Sabtu, 15 Mei 2021 09:17
  • Home
  • Kesehatan
  • Warga Lansia Binjai Mulai Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap Pertama

Warga Lansia Binjai Mulai Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap Pertama

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 14 Apr 2021 13:03
Istimewa
Sebanyak 9 orang Lansia (lanjut usia) melaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Puskesmas Perawatan Tanah Tinggi, Jalan Cut Nyak Dhien, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Rabu (14/4) Siang.

Sebelum dilakukan Vaksinasi, para Lansia ini harus menjalani beberapa tahapan, diantaranya pendaftaran (identitas diri) Scrinning (pemeriksaan kesehatan) pemberian Vaksin dan Observasi/pencatatan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto, Vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk para Lansia di Kota Binjai, serentak dilakukan pada hari ini disetiap Kecamatan yang ada di Kota Binjai.

"Serentak hari ini dilakukan di 5 Kecamatan yang ada di Kota Binjai," ucap Dr Sugianto, didampingi Kabid P2P, Dr Indra Tarigan, saat dikonfirmasi awak media di Puskesmas Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur.


Sementara Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Dr Faridah, mengatakan, adapun kriteria Lansia yang dimaksud adalah berusia 60 tahun keatas.

"Di hari pertama tahap l ini, ada sebanyak 9 Lansia yang menjalani Vaksinasi. Sedangkan jumlah sasarannya berdasarkan laporan dari bawahan untuk Kecamatan Binjai Timur sejumlah 3.431 orang lansia," urai Dr Faridah.

Pun begitu, lanjut wanita berhijab ini, dari jumlah yang ada, belum tentu semuanya bisa terealisasi. "Untuk lansia, ada 3 kategori persyaratan yang harus dilengkapi," ungkapnya.

Sedangkan untuk Vaksin yang disuntikkan kepada para lansia tersebut, adalah Vaksin yang di produksi oleh PT Bio Farma Sinovac. "Untuk penyuntikan ini, dalam 1 Vial diperuntukkan untuk 9 atau 10 orang," beber Dr Faridah, didampingi Dr Isnaini, yang merupakan tim monitoring dari Dinkes Binjai.


Usai dilakukan vaksinasi, lanjut Dr Faridah, para lansia ini wajib menunggu selama 30 menit kemudian. Hal itu untuk mengetahui apakah ada efek samping dari vaksinasi tersebut.

"Mereka (lansia-red) akan menjalani vaksinasi setelah 28 hari kemudian untuk menjalani tahap kedua," kata Dr Faridah.

Sebagai Kepala Puskesmas Tanah Tinggi, Dr Faridah juga menerangkan kategori bagi Lansia yang tidak boleh di Vaksinasi. "Adapun yang tidak boleh divaksin yaitu tensi diatas 180, untuk suhu tubuh diatas 38 derajat dan mempunyai penyakit oto imun seperti Kanker dan Diabetes, namun kalau hba1 masih bisa dilakukan penyuntikan," terang Dr Faridah, seraya mengatakan, bagi para Lansia yang sudah melakukan Vaksinasi, mereka berhak untuk menerima Sertifikat.
Editor: Herda

T#g:binjaiLansia
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 20:32

    AKBP Romadhoni Sutardjo Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbiran di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, memimpin apel pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Binjai, Rabu (12/5) sore, dimulai Pukul 16.00 Wib sampai selesai.

  • Senin, 10 Mei 2021 16:20

    Walikota Binjai dan Stakeholder Terkait Putuskan Tidak Ada Sholat idul Fitri di Lapangan Merdeka

    Akhirnya, Pemerintah Kota Binjai tidak akan menggelar sholat Idul Fitri 1422 Hijriyah, di Lapangan Merdeka Binjai.

  • Minggu, 09 Mei 2021 16:09

    Asia King's Mart Binjai Disinyalir Kangkangi Surat Edaran Walikota

    Guna meoptimalkan Posko penanganan Corona Virus Disease 2019 serta pengendalian penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Binjai, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, mengeluarkan Surat Edaran tentang

  • Minggu, 09 Mei 2021 14:29

    PWI Binjai Terima Bingkisan Lebaran Dari PWI Sumut

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, menyalurkan paket lebaran ke PWI perwakilan Kabupaten/Kota.

  • Sabtu, 08 Mei 2021 22:58

    Polsek Percut Sei Tuan Bagikan Sembako Pada Lansia di Masjid Al-Ikhlas

    Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Jan Piter Napitupulu SH MH didampingi Kanit Binmas Iptu M Rohim Dalimunthe, Panit Lantas Aiptu PL Pakpahan, dan Personil Polsek Percut Sei Tuan, bagikan sembako kepada 28

  • Sabtu, 08 Mei 2021 16:28

    Danyon Arhanud Letkol (Arh) Rendra isi jam komandan pada calon Satgas Pamrahwan Maluku

    Batalyon Arhanud 11/WBY menyelenggarakan jam komandan, yang dipimpin langsung oleh Letkol (Arh) Rendra Febrandari Suparman S.I.P, serta diikuti oleh seluruh prajurit Yonarhanud, tepatnya di garasi beratap Batalyon, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur,

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:37

    Kompol Bernhard Malau Pimpin Pemberian Tali Asih di Masjid Al- Ikhlas, Brimob Binjai

    Bulan suci ramadhan merupakan Bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi kita untuk saling berbagi serta mendapatkan pundi- pundi amal/pahala yang berlipat ganda.

  • Kamis, 06 Mei 2021 21:46

    Warga sepanjang jalan Letnan Umar Baki, Binjai, bertahun-tahun menghirup debu akibat jalan rusak

    Sudah beberapa tahun ini, warga yang berada di sepanjang Jalan Letnan Umar Baki, tepatnya yang berada di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, sulit untuk menghirup udara segar.

  • Selasa, 04 Mei 2021 14:24

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Cek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melaksanakan pengecekan persediaan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (4/5).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:24

    Buka Bersama, Ijeck Minta Berantas Narkoba Di Binjai

    Kota Binjai merupakan nomor urut ke 2 peredaran Narkoba di Sumatera Utara. Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, agar bersama sama memerangi narkoba di Kota ini.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak