Sabtu, 22 Feb 2020 01:12
  • Home
  • Opini
  • Pemerintah Menjamin PON XX di Papua Berlangsung Kondusif

Pemerintah Menjamin PON XX di Papua Berlangsung Kondusif

Oleh: Abner Wanggai (Mahasiswa Papua Tinggal di Yogyakarta)
Sabtu, 15 Feb 2020 03:15
Liputan6.com

Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ke XVI di Papua akan dihadiri sejumlah kepala negara dan duta besar.
Kegiatan tersebut akan dilaksanakan sejak 20 Oktober hingga 2 November 2020. 

Untuk memastikan keamanan acara dan tamu undangan yang hadir, sejumlah persiapan telah dilakukan, termasuk memetakan potensi kerawanan di wilayah Papua. Hal itu ditempuh guna memastikan bahwa pesta olahraga nasional tersebut akan berjalan dengan aman dan kondusif.

Pemerintah terus mempersiapkan kelancaran PON XX di Papua, tidak terkecuali dari aspek keamanan. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan selain melakukan pemetaan ancaman, BIN telah melakukan operasi pencegahan dengan memotong segala bentuk potensi yang dapat menganggu keamanan selama penyelenggaraan PON XX di Papua. 

Kegiatan deteksi dan potensi kerawanan lainnya terus dilakukan oleh BIN sebagai bagian dari operasi gabungan dalam rangka pencegahan agar tidak menjadi gangguan yang nyata. Operasi gabungan tersebut merupakan kerjasama antara BIN dengan TNI-Polri untuk menjaga keamanan Papua jelang PON dan Peparnas yang dilakukan dengan pola pengamanan terbuka dan tertutup.

Menurut Kepala BIN, hingga dengan saat ini dan prediksi ke depan keamanan bisa kita jaga dan tentu ada pola-pola sistem pengamanan baik itu terbuka-tertutup, termasuk waskita yang kita lakukan karena ada kunjungan kehadiran dari beberapa kepala negara khususnya di negara-negara Asia-Pasifik. 

Di sisi lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan mempertebal pengamanan empat venue penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. TNI juga siap menjamin keamanan demi suksesnya PON 2020 dengan menambah jumlah pasukan di beberapa tempat terutama di empat venue yakni di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke sebagai lokasi penyelenggaraan acara. 

Dalam rapat pimpinan, TNI-Polri dan Bin akan mematangkan rencana kesiapan pengamanan jelang pelaksanaan PON 2020 di Papua. TNI bersama dengan Polri dan BIN yakin pelaksanaan PON dapat berjalan dengan baik tanpa suatu hambatan apapun.

TNI juga akan melakukan antisipasi apabila terjadi hujan lebat yang mengakibatkan banjir, tanah longsor dan termasuk potensi kemarau panjang seperti BMKG. Oleh karena itu TNI telah mempersiapkan dengan melakukan penguatan kepada Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) agar lebih maksimal dalam melaksanakan tugas di dua trouble spot sesuai dengan ketentuan alutsista yang TNI miliki bekerja sama dengan BNPB. 

Kegiatan pengamanan tersebut telah mendapatkan dukungan dari DPR. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR mendukung BIN dan TNI-Polri untuk menjaga keamanan Papua saat PON dan Peparnas digelar. DPR mendukung seluruh langkah-langkah yang dilakukan BIN dan TNI-Polri untuk menjamin keamanan di provinsi papua khususnya di kabupaten/kota yang menjadi penyelenggara acara. 

Menurut Ketua DPR, PON dan Pepernas 2020 di Papua merupakan langkah strategis untuk menjaga NKRI. Melalui ajang kompetisi olahraga, DPR berkomitmen menyeimbangkan antara Indonesia timur dan barat. 

Acara tersebut bukan sekadar sukses prestasi olahraga tapi bagaimana kemudian penyatuan atau penyeimbangan antara wilayah barat dan timur ini nantinya bisa segera terwujud untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Editor: Tessa

T#g:PON XX
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 26 Feb 2020 03:26

    PON XX 2020 Ajang Promosi Budaya dan Talenta Papua

    Pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX 2020 di Papua memiliki arti penting bagi masyarakat. Selain mampu menstimulus perekonomian daerah, PON XX juga menjadi ajang promosi budaya dan talenta Pa

  • Minggu, 23 Feb 2020 03:23

    Papua Siap Menjadi Tuan Rumah PON XX 2020

    Pemerintah Pusat dan Pemprov Papua terus bekerja sama guna memantapkan pelaksanaan PON XX di Papua. Provinsi Papua pun dinilai siap menjadi tuan rumah PON XX seiring kesiapan venue dan berbagai aspek

  • Kamis, 20 Feb 2020 05:10

    Warganet Dukung PON 2020 Sebagai Momentum Pembangunan Papua Menuju Indonesia Maju

    Tahun 2020 ini warga Papua wajib berbahagia. Pasalnya di bumi cendrawasih ini akan diselenggarakan pagelaran Pekan Olahraga Nasional (PON).

  • Jumat, 21 Feb 2020 03:21

    PON XX Bukti Loyalitas dan Semangat Papua Adalah Indonesia Serta Kebanggaan Bangsa

    Kini Papua mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tak hanya di sektor pembangunan fisik, namun berbagai sektor lainnya seperti pariwisata, Papua sudah jauh lebih meningkat. Pembangunan sejumlah

  • Rabu, 19 Feb 2020 03:19

    Warganet Siap Posting Konten Positif Demi Suksesnya Penyelenggaraan PON XX di Papua

    Pekan Olahraga Nasional (PON) XX merupakan ajang olahraga nasional yang akan diselenggarakan di Papua. PON menjadi ajang perayaan olahraga terbesar di Indonesia karena menghadirkan atlet-atlet dari

  • Minggu, 09 Feb 2020 09:09

    Penyelenggaraan PON XX di Papua Menjadi Bukti Bahwa Papua Damai, Maju dan Hebat

    Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan ajang prestasi anak bangsa dari berbagai daerah dalam menunjukkan talenta olahraganya untuk negeri agar selanjutnya dapat berbicara di kancah internasional sert

  • Kamis, 13 Feb 2020 01:13

    Masyarakat Papua Mendukung Pelaksanaan PON XX

    Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua diklaim mampu menjadi ajang promosi wilayah Papua serta menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Masyakarat Papua pun mendukung pelaksanaan PON XX karena ju

  • Kamis, 30 Jan 2020 18:00

    Kunjungi Mimika-Papua, Bupati Jember Belajar Dari Persiapan PON XX

    Bersama Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode M Nurdin, Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Jember Abdul Haris Alfian pada Sabtu (25/01/2020), menuju

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak