dan mendapat berbagai tanggapan baik positif maupun negatif. Padahal, RUU Omnibus Law Cipta Kerja merupakan

  • Jumat, 20 Mar 2020 11:00

    FPMSI Akan Gelar Diskusi Bahas Pentingnya Omnibus Law Ciptaker Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi

    Di tengah merebaknya Covid-19 yang melanda Indonesia dan berbagai negara lain di dunia, Indonesia juga tengah menggarap dan menyiapkan Rencana Undang Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law Cipta Kerja.

  • Rabu, 18 Mar 2020 14:38

    Gotong Royong FPMSI Bersama Warganet Semarang Dukung Suksesnya RUU Omnibus Law Cipta Kerja Demi Kesejahteraan Bangsa

    Dalam beberapa tahun ke depan Indonesia akan segera memasuki fase bonus demografi. Artinya jumlah angkatan kerja baru akan meningkat sangat signifikan, sehingga menuntut lebih banyak lapangan kerja ba

  • Minggu, 15 Mar 2020 13:55

    Menkopolhukam: Penyusunan RPP Keamanan Laut Jangan Diperdebatkan Lagi

    Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., menghadiri rapat penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) di kantor Kemenko Bidang Maritim dan Investasi, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat,

  • Jumat, 20 Mar 2020 03:20

    Omnibus Law Ciptaker Permudah Izin Usaha dan Serap Tenaga Kerja

    RUU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker) merupakan upaya niat baik Pemerintah untuk memudahkan investasi. Dengan adanya investasi yang besar, maka tenaga kerja akan mudah terserap sehingga kesejahteraan

  • Jumat, 13 Mar 2020 11:43

    Kepala Bakamla RI Courtessy Call Kepada Seskab RI

    Kembali, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos. M.M. mengadakan courtesy call kepada pimpinan Kementerian/ Lembaga.

  • Selasa, 10 Mar 2020 17:20

    Minta PP '78 Dicabut, GSBI Tolak RUU Omnibus Law

    Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) meminta DPRD Sumut menyampaikan kepada pemerintah pusat bahwa mereka menolak RUU Omnibus Law menjadi undang- undang.Desakan ini disampaikan ratusan buruh GSBI s

  • Rabu, 11 Mar 2020 03:11

    Omnibus Law Ciptaker Membuka Lapangan Kerja Baru

    Pemerintah dibawah arahan Presiden Jokowi telah menginisiasi RUU Omnibus Law Cipta Kerja (Ciptaker). Draft tersebut merupakan komitmen tegas Pemerintah untuk mempermudah investasi yang mampu ciptakan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak