Selasa, 28 Sep 2021 20:45
  • Home
  • Kesehatan
  • Sudah 2 Pekan Stok Obat-obatan Therapi Covid-19 di Sejumlah Apotek di Binjai Kosong

Sudah 2 Pekan Stok Obat-obatan Therapi Covid-19 di Sejumlah Apotek di Binjai Kosong

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Sabtu, 24 Jul 2021 22:44
Istimewa
Persediaan beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, sudah mulai menipis di Kota Binjai.

Hal itu ditegaskan Kepala Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (24/7) Sore, terkait stok beberapa obat obatan therapi Covid-19 yang ada di Kota Binjai.

Guna memastikan adanya ketersediaan obat obatan yang dimaksud, awak media mencoba mengunjungi beberapa Apotik yang ada di Kota Binjai. Hasilnya, tidak ditemukan adanya obat obatan therapi Covid-19.

Seperti di Apotik Jasa Farma yang beralamat di Jalan Jend Sudirman, Kota Binjai. Menurut salahseorang pekerja yang tidak ingin namanya disebutkan tersebut, sudah lebih dari dua pekan ini obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, tidak tersedia di Apotik tempat dirinya bekerja.

Bahkan, wanita berhijab itu mengatakan bahwa obat obatan yang dimaksud hingga saat ini banyak yang mencarinya.

"Udah lebih dari dua minggu obat itu gak ada. Kami tidak tau kenapa kosong. Padahal banyak yang mencarinya, bahkan orang dari Medan pun mencari kesini," ungkapnya, saat dikonfirmasi awak media, Sabtu (24/7) malam.

Hal yang sama juga terjadi di Apotik Arqa Farma yang beralamat di Jalan Samanhudi No 2, Kota Binjai. Menurut salah seorang karyawannya yang juga enggan menyebutkan namanya, obat obatan therapi Covid-19, sudah beberapa minggu ini tidak pernah ada. 

"Gak ada bang. Sudah beberapa minggu ini memang kosong," ujar seorang karyawan Apotik Arqa Farma. 

Langkanya beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, tentunya disesalkan oleh banyak masyarakat, khususnya warga Kota Binjai.

Warga berharap, disaat Pemerintah terus gencar gencarnya menghimbau masyarakat untuk melakukan Vaksinasi, hal itu seharusnya dibarengi dengan adanya persediaan obat obatan.

"Katanya mau memutus mata rantai penyebaran Covid-19, tapi kalau obatnya pun tidak ada, gimana program tersebut mau sukses," ketus warga Binjai yang mengaku bernama Nanda.

Sebagai masyarakat, Nanda juga berharap agar Pemerintah dapat segera mengambil langkah langkah atau tindakan yang cepat agar ketersediaan obat obatan therapi Covid-19, tersedia di Apotik Apotik.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, mengatakan, beberapa Kategori obat obatan Therapi Covid-19 untuk persediannya sudah mulai menipis di Kota Binjai.

Hal itu disampaikan Dr Sugianto saat dikonfirmasi awak media terkait pengecekan ketersediaan obat obatan Covid-19 di Apotik Villa Duta, Kota Bogor, yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Jumat (23/7) kemarin, dan videonya tersebar ke Media Sosial.

"Saat ini ketersediaan obat obatan Covid-19 masih ada, walaupun sekarang sudah menipis. Kita juga sudah memintanya ke Provinsi," ungkap Dr Sugianto, saat dikonfirmasi, Sabtu (24/7) Sore.

Disoal apa langkah Pemko Binjai melalui Dinas Kesehatan untuk menjamin ketersediaan obat obatan di pasaran atau di apotik agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan obat tersebut untuk Therapi Covid-19 secara mandiri mengingat persedian yang ada sudah menipis sedangkan antusias masyarakat untuk melaksanakan Vaksinasi terus membludak, Dr Sugianto mengakui bahwa pihaknya sudah meminta apotik yang ada di Kota Binjai, agar tetap menyediakan obat yang dimaksud.

"Dinkes sudah meminta ke semua apotik yang ada di Kota Binjai agar menyediakan obat yang berhungan dengan pengobatan Covid-19," ujar Dokter Spesialis kandungan ini.

Adapun obat obatan yang termasuk kategori sebagai therapi Covid-19 yang dimaksud menurut Dr Sugianto adalah Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin, Vitamin D3 5000.

Diketahui, Presiden Joko Widodo menelepon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, usai mengecek ketersediaan obat obatan terkait Covid-19 di Apotek Villa Duta, Kota Bogor, Jumat (23/7) kemarin.

Jokowi juga melaporkan kondisi ketiadaan stok obat antibiotik, antivirus, dan sejumlah vitamin di apotek itu.

"Pak, ini saya cari obat antivirus oseltamivir, enggak ada. Cari lagi yang obat antivirus yang Favipiravir juga enggak ada. Kosong. Saya cari obat yang antibiotik Azithromycin, juga enggak ada," ujar Jokowi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat malam.

Dalam video yang beredar, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, juga berjanji akan segera melakukan pengecekan, karena beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, tidak didapat oleh Presiden Jokowi di Apotik Villa Duta, Kota Bogor. 
Editor: Herda

T#g:binjaiCovid-19Covid 19obat
Berita Terkait
  • Selasa, 28 Sep 2021 19:08

    Walikota dan Forkopimda Binjai Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penanggulangan Covid-19

    Dalam rangka percepatan penanggulangan dan penanganan Disease Coronavirus 2019 (Covid-19) di Kota Binjai, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat koordinasi terkait percepatan penanganan terseb

  • Selasa, 28 Sep 2021 16:18

    BIN kembali gelar vaksinasi di Binjai, Tuntaskan dosis 2 untuk 5 ribu warga yang divaksin sebelumnya

    Untuk kesekian kalinya, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Utara, menggelar Vaksinasi Covid-19 bagi Pelajar dan masyarakat, Selasa (28/9).Kali ini, Vaksinasi yang digelar BIN Daerah Sumatera

  • Selasa, 28 Sep 2021 14:18

    Daud Ketaren, pemilik tanah eks HGU PTPN 2 harap Polisi jalankan instruksi Presiden

    Daud Ketaren, pemilik tanah eks HGU PTPN 2 yang berada di Kecamatan Binjai Timur, merasa bersyukur atas adanya instruksi Presiden RI Ir H Joko Widodo, yang meminta aparat Kepolisian, untuk menindak te

  • Selasa, 28 Sep 2021 10:38

    Sukseskan Pembelajaran Tatap Muka, BIN Vaksin Dosis Kedua Untuk Ribuan Pelajar SMP di Binjai

    Sekitar 3 ribuan pelajar setingkat SMP di kota Binjai mendapat suntikan vaksin dosis dua program Badan Intelijen Negara, Selasa (28/9/2021).Amatan media ini, tampak pelajar berseragam putih biru satu

  • Selasa, 28 Sep 2021 08:28

    Kasus Konfirmasi Covid-19 Sumut Turun ke Angka 52

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyampaikan kabar baik terkait angka konfirmasi Covid-19 di 33 kabupaten/kota dengan total 52 orang, pada Senin (27/9) sore. Hal itu disampaikannya melal

  • Senin, 27 Sep 2021 16:27

    Vaksinasi 5.000 Dosis, Nawal Minta Masyarakat Tetap Jalankan Prokes

    Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Sumatera Utara (Sumut) menggandeng Grab mengadakan vaksinasi bagi masyarakat umum dan mitra Grab, di Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU). Va

  • Senin, 27 Sep 2021 13:17

    Pemko Binjai Terjunkan Satgas PB Cari Korban Longsor di Karo

    Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menerjunkan Satgas PB, guna membantu pencarian korban bencana longsor yang terjadi pada Minggu (26/9) bertempat di De

  • Senin, 27 Sep 2021 13:07

    Bencana Longsor di Dolat Rayat, Kabupaten Karo 4 Warga Binjai- Langkat Tewas

    Bencana alam berupa tanah longsor terjadi di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo, atau lazim disebut (Reba Embang), Minggu 26/9) Dinihari, sekira Pukul 14.30 wib. Akibatnya, 4 ora

  • Sabtu, 25 Sep 2021 16:45

    Pembukaan PON XX Semakin Dekat, Kodam XVII/Cenderawasih Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Di Provinsi Papua

    Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 tinggal menghitung hari, Kodam XVII/Cenderawasih terus gencarkan vaksinasi yang dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Kelurahan Argapura Selatan RT

  • Jumat, 24 Sep 2021 14:44

    Kapolres Baru, AKBP Ferio Sano Ginting Silaturahmi ke Sejumlah Institusi di Kota Binjai

    Memasuki hari ketiga menjabat sebagai Kapolres Binjai, AKBP Ferio Sano Ginting S.IK MH melaksanakan silaturahmi ke beberapa Institusi yang ada di Kota Binjai. Seperti yang terlihat pada Jumat (24

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak