Minggu, 25 Agu 2019 06:07

Mudik 2019 Dinilai Paling Lancar

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anggita Dianasari, pengamat sosial ekonomi
Kamis, 13 Jun 2019 03:13
@pelni162
Pemudik menggunakan angkutan laut
Mudik seakan menjadi berita tahunan yang selalu diberitakan di berbagai kanal berita, informasi terkait kemacetan dan rest area tampaknya menjadi sesuatu yang akan menghiasi pada saat momen lebaran.

Dion M selaku pengamat transportasi menilai, bahwa ada 3 faktor yang membuat arus mudik  2019 berjalan lancar. "Pembangunan infrastruktur dari kota ke kota, baik di Pulau Jawa maupun Sumatera berhasil mengurai kemacetan", tutur Dion.

Dirinya menyebutkan bahwa kesuksesan arus mudik membuktikan pembangunan infrastruktur nyata berguna bagi mobilitas masyarakat.

Apresiasi juga layak disematkan kepada rencana Kementerian Perhubungan yang telah menetapkan rekayasa lalu lintas untuk melancarkan arus balik, yakni dengan memberlakukan satu jalur dan lawan arus di sejumlah ruas tol. 

Seperti diketahui pemerintah telah memberlakukan satu jalur yang akan diterapkan di Tol Trans Jawa dari Km 414, Kalingkangkung, Semarang ke arah barat sampai dengan Km 70 di Cikampek utama.


Sementara itu pemberlakuan lawan arus telah dimulai dari Km 70 Cikampek sampai dengan Km 65 ke arah Jakarta yang pelaksanaannya sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan dari pihak kepolisian.

Keberhasilan dalam mengelola manajemen mudik terus dipertahankan sampai dengan pengaturan arus balik, utamanya yang menyangkut kerjasama yang baik antar pemangku kepentingan dan masyarakat.

Selain itu diskresi kepolisian dengan menerapkan sistem one way saat arus mudik hingga H+2 arus balik lebaran juga menuai komentar positif dari para pemudik yang menilai bahwa kebijakan tersebut dirasa sukses.

Sistem satu arah atau one way menjadi prioritas Korlantas Polri di bawah kepemimpinan Irjen Refdi Andri. Kebijakan itu diterapkan untuk menjaga kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam mudik 2019.

Berkat pembangunan inftrastruktur seperti tol trans jawa yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, kemacetan saat mudik telah berhasil diurai dengan baik. Hal ini tentu merupakan salah satu keberhasilan pada era Jokowi melalui kerja nyata dari pemerintah, dimana masyarakat bisa merasakan manfaatnya secara langsung. Pemudik kini tak harus terjebak macet yang berkepanjangan, sehingga ritual mudik bisa dilalui dengan riang gembira.


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyo mengaku puas dengan lancarnya mudik melewati jalan tol Trans Jawa yang sudah dibangun dalam 5 tahun terahir.

Selain mudik yang terpantau lancar, Angka kecelakaan pada musim mudik Lebaran tahun 2019 tercatat mengalami penurunan. Bahkan, jika dibandingkan tahun lalu, penurunan angka kecelakaan lalulintas sepanjang pelaksanaan operasi ketupat lodaya mendekati 60 persen. Kementerian Perhubungan Budi Karya, juga menyebut angka kecelakaan dalam arus mudik 2019 turun lebih dari 50%. Angka kecelakaan ini sampai sekarang turun drastis.

Tentu kerjasama dan berkoordinasi seluruh kesatuan-kesatuan penting dalam menyukseskan, memegang penting dalam menyukseskan pelaksanaan mudik nasional tahun ini. Salah satu faktor penyebab penurunan angka kecelakaan lalu lintas ini adalah infrastruktur yang kini lebih baik.

Pengamat transportasi dari Universitas Soegipranata, Djoko Setijowarno juga menyatakan bahwa salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan mudik adalah infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur nyatanya tidak hanya berfungsi dalam mengurai kemacetan, tetapi juga menguatkan daya saing, jika sebelumnya peringkat daya saing infrastruktur Indonesia melonjak untuk periode 2017- 2018 sebagai dampak dari masifnya pembangunan infrastruktur.


Kalau pada periode 2015- 2016 Indonesia berada di posisi 62, pada tahun berikutnya Indonesia berhasil naik 10 peringkat di posisi 52. Hal ini tentu menjadi modal besar untuk mengerek daya saing industri ke depannya.

Di sisi lain, tren kecelakaan pun melandai. Kepolisian Republik Indonesia mencatat bahwa jumlah kecelakaan pada saat Operasi Ketupat 2018 turun 17 persen menjadi 1.154 kasus. Jumlah korban meninggal juga turun 44 persen menjadi 242 orang.

Di penghujung 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengaku puas karena selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru 2019, tidak ada isu kemacetan dan waktu  perjalanan lebih singkat. Dirinya juga tidak menampik, bahwa tol Trans Jawa yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Desember 2018 lalu, menjadi sebuah solusi untuk mengatasi kemacetan.
Editor: Iman

T#g:mudik
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 10 Jun 2019 07:00

    Mudik dan Balik Gratis, Bentuk Kehadiran Pemerintah Dalam Mengurangi Kecelakaan Lalu Lintas

    Berbagai langkah dalam rangka mengurangi kepadatan arus lalulintas utamanya pada arus mudik maupun arus balik masyarakat yang merayakan Idul Fitri 1440 dilakukan oleh berbagai pihak, termasuk pemerint

  • Jumat, 07 Jun 2019 03:07

    Pembangunan Infrastruktur, Upaya Konkrit Antispasi Kemacetan Saat Mudik

    Keputusan yang diambil Jokowi memang tidak terbebas dari kritikan yang ada di kubu sebelahnya, apalagi jika keputusan tersebu dibuat menjelang pemilihan dirinya yang kedua saat itu, sudah pasti jika p

  • Senin, 03 Jun 2019 22:53

    Dukung Kenyamanan Pemudik, Kodim 0824/Jember Sediakan Rest Area

    Dalam rangka mendukung arus mudik, Kodim 0824/Jember menyediakan lokasi yang cukup nyaman untuk tempat istirahat pemudik (Rest Area) yang kelelahan perjalanan jauh, baik mengendarai mobil maupun seped

  • Sabtu, 01 Jun 2019 20:31

    Panglima TNI: Mudik Lebaran sebuah tradisi tahunan yang unik

    Budaya mudik Lebaran merupakan sebuah tradisi tahunan yang unik, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang telah menjadi salah satu ritual nasional bangsa Indonesia sejak dahulu hingga sekarang.

  • Sabtu, 01 Jun 2019 06:01

    AirAsia Indonesia tambah armada dukung operasi mudik 2019

    AirAsia Indonesia mendatangkan 1 (satu) unit pesawat Airbus A320-200 berkapasitas 180 orang untuk mendukung operasional penerbangan menghadapi puncak mudik lebaran 2019.Pesawat berkode registrasi PK-A

  • Jumat, 31 Mei 2019 23:31

    Seluruh Pasukan Perkuat Pengamanan Arus Mudik Hingga Arus Balik Idul Fitri 1440 H

    Dalam rangka jelang perayaan Idul Fitri, pengamanan memang cenderung ditingkatkan, seperti biasa diawali oleh Apel Kesiapan Operasi Ketupat Semeru 2019 dimana dalam wawancaranya Komandan Kodim 0824/Je

  • Jumat, 31 Mei 2019 18:51

    Panglima TNI Tinjau Arus Mudik Lebaran 2019

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Basarnas Marsdya TNI Bag

  • Kamis, 30 Mei 2019 11:10

    PTPN III (Persero) Bantu 735 Orang Mudik ke Banda Aceh, Pekanbaru dan Padang

    PT Perkebunan Nusantara III (Persero) sebagaimana BUMN lainnya mengadakan program Mudik Gratis Bareng BUMN Tahun 2019 sebagai kelanjutan program BUMN Hadir untuk Negeri yang diselenggarakan pada tahun

  • Rabu, 05 Jun 2019 15:05

    Simpul Persaudaraan Dalam Bingkai Kemeriahan Ramadhan

    Bulan Ramadhan sudah sepantasnya disambut dengan penuh sukacita, khususnya bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, dimana amalan- amalan kebaikan yang dilakuk

  • Selasa, 28 Mei 2019 21:08

    Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019

    Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengadakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1440 H / 2019 M, d

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak