Sabtu, 05 Des 2020 09:45
KPU
KPU Binjai
  • Home
  • Opini
  • Mahasiswa Papua Mendukung Kedaulatan NKRI

Mahasiswa Papua Mendukung Kedaulatan NKRI

Solo (utamanews.com)
Oleh: Josua Napitu )*
Sabtu, 21 Nov 2020 14:21
@SLangit99
Papua merupakan bagian tidak terpisahkan dari Indonesia. Mahasiswa Papua sebagai salah satu elemen penting pembangunan pun ikut mendukung kedaulatan NKRI di Papua.

Papua merupakan salah satu daerah yang mendapat perhatian besar Pemerintah. Deputi Komunikasi dan Informasi Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan peluang pemuda-pemuda Papua menjadi pemimpin masa depan Indonesia sangatlah besar

Dirinya pun merujuk nama seperti Barack Obama, seorang Afro-Amerika yang pernah menjabat sebagai Presiden Amerika. Sehingga bukan tidak mungkin, suatu saat nanti anak-anak Papua bisa menjadi Presiden.

Wawan menyampaikan pembangunan di Papua membutuhkan percepatan dan dikerjakan secara holistik menuju ke arah keadilan sosial di tanah Papua. Upaya ini dilakukan dalam rangka mewujudkan kedaulatan bagi NKRI.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya sempat menegaskan bahwa kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Presiden juga telah memerintahkan seluruh jajaran Kemenhan, TNI dan Polri agar bekerja secara sungguh-sungguh dalam menjaga kedaulatan NKRI dan berdiri paling depan dalam memperkokoh kedaulatan NKRI.


Dalam menjaga kedaulatan NKRI, tentu peran mahasiswa tidak dapat dikesampingkan, karena merekalah yang akan memegang kendali bangsa ini 20 tahun kedepan.

Mahasiswa adalah potensi bagi negara dalam kemajuan bangsa. Peran mahasiswa sangatlah penting dalam mengisi pembangunan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa. Mahasiswa adalah panggilan untuk orang yang sedang menjalani pendidikan tinggi di sebuah universitas atau perguruan tinggi.

Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa tentu memiliki kewajiban dalam menjaga negara dengan baik. Situasi era globalilasi yang semakin tumbuh dan berkembang, menuntut peran aktif mahasiswa dalam menghadapi perubahan segala aspek, menjadi inovator perubahan ke arah yang lebih baik. Mahasiswa harus pandai menggunakan kesempatan dan peluang yang diberikan.

Para mahasiswa Papua juga harus mengetahui bahwa masih ada kelompok separatis bersenjata Papua di Pegunungan Tengah seperti salah satu contoh peristiwa di Nduga, penyanderaan warga di Timika, tewasnya anggota TNI, kontak tembak dan beragam eksistensi kelompok muda di media sosial.

Berkembangnya isu rasisme dan demonstrasi di berbagai wilayah sampai berkibarnya bendera bintang kejora membuat banyak pihak bertanya bagaimana kedaulatan negara di tanah Papua.


Pada kesempatan berbeda, Korem 172/PWY menggelar seminar sehari dengan tema 'Jadilah Generasi Muda Kreatif Penentu Masa Depan Bangsa.'

Tercatat puluhan mahasiswa dari 16 universitas di Jayapura menghadiri seminar tersebut yang menampilkan pembicara Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan dan Ketua Pemuda Dewan Adat Papua Yan Christian Arebo.

Pada kegiatan seminar tersebut, Danrem menyatakan bahwa kegiatan seminar ini bertujuan untuk meningkatkan dan menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan menyadari akan peran pentingnya generasi muda (mahasiswa) dalam pembangunan serta untuk lebih memahami ideologi bangsa yaitu Pancasila.

Dirinya mengatakan, bahwa pihaknya ingin memberikan pemahaman tentang apa itu NKRI dan juga menyampaikan tentang bagaimana konflik Papua yang sampai saat ini masih terus diupayakan untuk diselesaikan.

Keberadaan Mahasiswa tersebut tentu diharapkan bisa menjadi salah satu unsur yang akan membantu segala upaya penyelesaian konflik di tanah Papua.

Kedaulatan NKRI di Papua haruslah dibangun di dunia Internasional. Banyaknya pemberitaan miring tentang Indonesia terhadap Orang Asli Papua dan beredarnya berita hoax maupun hate speech terhadap aparat baik TNI dan Polri belum diimbangi dengan narasi positif atas kinerja Pemerintah dalam menangani Papua.


Sementara, Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw telah meminta kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Cenderawasih Jayapura untuk dapat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Paulus mengingatkan kepada seluruh Mahasiswa untuk dapat mengikuti perkembangan dan situasi yang ada karena konflik Negara - Negara besar untuk saling membantai dan jangan terpengaruh dengan berita-berita hoax yang berkembang.

Para mahasiswa juga harus memahami bahwa kedaulatan Papua sebagai bagian dari NKRI telah berlangsung lama, hal ini dibuktikan dengan kalimat pembuka pidato bung Karno dimana hampir di setiap Pidato Ir Soekarno yang disiarkan melalui RRI, kalimat dari Sabang sampai Merauke amat kerap dikumandangkan sebagai bukti kedaulatan NKRI.

Penting kiranya bagi mahasiswa asal Papua untuk memahami akan pentingnya persatuan dan menjaga kedaulatan NKRI. Apalagi Pemerintah telah memberikan dukungannya dengan adanya otonomi khusus yang menjadikan putra Papua dapat melanjutkan sekolah hingga perguruan tinggi.

)* Penulis adalah mahasiswa Papua tinggal di Solo
Editor: Iman

T#g:MeraukeSabangSolo
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 02 Des 2020 23:02

    Antisipasi Perkembangan Situasi Jelang Pilkada, Korem 174 Merauke Kirim 117 Personel Ke Tanah Merah

    Dalam rangka melaksanakan pengamanan menjelang Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) serentak di wilayah Kabupaten Boven Digoel, pasca didiskualifikasinya paslon nomor 4 yaitu pasangan Yusak Yaluwo dan Ya

  • Selasa, 01 Des 2020 23:01

    Danrem Merauke Ajak Masyarakat Papua Sambut Bulan Penuh Kasih Melalui Lomba Paduan Suara

    Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengatakan bahwa dalam rangka menyambut Hari Raya Natal tahun 2020, akan dilaksanakan sebuah event yang positif, dengan melibatkan sel

  • Senin, 30 Nov 2020 14:30

    Danrem 174 Merauke Pimpin Serah Terima Satgas Pamrahwan di Wilayah Mimika

    Komandan Korem (Danrem) 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Korem 174/ATW memimpin langsung acara serah terima Satuan Tugas Pengamanan Dae

  • Selasa, 17 Nov 2020 22:17

    Optimalkan Kesiapan Tempur Yonif 757, Danrem Merauke Buka Latihan UST Tingkat Kompi

    Batalyon Infanteri 757/Ghupta Vira (Yonif 757/GV) adalah satuan tempur yang berada dibawah langsung Korem 174/ATW Merauke, yang selama ini selalu melaksanakan tugas operasi, sehingga dituntut memiliki

  • Sabtu, 14 Nov 2020 05:14

    Korem 174 Merauke Gelar Tes Urine Narkoba

    Korem 174/ATW Merauke bekerja sama dengan Detasemen Polisi Militer (Denpom) Merauke dan Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 17.04.04/Merauke menggelar penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahg

  • Kamis, 05 Nov 2020 11:05

    Danrem 174 Merauke Dampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Tinjau Lokasi Pembangunan Kodim Mappi

    Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko bersama Ny. Reny Bangun Nawoko mendampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Ny. Mudi Herman Asaribab beserta rombongan saat mel

  • Rabu, 04 Nov 2020 09:04

    Danrem 174 Merauke Sambut Pangdam XVII/Cenderawasih

    Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab didampingi Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny Mudi Herman Asaribab melaksanakan kunjungan kerja ke Merauke dalam rangka mengunjungi Kodim 170

  • Sabtu, 31 Okt 2020 22:31

    Danrem 174 Merauke Terima Kunjungan Bupati Mappi

    Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko menerima kunjungan Bupati Kabupaten Mappi Bapak Kristosimus Yohanes Agawemu di Merauke, Jumat (30/10/2020).Dalam

  • Jumat, 30 Okt 2020 21:30

    Danrem 174 Merauke Bekali Wawasan Kebangsaan Kepada Calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD

    Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memberikan pembekalan Wawasan Kebangsaan kepada peserta calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD Gelombang II 

  • Selasa, 20 Okt 2020 00:20

    Korem 174 Ajak BPBD, BMKG dan Basarnas Atasi Bahaya Karhutla di Wilayah Merauke

    Korem 174/ATW Merauke menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kebon Coklat, Distrik Tanah Miring, Merauke, mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Oktober 2020.Latih

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak