Kamis, 20 Jun 2019 23:23
  • Home
  • Opini
  • Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin Mutlak Tak Terkejar Kubu Penantang

Kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin Mutlak Tak Terkejar Kubu Penantang

Medan (utamanews.com)
Oleh: Ananda Rasti, Pengamat Masalah Politik
Rabu, 12 Jun 2019 03:12
Antara
Jokowi dan Prabowo
Pada 21 Mei lalu, KPU telah mengumumkan secara resmi bahwa dari jumlah suara nasional sebanyak 154.257.601, Pemenang Pilpres 2019 adalah Paslon nomor urut 01 Jokowi- Ma'ruf Amin. Meski demikian, kubu Prabowo- Sandiaga tampak masih belum menerima kenyataan dengan sikap legowo, gugatan pun mereka ajukan ke Mahkamah Konstitusi setelah kerusuhan 22 Mei lalu mereda.

Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin berhasil mendapatkan 55,50 persen suara dari total suara sah nasional. Sedangkan pasangan nomor urut 02 harus menerima kenyataan dengan torehan 44,50 persen suara dari total suara sah nasional.

Kemenangan mantan Walikota Solo tersebut juga menjadi sorotan sejumlah media asing. Salah satunya laman berita online Amerika Serikat, The New York Times melalui artikelnya yang berjudul Joko Wins Re-election in Indonesia, Defeating Hard Line Former General, situs berita itu turut menyoroti kemenangan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.


"Presiden Joko Widodo dari Indonesia telah berhasil memenangkan pemilihan umum, menurut penghitungan suara final yang dirilis oleh komisi pemilihan negara pada hari selasa, meski terjadi sejumlah penolakan terhadap kepemimpinannya...," itulah kutipan The New York Times terkait hasil Pemilu yang diumumkan lebih dari sebulan setelah pemungutan suara 17 April lalu.

Tak hanya itu, media Jepang, Nikkei Asan Review juga mengulas berita tersebut. Laman berita asal negara matahari terbit itu mengulas kemenangan Jokowi pada artikel yang berjudul, Jokowi won vote count in Indonesian election: official result.

Situs tersebut mengulas konfirmasi KPU terhadap kemenangan Jokowi atas mantan jenderal Prabowo Subianto, yang membuka jalan bagi petahana untuk memimpin negara untuk 5 tahun kedepan.


Berdasarkan hasil rekapitulasi akhir KPU, pasangan calon nomor urut 01 unggul di 21 provinsi dan pasangan nomor urut 02 unggul di 13 provinsi. Data resmi tersebut telah disahkan pada tanggal 20 Mei 2019 pada pukul 24.00 WIB.

Atas pengumuman resmi dan pemberitaan media asing tersebut, tentu menunjukkan bahwa kemenangan pasangan Jokowi- Ma'ruf Amin adalah kemenangan yang mutlak. Hal tersebut diperkuat dengan adanya 21 provinsi yang memenangkan Pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf, yakni, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, Gorontalo, Papua dan lain- lain.

Meski Jokowi tidak mendapatkan kemenangan di Sumatera, namun kekalahan tersebut tertutup oleh suara di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Karena itu, meski Prabowo unggul di Sumatera, Jokowi sanggup mengompensasi kekalahannya di Sumatera, dengan keunggulan besar di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahkan Prabowo memang disinyalir unggul di Jawa Barat, tetapi Prabowo dan BPN selaku Timses Prabowo- Sandiaga tidak dapat memaksimalkan potensi suara di Jawa Barat.



Faktor Kemenangan Jokowi- Ma'ruf Amin

Faktor kemenangan Jokowi- Ma'ruf terdiri dari 3 faktor, yaitu pemilih Jawa, Pemilh NU dan Pemilih Minoritas. Keunggulan di Pulau Jawa dirasa penting karena pemilih di Jawa menyumbang total 57,84 persen suara dari total pemilih nasional. Selain itu dukungan kuat juga datang dari kalangan nahdlatul ulama, Analisa Alvara telah menunjukkan betapa besarnya dukungan kaum Nahdliyin kepada Jokowi-Ma'ruf Amin yang merupakan salah satu faktor kunci dalam Pilpres 2019 ini.

Sumbangan suara dari kaum Nahdliyin bagi Joko Widodo-Ma'ruf Amin bisa terlihat dari besarnya elektabilitas pasangan 01 tersebut di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Faktor selanjutnya yang menjadi kunci kemenangan Joko Widodo- Ma'ruf Amin adalah solidnya pemilih minoritas mendukung Jokowi- Ma'ruf Amin.

"Hasil Quick Count di provinsi seperti Bali, NTT, Sulut dan Papua menunjukkan margin keunggulan yang sangat tebal bagi Joko Widodo- Ma'ruf Amin.

Pada kesempatan yang lain, Ketua TKN Erick Thohir pernah menegaskan bahwa kemenangan yang diraih oleh Paslon 01 tersebut, diperoleh tanpa adanya kecurangan. Dia mengatakan, kemenangan Paslon 01 merupakan kehendak Tuhan melalui suara rakyat. "Ini untuk kebaikan Indonesia. Tidak mungkin kebaikan diperoleh melalui kecurangan", tutur Erick Thohir.
Editor: Iman

T#g:Jokowi
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Jun 2019 12:16

    Tak Hanya Membuka Acara, Presiden Ikut Menjadi Peserta Pawai Pesta Kesenian Bali 2019

    Mengakhiri kunjungan kerja di Bali, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri pawai pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 yang dilaksanakan di depan Monumen Bajr

  • Sabtu, 15 Jun 2019 03:15

    Kemenangan Jokowi Ma'ruf Tak Terbendung

    Meskipun pihak BPN telah berupaya melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dengan tuduhan Pemilu 2019 curang, kemenangan paslon nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin sudah dipastikan tak terbendung.

  • Jumat, 07 Jun 2019 18:07

    Presiden Jokowi Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta

    Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada hari ini, Jumat, 7 Juni 2019 bersilaturahmi ke keluarga Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Presiden yang turut membawa cucu pertamanya Jan Et

  • Jumat, 24 Mei 2019 23:34

    Bertemu Presiden, Pemilik Warung yang Dijarah Akan Kembali Berdagang

    Abdul Rajab dan Ismail, dua pemilik warung yang menjadi korban penjarahan pada 22 Mei 2019 bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya diundang oleh Presiden setelah menge

  • Senin, 20 Mei 2019 17:40

    Osriel Limbong: Sejauh keamanan kondusif, Indonesia Maju optimis terwujud

    Hangatnya situasi sosial politik menjelang hari Rabu, 22 Mei 2019, masih menjadi pembicaraan umum di masyarakat. Masyarakat awam banyak yang mengkhawatirkan sejauh mana keamanan negara dapat dijaga ol

  • Sabtu, 18 Mei 2019 18:28

    Hari Kedua di Bali, Presiden Jokowi Tinjau Pasar Badung

    Di hari kedua kunjungan kerjanya ke Provinsi Bali, Presiden Joko Widodo mengunjungi Pasar Badung yang berlokasi di Jalan Sulawesi, Desa Dauh Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Barat. Selain untuk berbela

  • Kamis, 09 Mei 2019 21:09

    Jokowi: 2045, Indonesia Diprediksi Masuk Empat Besar Ekonomi Dunia

    Pada tahun 2045, Indonesia diperkirakan telah bertransformasi menjadi kekuatan besar ekonomi dunia. Namun tidaklah mudah mewujudkan hal tersebut karena memerlukan kesiapan sejak dini."Kita memiliki pe

  • Kamis, 09 Mei 2019 08:59

    Pasangan Nomor Urut 01 Unggul 93,78% di Nias

    Berdasarkan Hasil Rapat Pleno Terbuka, Perhitungan Perolehan Suara Pada Pemilihan Umum Tahun 2019, untuk tingkat Kabupaten Nias, Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01, Jokowi-Ma

  • Minggu, 05 Mei 2019 20:15

    Presiden Jokowi terima ucapan selamat dari Inggris dan Australia

    Presiden Jokowi menerima ucapan selamat dari Perdana Menteri Kerajaan Inggris Theresa May dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison atas suksesnya penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019."Ucapan

  • Kamis, 02 Mei 2019 19:32

    Jokowi-Ma'ruf Menang, LSM KAMPAK MASRI Sumut Ucapkan Selamat

    Berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei, pasangan capres 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres di kisaran 54 persen.Menanggapi hal itu, lembaga swadaya masyarakat (LSM) Ko

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak