Rabu, 14 Nov 2018 21:29
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Opini
  • Bumi dan Langit, Sandiaga Disamakan Bung Hatta

Bumi dan Langit, Sandiaga Disamakan Bung Hatta

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: M Taufik, Pengamat Masalah Sosial Politik
Sabtu, 03 Nov 2018 04:03
Istimewa
Gustika Jusuf Hatta
Sebelumnya Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, menyebut Hanum Salsabiela Rais sebagai Cut Nyak Dien masa kini, yang kemudian banyak masyarakat yang keberatan akan pernyataan tersebut karena syarat akan kepentingan politik.

Penyamaan tokoh nasional dengan para tokoh politik saat ini kembali terulang. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini mengunggah video dirinya bersama tim pemenangan dari calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Sandiaga Uno.

Pada video tersebut, terlihat tim Pemenangan Prabowo-Sandi yakni Dahnil Anzar Simanjuntak, Pipin Sopian, Irene, dan juga Gamal Albinsaid. Dalam video berdurasi 2 menit itu, para tim pemenangan mengungkapkan alasan mendukung Prabowo-Sandiaga.

Dahnil menyampaikan, pendapatnya bahwa sosok Prabowo-Sandiaga seperti duet sosok Bung Karno dan Bung Hatta. Mereka dinilai adalah bagian baru dari model Bung Karno dan Bung Hatta. Pak Prabowo itu seperti kombinasi Bung Karno dan Jenderal Soedirman. Sedangkan Bang Sandi adalah bagian baru dari Bung Hatta.

Masyarakat jelas keberatan akan pernyataan tersebut. Bahkan Gustika Jusuf Hatta, Cucu mantan wakil presiden Indonesia pertama tersebut tak terima jika kakeknya disamakan dengan Sandiaga Uno. Ia mencuitkan komentar pedas dan mengungkapkan kemarahannya akan Dahnil Simanjuntak.

Gustika marah karena hal ini selalu terjadi setiap Pilpres. Menurutnya, salah satu politisi yang bertanding di ajang Pilpres pasti menggadai-gadai nama Bung Hatta. Ia beranggapan bahwa politisi tersebut tak benar-benar mencontoh nilai-nilai kakeknya namun hanya menggunakan nama Bung Hatta untuk kepentingan politik.


Gustika menilai tidak melihat persamaan karakter Sandiaga dengan Bung Hatta. Sandiaga Uno menurutnya adalah tokoh korporasi sedangkan Bung Hatta adalah tokoh koperasi. Gustika juga mengungkapkan perbedaan lain antara Bung Hatta dan Sandiaga Uno. Sandiaga Uno adalah politisi sedangkan Bung Hatta adalah negarawan. Dari situ saja, hal yang paling fundamental sudah berbeda jauh, tidak bisa disama-samakan. 

Selain itu, cucu Bung Hatta ini juga berkomentar bahwa selama ini Sandiaga sering asbun atau asal bunyi dalam mengomentari perekonomian. Berbeda dengan Bung Hatta yang selalu memperbaharui ilmu pengetahuan dengan membaca.

Sikap keberatan yang dilakukan oleh Gustika memang sudahlah tepat. Raja Juli Antoni, juga mendukung sikap cucu Wapres pertama Mohammad Hatta yang geram sang proklamator disamakan dengan Sandiaga Uno. Menurut dia, keluarga Muhammad Hatta berhak keberatan jika dimanfaatkan untuk kepentingan politik.

Sedangkan menurut sejarawan Bonnie Triyana, ada hal-hal prinsipil yang hanya ada di Bung Hatta dan tidak mungkin disetarakan dengan orang lain di luar Hatta sendiri, sehingga protes Gustika, dinilai punya dasar kuat.

Saat ini, di tahun menjelang Pilpres, identitas Soekarno-Hatta kemudian digunakan untuk membangkitkan sentimen politik dan memikat pemilih.
Karakteristik dari para proklamator yang kemudian ditempelkan pada para politisi itu memang hanya yang di permukaan. Seperti bersih, kharismatis, dan berwibawa. Namun harus melihat sejarah dan latar belakangnya dahulu sebelum membandingkan seseorang.

Sandiaga adalah tokoh politik baru sedangkan Bung Hatta adalah negarawan yang mengutamakan kepentingan bangsa ini. Jelas perbedaannya antara bumi dan langit.

Editor: Sam

T#g:HattaPilpres 2019Sandiaga Uno
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Minggu, 16 Sep 2018 16:36

    Dinilai Curi Start Kampanye, Anak Medan Tolak Kehadiran Sandiaga Uno

    Sejumlah anak muda kota Medan dari Korps Indonesia Muda (KIM) menolak kehadiran Sandiaga Solehudin Uno (Bakal Calon Wapres RI) di kota Medan.Penolakan ini mereka sampaikan dalam bentuk aksi unjuk rasa

  • Minggu, 26 Agu 2018 10:16

    Dewinta: Jangan Mudah Terprovokasi, Gerakan #2019 Ganti Presiden Jelas Ajakan Berbuat Makar!

    Pengamat Politik, Hukum dan Keamanan, Rr Dewinta Pringgodani SH M H menyatakan Gerakan #2019 ganti presiden ke daerah dapat memicu perpecahan. Ia juga menyebut hal semacam itu merupakan cerminan gerak

  • Jumat, 13 Jul 2018 11:13

    Soal Cawapres, Jokowi: "Sepuluh mengerucut ke lima"

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan nama calon wakil presiden (Cawapres) 2019 yang akan mendampinginya sudah mengerucut menjadi 5 nama. "Sepuluh mengerucut ke lima," kata Jokowi, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/7).

  • Senin, 19 Feb 2018 18:49

    Mantan Ketua OSIS Pangudi Luhur: Sihar Suka Sepak Bola, Sandi Doyan Basket

    Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara (Sumut) Sihar Sitorus ternyata dulu satu sekolah dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno. Bedanya saat sama-sama sekolah di SMA Pangudi Luhur Jakarta, Sihar

  • Kamis, 06 Jul 2017 06:56

    The Lastest Survey of SMRC is too earlier

    A survey released on Thursday suggests that the Jakarta gubernatorial election has not significantly altered the national political map ahead of the 2019 presidential and legislative elections.

  • Selasa, 20 Jun 2017 17:00

    Wagub DKI Terpilih Kembali Diperiksa Polisi

    Sandiaga Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, kembali mendapat panggilan dari Polda Metro Jaya terkait kasus dugaan penggelapan tanah senilai Rp8 miliar di Curug, Tangerang.

  • Minggu, 16 Apr 2017 09:23

    Soal Selingkuh dengan Marcella Zalianty, Ini Penjelasan Sandiaga Uno

    Marcella Zalianty, artis cantik ini kini diterpa kabar tak sedap. Istri dari pembalap nasional Ananda Mikola itu dikabarkan bermain hati dengan calon wakil gubernur DKI, Sandiaga Uno.

  • Jumat, 26 Apr 2013 08:18

    Hatta Rajasa: Gelontorkan Solar Tanpa Kuota Harian

    Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan dirinya telah memerintahkan agar Pertamina menggelontorkan solar tanpa kuota harian guna mengantispaasi kelangkaan.Hal ini dikatakan Hatta seusai KTT ASEAN

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak