Minggu, 05 Apr 2020 04:20

GELAR ASIAN of THE YEAR 2019

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Mubdi Tio Thareq (Pemerhati Masalah Strategis Indonesia)
Rabu, 18 Des 2019 03:18
AyoSemarang.com
Presiden Joko Widodo mendapatkan penghargaan "Asian of the Year 2019" dari media Singapura, The Straits Times. Jokowi dianggap sebagai tokoh pemersatu di dalam negeri dan di antara negara-negara Asia Tenggara.

Gelar ini diungkapkan The Straits Times dalam edisi Kamis (5/12/2019). Menurut catatan editor media berusia 174 tahun tersebut, Jokowi dipilih karena "kepiawaian dan karakternya dalam mengatasi masalah politik domestik dan internasional".

Di ASEAN, Jokowi menuai pujian karena Indonesia merupakan penggagas "ASEAN Outlook on Indo-Pacific" yang mencakup inklusivitas, keterbukaan, dan sentralitas ASEAN. Dengan gagasan ini, ASEAN tetap berada di posisi netral dalam perebutan pengaruh China dan Amerika Serikat di Asia.

Warren Fernandez, Pemimpin Redaksi The Straits Times, yang memimpin panel pemilihan Asian of the Years, mengatakan penghargaan ini diberikan kepada seseorang yang telah memberi kontribusi positif di Asia. "Presiden Joko Widodo telah melakukan itu dengan baik. Tidak hanya dia memenangi periode kedua, tapi dia juga mempersatukan Indonesia dan membawanya ke depan. Seperti yang juga dia lakukan di ASEAN," kata Fernandez.


Menurut Jeremy Au Yong, editor luar negeri The Straits Times, nama Jokowi muncul karena dia dianggap tokoh pemersatu di tengah dunia yang terpecah belah.

Ini adalah kali kedelapan penghargaan "Asian of The Year" diberikan oleh The Straits Times. Pemimpin lain yang pernah meraih penghargaan ini adalah mantan Perdana Menteri Lee Kuan Yew, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Presiden China Xi Jinping.

Bagaimanapun juga, gelar "Asian of the Year 2019" yang diperoleh Presiden Joko Widodo merupakan kebanggaan negara, sekaligus membangkitkan keyakinan bangsa Indonesia dalam mengarungi kompetisi global sekaligus memenanginya. 


Gelar ini juga merupakan dari outcome yang dicapai bersama sama oleh komponen bangsa ini dalam menghadapi masa masa sulit di tahun politik yang dipenuhi dengan masifnya hate speech,  hoax dan bigotry, namun Indonesia dibawah Jokowi dengan sikapnya yang humble dan  kepemimpinannya yang sangat seimbang antara IQ, EQ dan SQ,  maka bangsa ini selamat melewati masa masa sulit yang saat itu diprediksi banyak kalangan bahwa Indonesia akan mengalami polarisasi dan segregrasi sosial,  tapi ternyata semuanya tidak terbukti. 

Setidaknya ada beberapa dampak dari diraihnya gelar "Asian of the Year 2019" oleh Presiden Jokowi antara lain: pertama, gelar ini menggambarkan situasi Polkam Indonesia kondusif dibawah Jokowi, sehingga investor asing tidak ragu berinvestasi ke Indonesia.  

Kedua, kematangan berdemokrasi rakyat Indonesia ditambah kepemimpinan Joko Widodo yang humble, namun cepat mengambil keputusan secara tepat ditengah pergerakan informasi yang berkembang dan limitasi waktu akan menjadi "role model" bahkan akan menjadi teori baru terkait "leadership during turbulence circuumstances".

Ketiga, diharapkan dengan gelar ini akan menginspirasi banyak kalangan untuk menyontohnya termasuk akan menyadarkan kelompok kelompok yang selama ini nyinyir terhadap Jokowi, sehingga persatuan Indonesia ke depan akan semakin kuat, dan menutup upaya "foreign stooge" untuk menciptakan "color revolutions" sebagaimana mereka berhasil menerapkannya di Hongkong, Albania,  Haiti,  Venezuela, Chile, Peru, dan beberapa negara di Afrika Sub Sahara serta Asia Selatan.
Editor: Yaya

T#g:JokowiSingapura
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Jumat, 27 Mar 2020 22:27

    Para Pemimpin Dunia Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Ibunda Presiden Jokowi

    Sejumlah pemimpin negara menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo atas wafatnya Sang Ibunda Hj. Sudjiatmi Notomihardjo pada 25 Maret 2020 yang lalu.

  • Rabu, 25 Mar 2020 17:55

    Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia

    Kabar duka, Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, telah meninggal dunia, tutup usia pada umur 77 tahun.

  • Sabtu, 21 Mar 2020 01:21

    Selain 'Rapid Test' dan Infrastruktur Pendukung, Ini Langkah Pemerintah Hadapi Covid-19

    Pemerintah telah memutuskan melakukan desentralisasi Rapid Test dan mempersiapkan infrastruktur- infrastruktur pendukung yaitu rumah isolasi dan rumah sakit.

  • Kamis, 19 Mar 2020 19:19

    Hasil Tes, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Negatif Corona

    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana mengumumkan hasil tes deteksi Virus Korona (Covid-19) di Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (19/3), yang hasilnya menyatakan bahwa negatif Covid-19.

  • Senin, 16 Mar 2020 06:26

    Presiden: Saatnya Bekerja, Belajar, dan Beribadah dari Rumah

    Presiden Jokowi meminta seluruh rakyat Indonesia, agar tetap tenang, tidak panik, tetap produktif dengan meningkatkan kewaspadaan sehingga penyebaran COVID-19 ini bisa dihambat dan disetop.

  • Jumat, 13 Mar 2020 17:13

    Presiden RI Tinjau Sterilisasi Bandara Soekarno Hatta

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., mendampingi Presiden RI Ir. Joko Widodo saat meninjau proses sterilisasi di Bandara Internasional Soekarno- Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (13/3/2020).

  • Minggu, 16 Feb 2020 18:46

    Dimana Lahan 150 Hektar untuk Pariwisata Danau Toba yang dijanjikan Bupati Samosir pada Jokowi?

    Kabupaten Samosir adalah kabupaten yang memiliki teritorial dikelilingi Danau Toba dengan tagline, Negeri Indah kepingan Surga.

  • Senin, 27 Jan 2020 19:27

    Panglima TNI Dampingi Presiden RI di Surabaya

    Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjajanto, S.I.P. ikut serta mendampingi Presiden RI Ir. Joko Widodo dalam kunjungan ke PT PAL Indonesia (Persero) dan Kapal Selam Alugoro-405 di Surabaya, Jaw

  • Kamis, 16 Jan 2020 03:16

    Presiden Jokowi Kunjungi Natuna Tegaskan Kedaulatan NKRI

    Presiden Jokowi mengunjungi Natuna pada Rabu (8/1/2020). Kedatangan Presiden ke Natuna merupakan bukti ketegasan Pemerintah terhadap kedaulatan NKRI yang tidak dapat ditawar.Klaim sepihak oleh China a

  • Senin, 13 Jan 2020 03:13

    Kehadiran Presiden Jokowi Selesaikan Masalah di Perairan di Natuna

    Kehadiran Presiden Jokowi di Natuna menjadi anti klimaks atas polemik dugaan pelanggaran kedaulatan Kapal China. Selain berhasil mengusir kapal-kapal China, kehadiran Presiden Jokowi menunjukkan adany

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak