Rabu, 20 Mar 2019 15:03
  • Home
  • Opini
  • Netizen Indonesia, Mari Ciptakan Iklim Pemilu 2019 yang Sehat dan Bermartabat

Netizen Indonesia, Mari Ciptakan Iklim Pemilu 2019 yang Sehat dan Bermartabat

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Alif Firdaus (Netizen Depok, Alumni Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Minggu, 17 Mar 2019 15:17
@zkdllnx
Ilustrasi
Pemilihan Umum merupakan cara dimana warga negara memilih wakil mereka yang akan membentuk dan membuat kebijakan dan keputusan yang mengatur rakyat. Dalam beberapa tahun setelahnya, mereka yang terpilih berhak untuk menentukan kebijakan negara. Namun, saat ini, pemilihan selalu dikaitkan dengan penipuan dan kekerasan. Tindakan memilih pemimpin yang seharusnya menjadi hak dan kewajiban warga negara sering kali salah ditangani atau tidak dihargai.

Kini pemilihan umum dilumuri dengan taktik tidak jujur seperti pembelian suara, hasilnya dimanipulasi, dan kepentingan swadaya terus berlanjut, yang mana hal ini berdampak pada munculnya kalangan yang mendeklarasikan diri sebagai Golongan Putih atau Golput.


Iklim pemilihan umum yang tidak sehat ini harus segera diberantas, sebab mengancam semangat demokrasi di Indonesia. Apabila tidak segera ditindaklanjuti maka program keberlanjutan kepemimpinan nasional tidak akan berjalan dengan baik.

Langkah pertama yang harus kita ambil sebagai warga negara Indonesia adalah dengan bersatu dalam melawan segala hal yang membuat iklim gelaran pemilu 2019 ini menjadi tidak sehat dan cenderung menimbulkan penyakit bagi keutuhan NKRI tercinta ini.

Menjelang gelaran Pemilu yang akan digelar bulan depan, mungkin hal yang paling meresahkan adalah maraknya berita bohong atau hoax di dunia maya. Langkah pertama yang harus kita ambil adalah bersatu untuk melawan penyebaran hoax di dalam ponsel kita. Dengan bersatu memerangi hoax, kita bisa berharap bahwa iklim pemilihan umum 2019 ini benar-benar sehat dan bermartabat dan tanah air kita ini bisa berkembang menuju arah yang lebih baik.

Mari kita lawan hoax dan tolak ajakan Golput untuk Pemilu yang berkualitas dan bermartabat guna suksesnya keberlanjutan kepemimpinan nasional dan menjamin keberlanjutan pembangunan nasional yang saat ini gencar dilakukan.

Saatnya para warganet untuk cerdas bermedsos dengan menebar kebaikan dan doa di medsos untuk optimisme bangsa dan suksesnya Pemilu 2019 serta suksesnya pembangunan nasional.
Editor: Iman

T#g:Netizen
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 19 Mar 2019 18:39

    Gerakan Posting Doa Warganet di Medsos Untuk Pemilu 2019 Damai Dan Berlanjutnya Kepemimpinan Nasional

    Era internet ini, warganet secara bebas bisa menyampaikan pendapat atau opininya, baik melalui lisan, media cetak, maupun media elektronik/online, tak terkecuali dalam bentuk Doa. Namun, hal yang perl

  • Jumat, 29 Mar 2019 03:29

    Menuju Masa Depan Indonesia Maju Pada Pemilu 2019 Tanpa Hoax

    Menjelang gelaran Pemilu 2019, para kelompok kepentingan berusaha keras untuk menggiring opini publik menggunakan hoax yang bertujuan untuk menarik simpati publik pada figur yang didukungnya.Para kelo

  • Senin, 04 Mar 2019 14:04

    KPU Medan Sosialisasikan Pemilu 2019 ke Warganet

    KPU Kota Medan masih terus melakukan sosialisasi terkait Pemilu 2019. Kali ini bersama para relawan demokrasi, KPU memberikan arahan Pemilu pada 50 netizen, bertempat di Markas MIKO (Minum Kopi), Eka

  • Kamis, 21 Feb 2019 17:01

    Deklarasi Melawan Hoax, Warganetizen Yogyakarta Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu 2019 yang Damai dan Bermartabat

    Kalangan Netizen, Blogger, Youtuber dan Seniman digital Yogjakarta bersama Forum Pemuda Kreatif menggelar Deklarasi Gerakan melawan hoax di Loco Coffe Shop Jalan Malioboro, Yogyakarta. Kamis siang (21

  • Selasa, 19 Feb 2019 21:19

    Netizen Yogyakarta Akan Deklarasi Anti Hoax Untuk Pemilu 2019 Yang Damai dan Bermartabat

    Keberadaan warganetizen saat ini dalam mengawal pemilihan umum 2019 menjadi penting terlebih arus informasi yang sangat mudah diakses namun belum tentu kebenarannya yang banyak beredar di dunia maya.

  • Senin, 29 Mei 2017 07:59

    Netizen Berhasil Bungkam Akun Facebook 'Database Buronan Umat Islam'

    "The page you requested not found," Berikut tulisan yang tertera pada situs pencarian saat UTAMANEWS mencoba meng-klik link akun Facebook 'Database Buronan Umat Islam'.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak