Jumat, 17 Agu 2018 09:04
  • Home
  • Opini
  • Pawai Obor Asian Games Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Pawai Obor Asian Games Ikut Promosikan Pariwisata Indonesia

Medan (utamanews.com)
Oleh: Agnes Ayu Permata, Mahasiswi Universitas Parahyangan Bandung.
Minggu, 12 Agu 2018 04:12
Istimewa
Pembawa obor Asian Games saat di danau Toba
Pawai obor menjadi agenda yang saat ini tengah dilakukan di beberapa tempat di Indonesia demi menyambut Asian Games yang nantinya akan dibuka pada 18 Agustus 2018. Pawai obor yang diselenggarakan pun menjadi sebuah daya tarik tersediri dan juga membuat masyarakat antusias dalam menyaksikan Asian Games. Pawai api obor selain mengangkat dan mempromosikan Asian Games juga membawa kebudayaan lokal dan berbeda di setiap daerah yang dilewatinya.

Pawai api obor yang dibawa dari India, kemudian mulai digelar di Indonesia pertama kali di Prambanan tersebut juga semakin membuat Indonesia terkenal akan pariwisatanya. Obor tersebut diarak keliling melewati berbagai daerah di Indonesia, di samping membawa semangat pertandingan Asian Games sekaligus menyingkap lebih dalam tentang keaneka ragaman Indonesia, khususnya di bidang seni dan budaya.

Di setiap acara pawai obor menampilkan seni kebanggaan daerahnya masing-masing. Selain menampilkan seni, lewat pawai obor ini, Indonesia berkesempatan untuk memperkenalkan tempat-tempat yang indah di Indonesia yang bisa dilirik oleh para wisatawan dan menjadi agenda berlibur mereka.

Beberapa tempat yang terkenal sebagai parawisita Indonesia tidak dilewatkan oleh jalur pawai obor Asian Games. Beberapa tempat terkenal tersebut, antara lain: candi Prambanan, Bali, Raja Ampat, Danau Toba, kepulauan Seribu, dan lain-lain.

Dibawa pertama kali dari India, obor Asian Games tiba di Yogyakarta pada tanggal 17 Juli lalu dan sempat menginap di Museum Dirgantara Mandala. Sejumlah tempat pun menjadi saksi akan kemeriahan pawai obor Asian Games 2018. Rief Yahya selaku menteri pariwisata mengatakan Pawai obor Asian Games dapat pula dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia supaya lebih dikenal oleh kalangan luas.



Pawai obor juga menandakan bahwa acara Asian Games akan semakin dekat. Menyaksikan pawai obor yang berlangsung di tempat-tempat indah di Indonesia menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Bali menjadi salah satu tempat yang juga dilewati pawai obor Asian Games, sudah tak diragukan lagi bahwa Bali juga memiliki pemandangan alam yang indah dan banyak menjadi tujuan para wisatawan. Selain Bali, kota Malang pun mendapatkan kehormatan dilewati jalur pawai obor Asian Games. Tidak hanya mengagendakan pawai obor di Malang, tapi pawai obor juga melewati Gunung Bromo.

Erick Thohir selaku ketua penyelenggaraan Asian Games mengatakan, Tujuan dari dibawanya obor ke Gunung Bromo juga menjadi ajang memperkenalkan pariwisata Indonesia di kalangan internasional. Berkat pawai obor, pariwisata Indonesia juga ikut terangkat. Namun, memang pawai obor ini dikonsep semaksimal mungkin agar bisa mempromosikan pariwisata Indonesia secara halus.

Pada saat dibawa ke gunung Bromo, api obor dibawa oleh artis Irfan Hakim. Kemudian, obor dibawa ke puncak kawah oleh Susi Susanti. Iring-iringan pawai obor ini juga dikawal oleh TNI serta masyarakat Bromo.

Selain di Bromo, pawai obor juga ikut meramaikan pariwisata danau Toba. Sebanyak 7.000 orang memadati sekitar danau Toba demi turut menyaksikan pawai obor Asian Games 2018. Pemandangan alam danau Toba menjadi latar yang apik dalam acara tersebut.

Tak ketinggalan pula kesenian daerah juga ikut ditampilkan, diantanya adalah tari tor-tor yang merupakan tarian khas dari daerah tersebut. Seperti yang juga disampaikan oleh Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga, tari tor-tor dimaksudkan untuk menyambut kegembiraan hadirnya pawai obor di Simalungun.



Massa yang datang diperkirakan akan mencapai 7.000 orang. Massa itu datang dari 32 kecamatan di kabupaten Simalungun. Pawai obor juga akan disambut oleh ratuan pelajar yang akan melambaikan bendera merah putih di sepanjang jalan. Yel-yel juga turut dipersiapkan yang menambah acara lebih semarak.

Pawai obor ini digelar bukan hanya semata-mata untuk mempromosikan acara Asian Games 2018 saja. Tapi rute pawai obor telah dipiih di daerah-daerah yang berpotensi wisata di Indonesia sehingga akan mengangkat citra pariwisata Indonesia. Tak hanya keindahan alamnya, tetapi Indonesia juga memiliki beragam kesenian-kesenian daerah.

Sebelumnya di Danau Toba terjadi peristiwa kapal tenggelam. Adanya pawai obor yang digelar di Danau Toba diharapkan menjadi titik balik sehingga kunjungan wisatawan menjadi lebih meningkat, bukan hanya skala lokal, tapi juga internasional.

Pawai obor ini kebanyakan dipilih di tempat-tempat yang masih asri dengan keseniannya yang kental. Selain semangat dari panitia mengadakan pawai obor, hal itu juga disambut baik oleh pemerintah daerah setempat. Merupakan sebuah kehormatan jika wilayah mereka masuk dalam jalur pawai obor. Berbagai persiapan pun dilakukan demi menampilkan yang terbaik. Kesenian-kesenian ditampilkan dan tak lupa pula memilih spot-spot yang untuk diekspos di pawai obor Asian Games.

Bukan hanya pejabat daerah saja yang turut andil dalam kesuksesan pawai obor Asian Games, tapi juga melibatkan masyarakat sekitar. Warga pun antusias dalam menyambut pawai berskala besar ini. Seperti yang terjadi di danau Toba, pengunjung yang datang melebihi perkiraan. Kepala bidang organisasi Sumut, H. Sakiruddin turut memberikan komentar, "Massa yang datang lebih dari 10 ribu orang. Pawai obor diisi dengan kegiatan yang meriah."

Riten Sipayung, Selaku Kepala Seksi Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simalungun mengatakan, "Melalui Asian Games, Kami ingin memperkenalkan kembali Danau Toba. Danau Toba terbuka bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Dinas Pariwisata siap membantu dan melayani pengunjung."

Tak dapat dipungkiri bahwa bencana kapal tenggelam yang sebelumnya terjadi di Danau Toba sempat membuat wisatawan takut dan kunjungan wisatawan ke Danau Toba mengalami penurunan. Namun, Riten menyatakan bahwa peristiwa tersebut adalah bencana. Meski memang ada kesalahan manusia, tapi lebih besar ke arah bencana.



Dari peristiwa itu, pihak pengelola danau Toba telah belajar dari kesalahan. Seluruh pihak terkait bekerjasama di dalam membangun pariwisata danau Toba lebih baik lagi. Beragam fasilitas pun ditingkatkan. Dan yang terpenting adalah ditingkatkannya standar keamanan.

Pawai obor Asian Games 2018 yang digelar di Danau Toba menjadi ajang untuk menampilkan Danau Toba dengan wajah baru yang lebih baik. Tak hanya Danau Toba tentunya, diharapkan pariwisata di Indonesia bisa lebih dikenal oleh masyarakat sendiri dan juga warga negara asing sehingga kunjungan wisatawannya meningkat.

Memang ada banyak sekali tempat-tempat Indah di dunia ini selain Indonesia. Tapi kita pun punya keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kita punya beragam kesenian daerah yang sampai saat ini dijaga secara turun-temurun. Kita pun punya masyarakat lokal yang terkenal ramah kepada wisatawan.

Dengan semakin dieksposnya kebudayaan Indonesia dan keindahan alamnya yang terbentang luas dari Sabang hingga Merauke lewat pawai obor Asian Games 2018, menjadi potensi besar untuk Indonesia mengepakkan sayap di bidang pariwisata. Bukan saja wisatawan lokal, tapi juga mampu menggugah minat wisatawan mancanegara untuk berlibur di Indonesia. Jadi, mereka tidak hanya mengenal Bali saja sebagai tempat berlibur, tapi mereka juga bisa mengenal tempat-tempat di Indonesia lainnya yang tidak kalah menarik.
Editor: Sam

T#g:Danau TobaObor
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Agu 2018 06:00

    Kolonel Pnb Dirk Polje Lengkey sambut Api Asian Games di Medan

    Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Potje Lengkey menerima api obor Asian Games ke XVIII dari Marsma TNI Eko Dono Indarto, yang dibawa menggunakan peswat milik TNI AU, di Bandara Internasional Kualanam

  • Rabu, 01 Agu 2018 08:01

    Api Obor Asian Games Singgah dan Disambut Meriah di Tebing Tinggi

    Perjalanan api obor Asian Games 2018 yang tiba di Kota Tebing Tinggi, Selasa (31/7/2018) petang sekitar pukul 19.00 WIB disambut meriah dengan tari persembahan yang dibawakan tim kesenian Dinas Pendid

  • Rabu, 01 Agu 2018 07:31

    Obor Api Asian Games Tiba di Bandara Kualanamu

    Ribuan masyarakat Deli Serdang menyambut gembira kedatangan obor api Asian Games 2018 setibanya di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Selasa (31/7/2018).Kegembiraan tersebut terlihat setib

  • Rabu, 25 Jul 2018 10:25

    Ketua DPR RI Sulut Api Obor Asian Games di GWK Bali

    Bambang Soesatyo selaku Ketua DPR RI merasa bangga saat menyulutkan api obor Asian Games 2018 ke cauldron yang berada di komplek taman budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Selasa sore (24/07/18).&

  • Rabu, 18 Jul 2018 08:08

    Masyarakat Indonesia Antusias Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018

    Pertandingan Asian Games menjadi acara yang dinantikan pada 18 Agustus 2018 mendatang. Meski belum dimulai, namun gaungnya telah ada dan dibicarakan di berbagai kesempatan. Tidak hanya di Indonesia sa

  • Senin, 25 Jun 2018 09:55

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Ini Peranannya

    Polda Sumut menetapkan Nahkoda, 2 Kepala Pos di Simanindo, dan Kabid ASDP jadi tersangka pada kecelakaan maut yang mengakibatkan seratusan penumpang hingga kini belum ditemukan.Kapolda Sumut Irjen Pol

  • Jumat, 22 Jun 2018 15:12

    Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Lokasi Tenggelamnya Kapal Motor Sinar Bangun

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Kapolri Jenderal Pol Prof. H.M Tito Karnavian. Ph.D., bersama-sama dengan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., Kepala Basarnas Marsdya T

  • Senin, 18 Jun 2018 21:08

    BNPB Rilis Update Kapal Tenggelam di Danau Toba, 1 Meninggal Dunia

    KM. Sinar Bangun tenggelam di perairan Danau Toba Kabupaten Simalungun, Kamis (18/6/2018), sekitar pukul 17.30 wib.

  • Senin, 18 Jun 2018 20:18

    Kecelakaan, Mobil Fortuner Keluarga Lumban Raja Terjun Ke Danau Toba

    Keluarga Lijon Lumban Raja, asal Kota Harapan Indah Bekasi, yang mengendarai Mobil Toyota Portuner warna putih dengan Nopol B 1915 KJI, mengalami kecelakaan dan terjun bebas ke danau Toba, tepatnya di

  • Minggu, 22 Apr 2018 21:12

    Peringati Hari Bumi, Sihar Kampanyekan Camping Bersih Bersahabat pada Alam

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak para pencinta wisata alam bebas maupun traveller yang melaksanakan camping agar melakukan aktivitas wisata yang bersih serta bersahabat dengan alam. Ajaka

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak