Kamis, 20 Jun 2019 23:28
  • Home
  • Opini
  • Jurus Cantik TNI-Polri Ungkap Skenario Jahat Berujung Rusuh

Jurus Cantik TNI-Polri Ungkap Skenario Jahat Berujung Rusuh

Medan (utamanews.com)
Oleh: Ade Istianah, pengamat sosial politik
Sabtu, 08 Jun 2019 03:08
Istimewa
Brigjen Pol Mardiaz KH SIK, menyerahkan THR Kapolda Sumut pada personel Brimob Poldasu di Jakarta.
Pada saat kerusuhan 22 Mei lalu, Polri berhasil mengungkap adanya tiga orang yang ditangkap karena memiliki senjata ilegal. Ia lantas menunjukkan senapan laras panjang yang diduga akan dipakai untuk membuat rusuh aksi 22 Mei 2019, yaitu senapan laras panjang tipe M4.

Senapan yang ditunjukkan Tito dilengkapi dengan peredam suara. Senapan itu juga tak memiliki pisir, sehingga dapat dipasangi teleskop. Walhasil, senjata itu dapat berfungsi sebagai senapan runduk alias sniper yang tidak menimbulkan bising bila ditembakkan.

Tito menjelaskan, bahwa kepolisian menyita senjata itu beberapa hari sebelum aksi unjuk rasa 22 Mei berlangsung. Polisi menyita senjata itu dari sejumlah orang yang diduga akan membuat rusuh aksi 22 Mei.

Menurut Tito, senjata itu rencananya akan digunakan untuk menyerang bukan saja aparat, tapi juga peserta demo. Dengan tewasnya peserta demo, Tito mengatakan bahwa kelompok ini ingin menciptakan tumbal alias martir. Dia mengatakan kelompok ini akan membuat seolah- olah pelaku penembakan adalah aparat.


Tito juga mengatakan bahwa Polri tidak hanya menyita senjata laras panjang. Dalam penangkapan terhadap 3 orang pada 21 Mei 2019, kepolisian juga menyita setidaknya dua pucuk pistol dan 60 amunisi.

Menurut pengakuan pelaku, kata dia senjata tersebut akan digunakan pada 22 Mei 2019. Kelompok ini, tuturnya juga memiliki rencana untuk membuat publik marah terhadap aparat.

Hingga kamis dinihari, kerusuhan sudah mereda. Massa yang ada di sekitaran Bawaslu masih tersisa beberapa orang. Namun polisi sudah bisa mengendalikan situasi di sekitar kantor Bawaslu itu. Selain itu Kepolisian Republik Indonesia (Polri) berhasil mengungkap skenario dugaan rencana pembunuhan empat tokoh nasional pada aksi 22 Mei 2019, skenaro tersebut terungkap setelah 6 tersangka kerusuhan berhasil ditangkap. Keenam tersangka tersebut adalah HK, AZ, IF, TJ, AD dan AF. Mereka ditangkap di lokasi yang berbeda.

Kepala divisi Humas Mabes Polri, Irjen Mohammad Iqbal, menjelaskan kronologi rencana pembunuhan itu. Dirinya juga mengatakan bahwa mereka telah bermufakat untuk rencana pembunuhan tersebut sejak Oktober 2018.

AF ditangkap pada Jumat (24/5) di kawasan Jl Muhammad Thamrin, di Jakarta Pusat (Jakpus). AF dikatakan sebagai pemilik senjata laras pendek atau pistol jenis revolver taurus kaliber 38.


Pistol tersebut dijual kepada HK, Penangkapan terhadap HK dilakukan pada (21/5) disertai dengan penemuan pistol, dan dua kotak peluru kaliber 38 milimeter sebanyak 93 butir. Selain itu, kepolisian juga menangkap seorang berinisial AZ di Bandara Soekarno Hatta 21/5. Polisi juga menemukan pistol dengan kaliber 52, serta peluru sebanyak lima butir.

Tak butuh waktu lama kepolisian juga berhasil meringkus TJ, dan berhasil menemukan senjata laras panjang kaliber 22, serta sebuah kevlar atau rompi antipeluru. Adapula IR yang disebut- sebut sebagai eksekutor rencana pembunuhan yang ditangkap pada hari yang sama.

Terakhir Polisi juga berhasil menangkap AD yang disebut juga sebagai penjual tiga pucuk senjata jenis rakitan laras panjang, dan pendek kepada HK.

Polri belum membeberkan alasan mengapa keenam tersangka tersebut mengincar empat tokoh dan satu pemimpin lembaga survei tersebut. Namun jika menengok nama- nama target, empat tokoh nasional tersebut memiliki profil kelas tinggi.


Wiranto sebagai Menko Polhukam, sedangkan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim). Keduanya purnawirawan angkatan darat dengan pangkat jenderal.

Dua nama target pembunuhan lainnya, yakni Gories Mere yang kini menjadi Staf Ahli Presiden Joko Widodo dalam bidang intelijen dan terorisme. Satu lagi, Budi Gunawan yang sejak 2015 menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Gories dan Budi sama-sama mantan perwira tinggi dari kepolisian.

Pihak kepolisian saat ini juga tengah memburu pihak yang mendanai rencana pembunuhan tokoh nasional dan seorang pimpinan lembaga survei. Penangkapan terhadap pemberi modal dan aktor intelektual untuk memastikan motiif rencana pembunuhan tersebut. Namun berdasarkan hasil pemeriksaan, motif para eksekutor yang tertangkap berkaitan dengan ekonomi.

Pengungkapan skenario jahat kerusuhan 22 Mei 2019 tentu membuktikan bahwa, Polri maupun TNI memiliki kesungguhan untuk menegakkan hukum dan melenyapkan aksi terorisme. Namun demikian, TNI-Polri juga hendaknya tidak hanya berhenti pada penangkapan aktor-aktor di lapangan, namun juga pada tokoh intelektual dan penyandang dana kerusuhan. Dengan adanya penangkapan dalang kerusuhan tersebut makan diharapkan kejadian serupa tidak akan kembali terulang.
Editor: Iman

T#g:brimobKapolri
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Rabu, 29 Mei 2019 10:29

    Kapolri Buka Puasa Bersama Persatuan Keluarga Besar Purnawirawan Polri

    Setelah selesai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019, Kapolri Jenderal Pol. Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D langsung menuju Balai Tetap Setia, di daerah Pejaten Pasar Minggu untuk m

  • Rabu, 27 Mar 2019 10:27

    Kapolrestabes Medan dan Dansat Brimobda Sumut Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Al Muflihin

    Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto, SH, SIK,MSi melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama Dansat Brimob Polda Sumut Kombes Pol Djadjuli, SIK di masjid Al Muflihin jalan Kapten M Jamil

  • Rabu, 13 Mar 2019 05:53

    Panglima TNI dan Kapolri Bersilaturahim dengan Santri dan Tokoh Lintas Agama di Pesantren Al Kautsar Al Akbar Medan

    Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. mendampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersilaturahmi dengan para santri dan tokoh lintas agama di Pesantren Al Ka

  • Selasa, 12 Mar 2019 17:22

    Para Manajer Klub Peserta Liga-1 Dukung Upaya Kapolri Memberantas Mafia Sepak Bola

    Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., pada Selasa pagi, (12/3/2019), menerima audiensi 16 manajer klub peserta Liga-1 Tahun 2019, di kediaman dinas Kapolri Jl. Pattimura, Ja

  • Kamis, 07 Mar 2019 12:07

    Antisipasi Penggunaan Narkoba di Kalangan Anggota, Satbrimob Polda Banten Lakukan Tes Urine

    Satuan Brigade Mobil Kepolisian Daerah Provinsi Banten (Satbrimob Polda Banten) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten (BNNP Banten) melakukan penyuluhan bahaya penyalahgunaan nar

  • Selasa, 05 Mar 2019 14:55

    Kapolri Beri Kenaikan Pangkat Luar Biasa Pada 2 Pemain Timnas U-22

    Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) Anggota Polri Atas Prestasinya Membawa Timnas Sepak Bola Indonesia Menjadi Juara Piala AFF U-22

  • Minggu, 24 Feb 2019 18:04

    Kapolri Tekankan Pentingnya Keamanan Bagi Pembangunan Aceh

    Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., meresmikan gedung Ditsamapta dan gedung Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangu

  • Sabtu, 26 Jan 2019 13:26

    Kapolri Bersama Panglima TNI Hadiri Acara Silaturahmi Kebangsaan di Ponpes Khas Kempek Cirebon

    Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menghadiri Acara Silaturahmi Kebangsaan di Ponpes Khas Kempek Cirebon Jawa Barat, Sabtu (26/1/20

  • Kamis, 03 Jan 2019 14:23

    Foto Simbol Ibu Jari dan Jari Telunjuk Tidak Terkait dengan Capres

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menegaskan bahwa foto dirinya bersama Kapolri yang viral beberapa hari terakhir ini, baik di Whatsapp dan Media Sosial  (Medsos) yang menggunakan

  • Minggu, 30 Des 2018 17:00

    Panglima TNI Tiba di Pangkalan Udara Angkatan Laut Juanda

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Wakapolri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H. mewakili Kapolri, melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Minggu (30/12/2018).Turut serta

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak